Rahim kering dalam dunia medis memang tidak ada namun itu adalah bahasa halus pada sekelompok masyarakat yang memberikan sebuah nama pada kemandulan. Namun aspek ladang tidak subur, memang membuat susah untuk hamil yang di sebabkan faktor miom, kelainan selaput lendir, kelainan rahim, dan sebagainya.

Tetapi semua itu bisa di obati secara perlahan dan bukan disebut sebagai rahim kering. Kemandulan tersebut yaitu dimana kondisi wanita tidak bisa hamil, setelah 1 tahun aktif dalam seksual, bahkan wanita hamil tetapi tidak bisa mempertahankan kehamilannya juga bisa disebut mandul.
Lalu apa saja yang penyebab kemandulan atau rahim kering tersebut?.

baca juga : keputihan saat hamil apakah berbahaya ?

1. Serviks 
Mengidap kelainan suatu bentuk uterus atau bisa juga disebut dengan mengidap polip di uterus.

2. Penyumbatan tuba falopi
Kerusakan atau penyumbatan yang di sebabkan tuba falopi ini biasa akibat penyakit radang panggul, yang biasanya disebabkan endometriosis dan infeksi menular seksual.

3. Gangguan ovulasi
Gangguan hormonal seperti ovarium polikistik ini biasanya menjadi penyebab dari ovulasi. Selain itu, Hiperprolaktinemia yang dimana kondisi terlalu banyak prolaktin atau hormon yang merangsang produksi ASI sehingga menjadi gangguan pada ovulasi.

baca juga : Merawat Kecantikan dengan bayam merah

4, Kanker dan pengobatannya
Kanker reproduksi wanita yang biasanya menjadi atau mengganggu kesuburan wanita sehingga menjadi lebih susah untuk hamil. Maupun pengobatan menggunakan kemoterapi yang mengganggu kesuburan juga.

5. Insufisiensi Ovarium Primer (menopause dini)
Wanita biasanya dikatakan atau mengalami menopause dini ketika ovarium berhenti bekerja dan masa menstruasi sudah berakhir sebelum usia 40 tahun. Penyebabnya memang sering tidak diketahui namun faktor yang dapat menyebabkan menopause tersebut adalah, meroko bisa menjadi salah satu penyebabnya, penyakit sistem kekebalan tubuh, kondisi genetik tertentu seperti karier sindrom X rapuh, dan pengobatan kemotrapi.

Semoga bermanfaat!

baca juga : Lakukan gerakan yoga pada saat bangun tidur