Belakangan ini aku lagi tergila-gila sama produk berbentuk stick. Setelah sebelumnya aku nyobain highlighter stick dari Absolute New York, kali ini aku nyobain highlight & contour stick dari brand lokal, yaitu Mineral Botanica,


Beberapa tahun yang lalu pertama banget keluar dual ended contour gitu dari NYX, harganya gak begitu mahal sih, tapi tetep aja belum masuk budgetku untuk beli makeup saat itu, hehehe.
Nah, produk ini keluar sekitar tahun kemarin, ada 3 shade yang bisa disesuaikan dengan skintone. Pertama ada shade Buttermilk & Mocha yang dikhususkan untuk kulit fair, lalu Cornflake & Cream Cookies untuk kulit yang kekuningan, dan terakhir ada Latte & Caramel untuk kulit yang tan. Menurut aku oke banget sih, karena shadenya bisa memenuhi demand.

Yuk langsung kita lihat aja review Mineral Botanica Highlight & Contour Stick shade Cornflake & Cream Cookies.





Packagingnya seperti dual ended stick pada umumnya, dengan tutup plastik berwarna bening. Untuk bodynya sendiri khas Mineral Botanica, warna hitam greyish yang permukaannya doff. Semua product information ada di badan tubenya, termasuk ingredient listnya.

Ingredient - Diisostearyl Maleate, Triethylhexanoin, Zinc Oxide, Hydrogenated Polyisobutene, Isononyl Isononanoate, Polyethylene, Talc, Ceresin, Silicone Dioxide Hydrate, Hydrolyzed Adansonia Digitata Extract, Phenoxyethanol, Bisabolol, Tocopheryl Acetate, BHT, Triethoxycaprylylsilane, Alumunium Hydroxide, Dimethicone/Methicone Copolymer, Ethylexylglycerin, Dimethicone.May contain: CI 77891, CI 77492, CI 77019, CI 77491, CI 77499.

Good news, nggak mengandung Paraben. Untuk preservativenya menggunakan Phenoxyethanol.


Period after openingnya 24 bulan, dan sudah ada logo cruelty free & recycleable!
Klaim dari produk ini adalah easy to blend, waterproof, dan perfect cover.


Produk yang didapatkan sendiri cukup panjang, ya. Tapi mengingat teksturnya yang super creamy, kayanya bakalan cepat habisnya.
Berikut adalah swatchesnya di tangan;

Freshly applied
Diblend menggunakan jari
Warna contournya masih ada hint merahnya sedikit sih, tapi menurut aku masih oke. Dan yang aku suka dia finishingnya matte, creamy matte sih. Dan gampang banget diblendnya, pakai jari juga bisa lho.
Sedangkan warna highlightnya pas juga untuk skintone aku yang memang agak yellowish. Ada sedikit wangi yang agak-agak 'plastic' gitu, tapi nggak mengganggu kok. Pigmentasinya oke banget!
Untuk waterproofnya aku coba tes ya, dan hasilnya adalah setelah dibasahi dengan air dan digosok, produknya masih stay dengan baik, seperti di foto berikut ini.

Waterproof test

Hasilnya adalah Waterproof! Bener-bener tahan air.

Berikut adalah hasil pemakaian produk ini dengan full make up. Aku padukan dengan cut crease simple yang bikinnya mudah banget.





Overall, aku suka banget sama Mineral Botanica Highlight & Contour Stick ini. Pengaplikasiannya mudah, diblendnya juga mudah. Produk ini cocok untuk pemula yang mau belajar contouring. Selain itu harganya juga murah, masih dibawah 100ribu, dan kualitas produknya oke banget!

Get to know more about Mineral Botanica

Score: 9,5/10
Where to Buy: Mineral Botanica counter, Any cosmetic counter
Price: IDR69.500


This is not a sponsored review and based on my personal opinion. I didn't get paid for the review. The results may vary depends on your skin condition.


For any inquiries just send me an e-mail at