Beberapa minggu yang lalu komunitas Beautiesquad mengadakan gathering di kota Jogja selama beberapa hari. Sayang banget aku ga bisa ikut soalnya selain nggak dapet izin suami untuk nginep-nginep di luar kota, aku masih sibuk berkutat dengan skripsi dan deadline blog yang nggak beres-beres :(

Tapi aku dapet oleh-oleh dong, yaitu goodie bag dari Purbasari yang isinya beberapa produk terbaru mereka! Thank you Purbasari & Beautiesquad!
Ngomongin Purbasari, pasti nggak jauh-jauh dari lulur mandi yang gambarnya putri raja dan lipstik mattenya yang melegenda itu. Aku sendiri sampai sekarang masih pakai Purbasari Lipstick Color Matte nomer 86 sebagai daily lips. Teskturnya super smooth & non drying, lumayan long lasting juga untuk ukuran lipstik yang dibanderol dengan harga 30 ribuan aja.



Jadi produk-produk yang aku dapatkan adalah Purbasari Hydra Series BB Cream shade Honey Beige, Flawless Matte BB Two Way Cake shade Honey Beige, Metallic Color Matte shade Sunstone & Madeira, serta dua shade dari Hi-Matte Lip Cream yaitu Azalea & Vinnia.

Kebetulan aku sudah pernah review 5 shade untuk Hi-Matte Lip Cream. Favorit aku warna Azalea yang emang warna MLBB dan cocok banget buat riasan natural & no-make up-make up look. Azaleaku yang dulu udah habis dan aku belum sempet repurchase, kebetulan dapet lagi nih, hehehe.


Kalau dilihat dari produk-produk barunya ini, sepertinya Purbasari mulai keepin' up with the trend, secara dari akhir 2017 lipstik dengan finishing metalik mulai digemari. Packaging dari produk-produk terbarunya ini juga sudah mulai berubah ya, dari yang dulu cuma box hitam biasa era Purbasari Lipstick Color Matte, sekarang sudah mulai menggunakan aksen-aksen yang aesthetic dengan paduan warna hitam dan gold serta putih dan rose gold.

Langsung kita review Purbasari Make Up seriesnya ini yaa.

Purbasari Hydra Series BB Cream Brightening Cool - Honey Beige

Sebelumnya aku sempat menulis artikel tentang produk lokal terbaru yang hype di awal tahun 2018 dan BB Cream dari Purbasari ini masuk ke dalam listku. Aku perhatikan sudah banyak juga yang review produk ini dan rata-rata amazed sama kualitasnya.


  

Produk ini ada boxnya dan ukurannya cukup besar juga jika dibandingkan dengan beberapa BB Cream keluaran brand lokal lainnya. Pada bagian sisi kanan kotak terdapat ingredient list sedangkan di bagian belakangnya terdapat product information.
Klaim dari produk ini adalah melindungi kulit dari polusi (Pollution Protection) dan Multifunctional Skincare. Pada umumnya bb cream memang memiliki manfaat skincare didalamnya seperti melembabkan.
'Brightens, Cools, Protects, Hydrates, Smoothes' tertera juga di bagian depan kotaknya. Wah, komplit banget ya kayaknya. Produk ini juga sudah memiliki sertifikat halal dari MUI.


Ingredients - Aqua, Cyclopentasiloxane, CI 77891, Zinc Oxide, Butylene Glycol, Cyclomethicone, Dimethicone, Polymethyl Methacrylate, Lauroyl Lysine, Octyl Methoxycinnamate, CI 77492, PEG-10 Dimethicone, Menthyl Lactate, Ethanol, Butyloctyl Salicylate, Sorbitan Olivate, PEG/PPG-18/18 Dimethicone Crosspolymer, CI 77491, Sodium Chloride, Parfum, C9-15 Fluoroalcohol Phospate, Pachyrrhizus Erosus Root Extract, Phenoxyethanol, Aluminum Hydroxide, Dimethicone/Vinyl Dimethicone Crosspolymer, BHT, Tocopheryl Acetate, CI 77499, Lactic Acid, Methylparaben, Cyclotetrasiloxane, Dimethiconol, Talc, Ethylparaben, Propylparaben, Butylparaben, Dimethylmethoxychromanol.

