Pernah gak sih mendengar tentang air tajin? Bagi anda yang masih menggunakan cara tradisional menggunakan dandang pada saat  memasak beras pasti sudah tidak asing lagi dengan air tajin atau malahan sering mengonsumsinya. Air tajin adalah air yang berwarna putih susu yang diperoleh pada saat perebusan beras yang sedang mendidih. Jika dirasakan, air ini mempunyai rasa yang manis sehingga banyak orang yang mengonsumsi. Tidak hanya enak, ternyata air tajin juga mempunyai manfaat untuk kecantikan loh. Apa saja manfaat air tajin untuk kecantikan? Berikut ini adalah penjelasannya.   
1.  Mengatasi Masalah Flek
di Wajah
Pada dasarnya, flek hitam di wajah merupakan salah satu masalah yang kerap dialami oleh banyak kaum wanita. Keberadaan flek hitam ini tentunya sangat mengganggu dan membuat kurang bisa tampil dengan percaya diri. Untuk bisa mengatasi masalah kulit satu ini, anda bisa menggunakan air tajin yang dipadukan dengan manfaat kunyit. Campurkan kedua jenis bahan ini kemudian aplikasikan langsung pada wajah. Diamkan selama 10 menit dan setelah itu bilas wajah anda menggunakan air bersih. Lakukan secara teratur ya. Pemakaian secara teratur bisa menghilangkan flek Hitam secara alami
2.    Mempercepat Pertumbuhan Sel Kulit Baru
Air tajin juga bisa dijadikan sebagai tone alami yang mana mempunyai manfaat untuk mendukung pertumbuhan sel kulit  baru di wajah. Selain itu, air ini juga bisa secara alami mengangkat sel kulit mati yang bisa menyebabkan munculnya berbagai macam gangguan kulit wajah apabila tidak segera dibersihkan. Cara pengaplikasiannya sangat mudah. Ambillah kapas, setelah itu celupkan ke dalam air tajin. Usapkan secara menyeluruh pada bagian wajah anda seperti ketika anda menggunakan toner pada umumnya. Lakukan secara teratur maka akan membuat wajah anda nampak putih dan cerah secara alami
3.    Menghaluskan Kulit Wajah
Siapa sih yang tidak ingin mempunyai kulit wajah yang halus? Setiap wanita pasti menginginkan kulit yang halus . Namun sebagian besar wanita malahan mengalami masalah kulit yang menyebabkan kerusakan pada kulit wajah seperti komedo, jerawat, kulit kering dan sebagainya. Tentu saja hal ini sangat kurang menyenangkan. 
Untuk menghaluskan kulit wajah dan juga mengatasi semua masalah kulit wajah, anda bisa menggunakan masker air tajin. Dengan pemakaian secara teratur, maka kulit anda akan menjadi halus dan terhindar dari semua masalah kulit. Untuk masker, anda juga bisa mengkombinasikan air tajin dengan manfaat buah pare untuk kecantikan.
4.    Mengontrol Minyak Berlebih di Wajah
Jika anda mempunyai wajah berminyak dan sering dibuat repot dengan minyak yang berlebih di wajah maka anda bisa mencoba menggunakan air tajin untuk perawatan wajah berminyak. Kombinasikan air tajin dengan manfaat lemon untuk kulit wajah. Penggunaan secara teratur, dapat mengontrol kadar minyak di wajah. Di jamin deh wajah anda akan nampak glowing.
5.    Mencegah Kerutan di Wajah
Salah satu tanda terjadinya penuaan dini pada kulit adalah terjadinya kerutan di wajah. Dengan adanya kerutan ini akan membuat wajah nampak lebih tua dari usia aslinya. Manfaat air tajin ternyata bisa menghilangkan semua gejala penuaan dini termasuk menghilangkan kerutan di wajah. Sehingga anda akan nampak lebih awet muda. 
Bagi anda yang mengalami berbagai macam permasalahan kulit, sangat disarankan untuk menggunakan manfaat air tajin untuk kecantikan.
So, jangan buru-buru buang dulu ya air tajin pada sedang merebus beras karena banyak sekali manfaatnya ternyata.