Penyakit jantung memang sangat berbahaya walaupun non-menular tapi sangat mematikan. Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat dapat membantu mencegah penyakit jantung. Ada beberapa kebiasaan yang sehat yang bisa Anda terapkan dalam keseharian Anda untuk kesehatan jantung.

Berdasarkan data WHO, penyakit kardiovaskuler merenggut 17,7 juta nyawa pertahun. Dari nilai angka itu, setengahnya dari itu di sebabkan oleh penyakit jantung koroner dan stroke. yang sangat di takut kan adalah nilai dari tingkat kematian akan bertambah di tahun 2030 hingga 23,3 juta yang disebabkan oleh penyakit jantung. Nah mulai dari sekarang kita mencoba untuk hidup lebih sehat dan mencoba untuk mencegah dari penyakit jantung.

baca juga : Mengatasi kaki pecah-pecah secara alami

1. Rajin berolahraga
Menjaga kesehatan tubuh menjadi salah bagian yang paling penting terutama dengan cara berolahraga. Berolahraga mampu meningkatkan kebugaran jantung, menurunkan kolestrol dan tekanan darah. Hingga keseimbangan badan terjaga dan tetap sehat. Lakukan olahraga dengan cara yang rutin, minimal 5 hari dari seminggu untuk melakukan olahraga.

2. Membatasi asupan kolestrol
Untuk menjaga tekanan darah tetap stabil adalah dengan cara mengurangi atau membatasi asupan lemak jenuh dan kolestrol. Kadar kolestrol jahat LDL yang terlalu tinggi itu sangat membahayakan bagi kesehatan dan menjadi salah satu penyebab masalah jantung.

baca juga : Cara menghilangkan luka bekas bakar

3. Perbanyak minum air putih
Dengan memperbanyak minum air putih dapat menjaga kesehatan jantung. Jika Anda mempunyai masalah dengan jantung Anda, maka sangat di perlukan berkonsultasi terhadap dokter. Apakah Anda perlu membatasi asupan cairan yang harus di minum dalam sehari.

4. Berhenti merokok
Jika Anda seorang perokok, usahakan Anda harus berhenti merokok secepatnya karena merokok bisa merusak pembuluh darah dan meningkatkan tekanan darah. 

5. Konsumsi obat secara teratur
Gaya hidup demi kesehatan jantung memang sangat perlu, namun rasanya kurang jika hanya merubah gaya hidup. Anda juga perlu konsultasi terhadap dokter, dan mengikuti perintah resep dokter yang di berikan.

Semoga bermanfaat!

baca juga : Mencegah agar tidak terjadi bayi blues