Dilihat dari ingredientsnya, produk ini cocok untuk semua jenis kulit, baik normal, kering, maupun berminyak. Selain itu terdapat pula Lactic Acid yang mengandung anti aging properties.

 

Packaging dari Purbasari Hydra Series BB Cream Brightening Cool ini berupa tube dengan pump berwarna hitam dengan aksen gold. Tutupnya berwarna bening, pengalaman aku dengan tutup model begini biasanya cepet kotor dari sisa sisa produknya. Rajin dibersihin aja, yes!
Nettonya 35 ml dan menurut aku cukup ramping dan nggak bulky.

Produk ini wanginya floral sweet gitu, malah aku cium rada-rada wangi manis madu gitu. Teksturnya kental dan coveragenya cukup memuaskan. Kalau aku bilang sih sheer to medium coverage, ya.
Pada saat pemakaian pertama ada sedikit cooling sensation.

Oh ya, saat di swatch di tangan kayaknya sih warnanya kuningnya cukup untuk kulitku, tapi agak terlalu gelap. Tapi setelah di blend dan didiamkan beberapa menit, warnanya jadi tone down jadi sedikit pinkish dan lumayan acceptable lah ga beda jauh-jauh banget sama skintone asliku.
Kayaknya dia mudah oxidize deh.

Berikut adalah perbandingan swatchnya di tangan setelah diaplikasikan dan beberapa menit setelah diaplikasikan.



Sedangkan ini hasilnya jika diaplikasikan di wajah.



Kelihatan nggak sih kalau warna kulitku jadi rata dan lebih cerah? Ini di blend menggunakan beauty blender, ya.

Kamu bisa mendapatkan BB Cream Purbasari ini seharga Rp55.000 di Official Shop Purbasari di Shopee.

Purbasari Hydra Series Flawless Matte BB Two Way Cake - Honey Beige

Two way cake adalah perpaduan antara alas bedak dan compact powder. Menurut keterangan yang aku dapat dari boxnya, produk ini diperkaya dengan natural moisturizer, UV Filter, dan Oil Absorber.

 
 

Ukuran boxnya bisa dilihat kira-kira sebesar telapak tangan. Warnanya masih sama dengan Hydra Series lainnya, hitam dengan aksen gold. Ingredient List dan Product Information terdapat di sisi kanan dan kiri kotaknya. Bagian belakang boxnya berlubang untuk memperlihatkan shade dari bedaknya. 

Ingredients - Mica, Talc, Titanium Dioxide, Triethylhexanoin, Ethyl Macadamiate, Silica, Octyl Methoxycinnamate, Diisostearyl Malate, Perfluorooctyl Triethoxysilane, Iron Oxides, CI 77492, Dimethicone, Triethoxycaprylylsilane, CI 77491, CI 77499, Tocopheryl Acetate, Methicone, Methylparaben, Propylparaben, BHT, Glycyrrhiza Glabra Root Extract, Parfum, Alumunium Chloride, Dimethylmethoxy Chromanol, Malic Acid

Produk ini mengandung Glycyrrhiza Glabra (Licorice) Root Extract yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan jerawat dan juga mengandung brightening properties yang dapat membuat wajah tampak lebih cerah.

 

Packaging Purbasari Flawless Matte BB Two Way Cake ini ukurannya cukup besar, terbuat dari plastik dengan finishing doff di bagian depan dan glossy di bagian belakang. Di packagingnya ini nggak banyak tulisan, hanya ada stiker di bagian belakang yang bertuliskan nama shade, nomer POM, batch number dan expiration date.



Bisa dilihat disini cerminnya lumayan besar. Bagian isi bedaknya seukuran dengan sponsnya. Kalau dibandingkan isi produknya cuma setengah dari besar tempatnya aja.



Shade Honey Beige ini kayaknya lebih cocok untuk skintone medium to tan. Tekstur di pannya juga lumayan creamy seperti klaimnya.
Untuk coveragenya juga lumayan, standar two way cake lah. Wanginya nggak begitu menyengat.

Berikut adalah hasil pemakaiannya di wajah ya.



Menurut aku coveragenya oke, tapi saat aku coba pakai agak susah diratakan jika menggunakan spons jadi hasilnya terlihat dempulan banget gitu, lain kali aku bakal coba pakai brush supaya hasilnya lebih natural.
Harganya sekitar Rp50.000, bervariasi tergantung dimana kamu membelinya.

