Siapa yang kenal dengan daun alpukat?Tak hanya buahnya, daun alpukat ternyata juga memiliki sejuta manfaat yang tak kalah penting dengan manfaat yang dimiliki oleh buah alpukat. Daun alpukat diperkaya oleh kandungan protein, serat, mineral, dan fitokimia.

Sehingga, tidak heran jika daun alpukat memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan. Manfaat apa sajakah? Untuk mengetahui mengenai manfaat daun alpukat lebih lanjut, yuk simak ulasan berikut ini!



1. Mencegah hipertensi

Buat kamu yang ingin tercegah dari hipertensi atau tekanan darah tinggi, yuk buat rutin mengonsumsi daun alpukat untuk mencegahnya!

Pasalnya, dalam daun alpukat terdapat kandungan mineral, seng, dan mangan yang mampu mencegah terjadinya hipertensi dan menjaga fungsi saraf agar tetap terjaga. Kamu dapat mengonsumsi sari dari daun alpukat untuk mencegah terjadinya hipertensi.

2. Mengobati sakit kepala

Buat kamu yang sering mengalami sakit kepala secara tiba-tiba, yuk buat coba mengobatinya dengan cara mengonsumsi daun alpukat.

Pasalnya, daun alpukat diperkaya oleh antioksidan yang memiliki kemampuan untuk memperbaiki aliran oksigen ke daerah kepala. Sehingga, sakit kepala yang kamu rasakan akan semakin berkurang dan kamu dapat meredakannya tanpa harus mengonsumsi obat-obatan.

Baca juga:
Obat herbal daun alpukat
Obat herbal apukat

3. Meredakan sembelit

Daun alpukat ternyata juga berguna dalam membantu meredakan sembelit. Pasalnya, dalam daun alpukat terdapat kandungan serat yang mana dapat melembutkan tinja dan melumasi usus. Sehingga, sembelit yang kamu alami pun akan segera reda.

4. Mengurangi sakit gigi

Sakit gigi memanglah sangat mengganggu dan sangat menyakitkan, namun mulai sekarang tidak perlu lagi khawatir. Kamu dapat mengatasinya dengan memanfaatkan teh dari daun alpukat yang mengurangi peradangan pada gusi untuk mengobati sakit gigi.

5. Mencegah stres

Daun alpukat juga berguna dalam membantu meredakan stres lho. Pasalnya, adanya kehadiran kandungan antioksidan dalam daun alpukat yang dapat mendongkrak aliran darah ke otak dan mengurangi produksi hormon kortisol untuk membantu meredakan stres.

Nah, itu tadi 5 manfaat daun alpukat yang tentunya sangat baik buat kesehatan. Yuk cobain!

Obat herbal daun alpukat