Masalah kulit pecah-pecah memang sering terjadi apalagi pada masa usia berlanjut. Retak bagian tumit kaki di karenakan kering dan tidak memiliki kelenjar minyak sama sekali. Karena kelenjar minyak tersebut membantu kulit agar tidak kekeringan dan tidak terjadi retak terhadap tumit kaki maupun kulit kaki. Tetapi bisa jadi itu semua di karenakan medis tertentu seperti, psoriasis, eksim, gangguan tiroid, dan diabetes. Lalu bagaimana caranya mengatasi kulit kaki pecah-pecah dengan cara alami.

1. Bilas dan pijat dengan minyak
Pengobatan secara alami memang sangat dibutuhkan dengan memasok pelembab yang sangat di butuhkan oleh kaki. Pengobatan dengan cara seperti ini memang tidak memberikan reaksi langsung, namun perlu bertahap karena pelembab tersebut mempunyai cara kerja masing masing. Tetapi minyak lebih cenderung bekerja dengan baik di bandingkan dengan lotion yang lebih cepat menyerap kulit.
Anda bisa mengkonsumsi minyak zaitun, minyak wijen, minyak almond, tea tree oil dan minyak kelapa. 

baca juga : Cara menghilangkan bekas luka bakar

2. Masker alpukat dan pisang
Banyak orang yang tidak menyangka bahwa pisang merupakan suatu alternatif untuk mengobati kaki pecah-pecah dengan cepat. Pisang yang matang dan alpukat, bisa menjadi salah satu untuk mengobati kaki pecah, dengan cara mencampur adukan dengan merata hingga menjadi pasta. Lalu bilas ke kaki yang pecah-pecah secara merata dan biarkan selama 30 menit.

3. Lulur oatmeal 
Lulur oatmeal menjadi salah satu pengobatan untuk iritasi dan peradangan kulit sudah sejak lama. Anda bisa mengkombinasikannya dengan minyak zaitun. Caranya sama seperti masker alpukat dan pisang. Mencampur adukan oatmeal dengan minyak zaitun.

Semoga Bermanfaat !

Baca juga : Mencegah agar tidak terjadi bayi blues 
                   Membuat masker peel off dengan cara alami 

sumber : lingshenyao.id