Purbasari Hydra Series Metallic Color Matte Lipstick - Sunstone & Madeira

Sudah beberapa lama aku penasaran sama produk ini, akhirnya kesampean juga buat bikin review Purbasari Metallic Lipstick!

 
 

Berbeda dari dua produk Hydra Series sebelumnya, box dari lipstik metalik ini berwarna putih dengan aksen rose gold. Di bagian sisi kanan box terdapat ingredient list dan di bagian belakangnya ada product information. Netto produk ini adalah 2,6gr. Lipstik ini mengandung vitamin E sebagai pelembab dan pigmented pearls untuk memberikan finishing metaliknya.

Ingredients - Cyclomethicone, Octyldodecyl Stearoyl Stearate, Ricinus Communis Seed Oil, Polymethyl Methacrylate, Candelila Cera Extract, Octyldodecanol, Polymethylsilsesquioxane, Cyclopentasiloxane, Copernicia Cerifera Cera, Mycrocrystalline Wax, Ozokerite, Beeswax, Tocopheryl Acetate, Aroma, Prophylparaben, BHT.
May Contain: Synthetic Fluorphlogopite, CI 77491, Red 7 (CI 15850:1), CI 77499, CI 45410:2, CI 77019, CC 77891, CI 75470, CI 77492.

 

Packaging dari Purbasari Metallic Color Matte Lipstick ini ukuran dan desainnya mirip dengan pendahulunya yaitu Lipstick Color Matte tetapi warnanya saja yang berbeda. Warna tube lipstik ini rose gold yang cantik dan berkesan mewah. Pokoknya selintas kelihatan seperti lipstik mahal, hahaha. Packagingnya juga jauh lebih kokoh daripada pendahulunya.


Ketika diperhatikan di bullet lipstiknya ada motif-motif yang mirip marmer gitu, cantik deh.
Total semua shade Purbasari Metallic Color Matte ini ada 4 shade yaitu 71 Rubellite, 72 Madeira, 73 Carnelian, dan 74 Sunstone. Tapi ada beberapa sumber lain yang menyebutkan kalau ada 1 shade lagi yaitu Champagne, warnanya copper gitu. Shade yang ditawarkan nggak begitu banyak, tapi siapa tahu nanti Purbasari ngeluarin shade lain untuk seri metallic lipsticknya.


Yang aku punya adalah Sunstone dan Madeira. Sunstone adalah warna coklat dengan hint orange sedangkan Madeira adalah warna merah berry yang cantik.
Keduanya memiliki partikel glitter kecil di bullet lipstiknya tapi saat diaplikasikan nggak terlalu visibile banget glitternya. Saat di swatch juga nggak satu kali swipe langsung keluar warnanya untuk shade Sunstone. Teksturnya mirip creamy lipstick sih menurutku.
Madeira jauh lebih pigmented, apa karena warnanya bold ya? Dan saat di swatch shade Madeira nggak kelihatan glitternya, beda dengan Sunstone. 

Berikut adalah kedua shade diaplikasikan langsung ke bibir.


Surprisingly, lipstik ini stay dengan baik walaupun sudah aku coba gosok gosok dengan air. Bisa dibilang daya tahannya nggak beda jauh dengan lipcream, lho. Ini long lasting banget dan smooth saat dioleskan di bibir. Coba ada shade lain yang warna coklat atau mauve gitu, hehehe.
Harga 1pcs Purbasari Metallic Color Matte adalah sekitar Rp35.000. Murah banget kan?



Overall, produk-produk terbaru Purbasari ini memang menarik. Terutama dari segi designnya yang mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan produk-produk keluaran sebelumnya. Good job Purbasari! Tapi memang harganya jika diperhatikan ada kenaikan dibanding sebelumnya. I mean, alas bedaknya aja yang tube kecil itu cuma 15 ribuan aja, lho... Tapi masih tetap terjangkau lah ya, selain itu produk Purbasari mudah dicari, kamu bisa mendapatkannya di toko kosmetik maupun drugstore seperti Guardian.

Get to know more about Purbasari



This is a sponsored post. Purbasari sends me the product to test and review and what i wrote is my honest review based on my personal experience


For any inquiries you can send me an e-mail at