Menggunakan skincare atau produk perawatan kulit wajah sudah menjadi bagian dari lifestyle sekarang ini. Dengan menjamurnya beauty influencer, portal-portal berita khusus woman lifestyle, e-commerce, dan online shop, demam skincare ini sudah berlangsung selama beberapa tahun hingga sekarang.
Berbagai macam brand dari luar seperti brand korea dan western sudah masuk ke Indonesia secara resmi dan counternya bisa dengan mudah kita temukan di mall-mall dan juga di berbagai e-commerce. Nggak hanya itu, brand lokal pun mulai mengeluarkan berbagai jenis skincare. Coba bandingkan dengan 5 tahun ke belakang, bisa diitung pake jari brand lokal yang punya line skincare sendiri. Aku sendiri pribadi prefer brand lokal dan korea untuk skincare, karena selain cocok untuk kulit aku harganya juga masih masuk di budget aku.


Nah, kali ini aku mau bahas sedikit mengenai beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan skincare kamu. Ya, pakai skincare tuh sebenernya nggak asal templok aja lho. Tips-tips berikut ini juga selalu aku praktekkan saat menggunakan skincare, baik pagi maupun malam. Langsung disimak aja, yuk!

Menepuk-nepuk Kulit Setelah Pengaplikasian Produk



In this picture: Swissvita Micrite 3D All Use Eye Cream - Beli disini

Tips yang pertama dan yang paling dasar adalah menepuk-nepuk kulit setelah pengaplikasian produk. Dengan menepuk-nepuk kulit, skincare akan lebih mudah menyerap dan siap untuk layer berikutnya. Nepuknya juga pelan-pelan aja, nggak usah yang brutal atau gimana. Selain itu kamu juga bisa menggosok-gosokkan kedua telapak tangan hingga terasa agak hangat dan tempelkan telapak tangan ke kulit wajah. Suhu yang lebih hangat akan mempercepat proses penyerapan produk ke kulit wajah.
Untuk produk eye cream, gunakan jari manis untuk mengaplikasikan produk karena jari manis memiliki tekanan yang tidak terlalu berat dibandingkan dengan jari telunjuk.

Mulai Dari Tekstur Cair Dahulu

Jika kamu ingin melayer skincare, misalnya kamu ingin menggunakan banyak produk seperti serum, essence, booster, dan sebagainya, kamu bisa mulai dari tekstur yang paling cair terlebih dahulu.
Misalnya dimulai dari toner yang rata-rata teksturnya cair, lalu dilanjutkan dengan essence yang sedikit lebih kental dari toner, baru dilanjutkan lagi dengan serum yang lebih kental dari keduanya.
Nah, pakai moisturizer pada tahap terakhir untuk 'mengunci' kelembaban dan semua layer skincare yang sudah dipakai sebelumnya.

Beri Waktu Sebentar Agar Layer Skincare Sebelumnya Terserap Dengan Baik

Kebetulan untuk tips ini aku pernah verifikasi ke dokter SpKK sebelumnya, waktu talkshow acara Aishaderm di Bandung. Jadi saat melayer skincare, beri waktu sebentar agar layer skincare sebelumnya terserap dengan baik sebelum melanjutkan ke step selanjutnya.


Waktu yang dibutuhkan sebenarnya tidak terlalu lama, cukup sekitar 1 hingga 2 menit saja. Selama menunggu kamu bisa menepuk-nepuk kulit terlebih dahulu seperti yang sudah aku jabarkan di tips nomer 1 sebelumnya.

Jangan Lupa Double-Cleansing

Source: Unsplash
Sebelum mulai mengaplikasikan skincare, usahakan kulit wajah dalam keadaan sudah dibersihkan terlebih dahulu dengan metode double cleansing, yaitu dibersihkan dulu menggunakan first cleanser (cleansing water, micellar water, milk cleanser) lalu dilanjutkan dengan menggunakan facial wash. Kalau aku biasanya menerapkan double cleansing ini di sore atau malam hari sebelum mengaplikasikan night routine, sedangkan untuk pagi harinya cukup membersihkan wajah menggunakan facial wash saja.

Eksfoliasi Seminggu Sekali

Eksfoliasi atau pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah bisa dilakukan dengan berbagai cara, baik dengan menggunakan chemical exfoliant (dengan produk yang mengandung AHA atau BHA) atau physical exfoliant (dengan produk scrub). Produk yang digunakan tentunya harus disesuaikan terlebih dahulu dengan kondisi kulit kamu.
Perhatikan juga bahwa proses eksfoliasi sebaiknya tidak dilakukan terlalu sering melainkan cukup seminggu sekali agar kulit tidak mengalami over-exfoliate.

Gunakan Skincare Tools

Jaman sekarang skincare tools sedang happening, sebut saja jade roller, cleansing egg, dan lain-lainnya. Skincare tools ini memiliki fungsi untuk membantu penyerapan skincare supaya lebih optimal dan meminimalkan kontak telapak tangan dengan kulit, karena katanya tangan adalah sumber dari bakteri dan kuman. Tapi kalau kamu merasa lebih nyaman menggunakan tangan dibandingkan dengan skincare tools nggak apa-apa sih. Pastikan saja tangan bersih dengan mencuci tangan terlebih dahulu menggunakan sabun sebelum mengaplikasikan produk skincare ke kulit wajah.
Kebetulan aku juga punya beberapa skincare tools di rumah dan berniat untuk menguji apakah mengaplikasikan produk menggunakan skincare tools lebih baik daripada menggunakan tangan saja. So stay tune ya!



In this picture: Aestura Atobarrier365 Cream - Beli disini

Nah, berikut tadi adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan skincare ala akpertiwi.com. Perlu dicatat juga sebelumnya kalau knowledge aku nggak based on science atau apa, melainkan hanya berdasarkan pada pengalaman saja dan kebanyakan pun aku dapatkan dari hasil browsing atau talkshow bersama pakarnya.
Kira-kira kamu sudah mempraktekkan yang mana saja nih? Komen di bawah sini, ya!






This is not a sponsored post. I don't have any special connection with the brands i mentioned above

For any inquiries you can send me an e-mail at