Siapa sih yang nggak suka ramen? kayaknya kebanyakan orang Asia can't live without noodle deh, iya nggak sih? HAHAHA for me, salah satunya ramen. Tapi ramen yang enak, belum tentu ada di semua tempat. Kebetulan, beberapa hari yang lalu aku mampir ke salah satu restoran ramen yang HALAL NO PORK NO LARD di daerah Serpong dan rasanya ENAK BANGET! Namanya CHIN MA - YA RAMEN, pernah denger sebelumnya?

Visual dinding CHIN MA - YA RAMEN 

Ambience dalam restoran dibagian atas

CHIN MA - YA RAMEN ini merupakan brand franchise asal Jepang. CHIN MA - YA  sendiri memiliki arti "rumah mapo tofu", dan mapo tofu merupakan satu menu andalan CHIN MA - YA RAMEN.  CHIN MA - YA RAMEN ini udah hadir di Indonesia sejak 2012 di Serpong dan jadi salah satu wisata kuliner favorit warga Serpong, lho!

CHIN MA YA ini punya 2 cabang,
Chin Ma - Ya Japanese Ramen Restaurant (pork)
Jl. Springs Boulevard, The Spring. Gading Serpong
Buka 24 jam
Instagram @chinmayaramen.red

Chin Ma - Ya Japanese Ramen Restaurant (no pork no lard)
Jl. Gading Serpong Boulevard Blok B4 (pom bensin)
Telp. 0878.8176.2686
Jam buka pk. 09.00 - 00.00
Instagram @chinmayaramen.green

Karena aku muslim, yang aku cobain kemarin tentunya yang HALAL NO PORK NO LARD. Lokasinya sangat strategis di jalan raya, jadi kamu gampang banget nemuinnya. Parkirannya juga luas jadi memudahkan kamu untuk membawa kendaraan pribadi.

Ruang meetin CHIN MA - YA RAMEN

Buku menu CHIN MA -YA RAMEN

Tatami room

Restoran ini terdiri dari dua lantai, dibagian bawah seluruhnya on table, sedangkan di atas sudah dilengkapi dengan meeting room, function room, smoking room, on table,  dan juga tatami room yang bernuansa Jepang banget dan cukup untuk 8 orang! Disini kapasitas ruangan dan kursinya juga cukup banyak, jadi kalau kamu datang dalam jumlah orang yang banyak, tentunya masih bisa dijangkau dan tetap nyaman. Karena kemarin aku datang berenam, jadi kita memilih tatami room supaya lebih nyaman buat ngobrol dan berasa nuansa Jepang-nya.

Untuk ruangan meeting, disini ada 2 ruangan meeting room Kyoto dengan kapasitas 8 orang (Rp. 350.000,- /jam) dan 1 ruangan meeting room Sapporo kapasitas 12 orang (Rp. 500.000,- /jam). Sementara untuk function room-nya bisa menampung 30 - 50 orang.

Setiap washitsu room disediakan sendal pengganti untuk berlalu lalang didalam restoran

Ambience bagian dalam atas restoran

Aneka ramen porsi kecil

Pilihan menu yang terdapat direstoran ini cukup banyak. Bukan cuma terkenal dengan ramen-nya, disini juga ada curry rice, don, salad, gyoza, dan masih banyak lagi. Kemarin menu-menu yang ku pesan kebanyakan ramen yaitu: CHIN-MA TAN TAN MEN, SMOKED PAITAN RAMEN, NIKU TAN TAN MEN, TAN TAN MEN, MISO RAMEN. YAKI GYOZA, dan EBI GYOZA. 


Setiap ramen-nya punya ciri khas masing-masing untuk tekstur dan rasanya. Untuk CHIN-MA TAN TAN MEN, NIKU TAN TAN MEN, dan TAN TAN MEN hadir dengan tekstur kuah yang light dan pedas. Buat yang punya spicy tounge dijamin ketagihan! Perbedaan tiga ramen ini hanya pada topping dan isinya.



Untuk SMOKED PAITAN RAMEN, dia ini punya kuah yang paling thick diantara pilihan lainnya. Rasanya enak banget karena meskipun kental, teksturnya nggak berat dan nggak enek. Perpaduan ayam, smoked beef, dan jagung bikin rasanya makin perfect!


Nah untuk aku pribadi, aku suka ramen yang signature dan ringan. MISO RAMEN adalah jawabannya! Dimanapun aku makan ramen, aku selalu cari MISO! Karena ini ramen yang paling authentic dan seger BANGET! Jagung dan ayam yang disajikan juga nggak tanggung-tanggung semuanya tebal, fresh, dan rasanya ENAK! BENER-BENER PUAS!



Jangan lupa dengan GYOZANYA! ENAK BANGET!
Both, YAKI GYOZA (ayam) dan EBI GYOZA (seafoond) rasanya super enak. 
Nggak amis dan nggak terlalu asin. Porsinya juga ngenyangin.
Aku sangat merekomendasikan kalian untuk cobain ini buat
jadi side dish selagi makan. Ibarat pelengkap gitu deh.



Untuk minum,  pilihannya beragam. Mulai dari yang one purchase ataupun refill. Pelayanan disini juga cepat dan higienis banget.  Tempat ini juga cocok buat nge-date, hangout sama temen-temen, bahkan keluarga! Oh iya, makan disini dijamin ngenyangin banget, karena porsi kecil-nya pun sudah cukup banyak, apalagi yang besar? Pasti super mantap banget kalau lagi kelaparan. Untungnya kita bisa adjust mau porsi kecil atau besar disini, jadi nggak akan mubazir.


Range harga disini bisa dibilang cukup affordable, untuk 
makanan start from Rp. 30.000-an dan minumnya mulai dari Rp. 12.000-an.
Terjangkau banget kan? Kamu siapin budget Rp. 100.000-an dijamin udah kenyang deh. Kalau ditanya akan balik lagi kesini atau nggak, kayaknya iya deh! Aku penasaran untuk cobain Don & Curry Rice-nya. Aku kasih rate 8 dari 10. Semoga bisa cepat buka branch di Jakarta yaa!