Daun sendok sebenarnya gulmaa di perkebunan teh dan karet, atau tumbuh liar dihutan maupun di ladang. Karena memiliki banyak sekali manfaat gulma ini juga sudah di tanam didalam pot oleh dari daratan Asia dan Eropa daapat ditemukan didataran rendah sampai ketinggian 3.300 mdpl. Herba ini bersifaat manis dan dingin serta bersifat menghilangkat haus. Herba ini mengandung plantagin, aukubin, asam ursolik, Beta-si-tosterol, n-hentriankontan dan plantaguside yang terdiri dari methyl-D-galakturonat, D-galakosa, L-aribinosa dan L-rhammosa. Juga mengandung tanin, kalium dan vitain (B1,C,A).

Kalium bersifat sebagai peluruh kencing dan melarutkan garam endapan pada ginjal dan kandung n hati (hepatoprotektor), juga berkhasiat sebagai antiseptik. Biji (Che qian zi) daun sendok mengandung asam planterolik, plantasan (dengan komposisi xylose, arabinose, asam galacturonat dan rharnnose), protein, musilago, aucubin, asam suksinat, adenin, cholin, katalpol, syringin, asam lemak (palmitat,stearat,arakidat,oleat,linoleat dan linolenat), serta flavanone glycoside. Sedangkan bagian akar mengandung naphazolin.

Baca Juga
Obat herbal daun sendok
Herbal daun sendok

Sebut saja herba ini daun dan batangnya bermanfaat mengatasi infeksi saluran kencing, kencing berlemak, kencing bernanah, kencing berdarah, bengkak karena ginjal, nefrotik edema, kencing sedikit karena panas daalaam, batu empedu, batu ginjal, dan radang prostat (prostatitis).

Selain itu juga berfungsi mengatasi influenza, demam, batuk rajan(prtusis),radang saluran napas (bronitis), diare, disentri, dan nyeri lambung. Penyakit yang terkait mata seperti radang mata merah (konjungtivis) dan menerangkan pengelihatan yang kabur. Selain itu juga bermanfaan mengobati kencing manis (DM), hepatitis akut, cacingan, gigitan erangga, pendarahn seperti mimisan, batuk darah. Cara penggunaan herba kering Sebanya 10-15 gram/30- gram direnus lalu diminum airnya.

Sedangkan bagian akarnya bermanfaat mengatasi keputihan dan nyeri otot. Sedangkan bijinya berkasiat mengatasi gangguan pencernaan pada anak, kencing sakit, sukar kencing, rasa penuh diperut bagian bawah, diare, disentri, cacingan, pengelihatan kabur, mata merah, mata bengkak dan saakit akibat rasa panas pada organ hati, batuk berdahak, beri-beri darah, tinggi, sakit kuning dan rematik gout. Bagi para suami akr tanaman ini berfungsi sebagai perangsang birahi (afrodisiak) dan mengatasi beser mani (spermatorea).

Untuk pemakaian biji, siapkan 10-15 gram biji daun sendok, lalu direbus dan diminum airnya. Bisa juga dikeringkan dan digiling halus untuk pengobatan luka luar dan infeksi kulit luar.

Manfaat Daun Sendok untuk mengobati Batu Ginjal Hilang dan Kencingpun Lancar

Melancarkan kecing
Herba daun sendok segar di cuci lalu ditumbuk halus. Peras dan saring airnya terkumpul ½ gelas, taambahkan 1 sdm madu, minum sekaligus.

Kencing berdarah
Herba daun sendok segaar dicuci lalu di giling sampai umat. Peras dan saring airnyaa sampai 1 gelas. Minum sebeum makan.

Disentri panas
Herba daun sendok dicuci lalu ditumbuk halus. Peras dan saring aairnya sampai terkumpuul 1 gelas. Tambah 2 sdm madu. Ditim sebentar. Diminum selagi hangat.

Disentri basiler, diare
Herba daun dicuci dan ditumbuk halus. Peras dan saeing airnya hingga terkumpul 1 gelas. Ditambahkan 2 sdm madu, lalu di tim sebentar dan diminum selagi hangat.

Mimisan
Daun sendok 15 gram dicuci lalu dipipis. Seduh dengan secangkir air panas. Setelah dingin diperas lalu disaring. Diminum selagi hangat.

Batuk sesak, batuk darah
Herba daun sendok 60 gram dicuci lalu ditambahkan air bersih sampai terendam dan tambahkan 30 gram gula batu. Ditim mendidih 15 menit. Minum selagi hangat. (BBR)

Obat herbal daun sendok