Purin adalah protein yang diproduksi sendiri oleh tubuh, tapi juga terkandung pada banyak makanan.

1. Makanan dan minuman
Penyebab asam urat yang paling umum berasal dari makanan atau minuman tinggi purin. Asupan purin berlebih dari makanan dapat semakin menambah kadar purin alami di dalam tubuh. Akibatnya, ginjal akan kelimpungan untuk membilas kelebihannya.

Berikut berbagai makanan yang bisa jadi penyebab asam urat:

Alkohol
Orang yang sering minum alkohol lebih berisiko terkena encok. Alkohol tidak hanya bisa memicu produksi uric acid lebih banyak, tapi juga membuat ginjal harus bekerja ekstra keras untuk membuang kelebihannya.

Minuman bersoda
Minum minuman bersoda memang sangat menyegarkan. Namun, jangan salah, terlalu banyak minum minuman ini bisa jadi penyebab asam urat. Minuman bersoda cenderung mengandung gula tambahan yang bisa memicu produksi uric acid lebih banyak. Jika terus terjadi, zat tersebut akan menumpuk dan mengkristal hingga menyebabkan peradangan pada sendi.

Sayuran hijau tertentu
Makan sayur itu sehat. Sayangnya, bagi orang dengan yang memiliki encok, beberapa sayuran bisa jadi penyebab asam urat kambuh. Untuk itu, mereka perlu menghindari beberapa sayuran tertentu.

Sayuran seperti kembang kol, bayam, dan jamur memiliki kandungan purin yang lebih tinggi dibanding sayuran lainnya. Walaupun risikonya tidak sebanding dengan daging merah, Anda tetap harus memperhatikan seberapa banyak Anda mengonsumsi sayuran ini.

Daging hewan dan makanan laut
Daging merah dan daging putih baik untuk mencukupi kebutuhan protein harian kita. Akan tetapi, terlalu banyak mengonsumsi daging dapat menyebabkan berbagai penyakit. Salah satunya menjadi penyebab asam urat kambuh terus.

Sebaiknya batasi porsi maksimal 6 ons daging per hari, dengan batas 3 ons per porsi makanan. Selain itu, makanan laut seperti kerang, kepiting, udang, dan lobster juga mengandung purin yang tinggi. Jika dikonsumsi sembarangan, risiko encok pun jadi lebih besar.

Baca Juga
Makanan aman untuk asam urat
Cara mengatasi kaki bengkak karena asam urat


2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Mengonsumsi obat diuretik jangka panjang telah dikaitkan dengan risiko terkena encok yang semakin tinggi. Sebab obat jenis ini bisa membuat Anda lebih sering buang air.

Kondisi tersebut bisa mengurangi jumlah cairan yang ada di dalam tubuh. Cairan yang tersisa kemungkinan besar akan mengendap dan mengkristal, yang akhirnya menyebabkan penyakit asam urat di kemudian hari.

Obat antihipertensi tertentu juga berisiko meningkatkan kadar asam urat, sehingga dapat mengakibatkan encok.

3. Memiliki kondisi medis tertentu
Secara alami, ginjal memang akan menyeimbangkan kadar purin yang ada di dalam tubuh. Namun, proses itu bisa berjalan lambat pada orang dengan beberapa kondisi medis, seperti:

Obesitas (kelebihan berat badan)
Hipotiroidisme (kelenjar tiroid yang kurang aktif)
Psoriasis
Insufisiensi ginjal (ketidakmampuan ginjal untuk menyaring zat sisa)

Makanan yang baik untuk penderita kolesterol dan asam urat