Menjadi seorang Mama ternyata susah-susah gampang ya, aku yakin para moms pembaca juga ngerasain hal yang sama. Susahnya gak usah disebutin lagi deh, mulai dari belajar merawat si buah hati dari newborn hingga sekarang, drama menyusui, drama MPASI, drama GTM, drama anak sakit, drama mau masak apa hari ini dannn seterusnya (LAH JADI CURHAT SI MAMAK). Tapi gampangnya adalah nikmat yang tiada tara yang gak bisa digantikan dengan nikmat apapun, nikmat melihat si kecil tertawa, nikmat saat ada suara memenggil mama, nikmat pada saat anak memeluk dan tertawa karna pelukan mamanya, nikmat saat melihat anak mulai pintar, bahkan melihat anak tertidur pulas aja sudah menjadi nikmat yang hakiki, yaa kan Mom? 


Ternyata dibalik susahnya berperan sebagai seorang Ibu, sebenarnya yang anak kita perluin tuh cuma Ibunya Bahagia loh Mom. Aku inget banget anakku Ray pernah ikutan nangis cuma karna ngeliat mamanya nangis nonton drama korea (HAHAHA) langsung deh aku sadar, ternyata anakku itu sangat peka dan menjadi senstive kalau ngelihat mamanya sedih ya. Nah penjelasan Happy mom happy kid ini juga kemarin aku dapatkan pas ikutan event bersama Lactagrow dan komunitas Indonesia Hijab Blogger. Aku banyak banget dapat ilmu bermanfaat mengenai parenting dan intinya dari talkshow kemarin cuma satu, buatlah anak bahagia karena itu mempengaruhi kecerdasan dan tumbuh kembangnya. Bahkan salah satu pengisi Talkshow yaitu Dr. Ray bilang "85% pribadi kita saat ini, terbentuk dari 1000 hari pertama di hidup kita, jadi bayangkan kalau di 1000 hari pertama si anak tidak mendapatkan kebahagiaan dan nutrisi yang cukup untuk tumbuh kembangnya kelak."


Nah sekarang yuk kita bahas lebih jauh ilmu yang aku dapat dari event bersama Lactagrow kemarin karena ilmunya bener-bener bermanfaat banget sampai aku bisa bikin statement buibu pasti nyesal kalau gak baca ringkasannya :D :D

Parenting bersama Dr. Ray W. Basrowi, MD, PhD bertema Pencernaan Sehat untuk Anak Bahagia dan Pintar


Dr. Ray adalah salah satu dokter yang sering mengadakan seminar mengenai pentingnya menjaga kesehatan pencernaan anak untuk mengoptimalkan tumbuh kembang si anak. dr. Ray mengatakan bahwa pencernaan anak adalah salah satu faktor utama dalam menentukan tumbuh kembang anak. Awalnya aku mikir, loh kenapa pencernaan ya? apa hubungannya ya sama perkembangan anak? Kayanya gak terlalu ada hubungannya deh pencernaan dengan tumbuh kembang anak terutama perkembangan kepintaran anak. Terus dr. Ray mengatakan "Coba ibu-ibu sekalian bayangin kalau anak lagi konstipasi pasti anak akan rewel, apalagi kalau terkena kolik wah si anak biasanya nangis terus tuh semaleman", langsung deh aku ngeh ohiyaa ya betul juga ternyata faktor terbesar yang bikin mood anak happy adalah kalau dia gak ngerasa perutnya kembung, sakit yang bikin gak nyaman. dr. Ray juga mengatakan "kalau anak mengalami mood swing karena sakit perut dan gak bisa mengatakan kepada ibunya, pasti si anak akan terlihat lesu dan gak bersemangat untuk main, anak akan diam saja, menangis dan tidak ada keinginan untuk main. Padahal bermain adalah aktifitas yang merangsang tumbuh kembang kepintaran anak-anak, jadi jika anak berhenti bermain maka berhenti pula rangsangan kepintarannya. Jadi menjaga kesehatan pencernaan anak merupakan salah satu faktor yang penting dijaga oleh Ibu demi tumbuh kembang anak yang maksimal".

Nah, sekarang gimana caranya ya kita, para moms, menjaga kesehatan pencernaan anak?

dr. Ray mengatakan kalau saluran cerna anak itu belum sempurna artinya semua yang dimakan oleh anak otomatis akan langsung diserap oleh tubuh, makanya kalau anak salah makan sedikit saja anak langsung bisa terkena diare atau gangguan pencernaan lainnya. Nah, untuk itu diperlukan asupan probiotik untuk usus anak-anak. Probiotik ini apaan sih? Jadi dr. Ray mengatakan kalau Probiotik adalah mikroorganisme hidup yang jika diatur dalam jumlah yang memadai akan memberikan manfaat kesehatan pada temoat hidupnya. Salah satu probiotik baik adalah Lactobacillus Reuteri karena dapat bertahan hidup pada pH rendah dan lingkungan yang diperkaya enxim, dapat menempel pada epitelium untuk interaksi host-probiotik, dapat berkompetisi dengan mikroorganisme patogenik, dan yang terpenting adalah aman. 


Nah, baiknya Probiotik ini dikonsumsi oleh anak karena Probiotik memengaruhi fungsi kognitif anak. Yang perlu diingat jika kognitif anak lebih baik maka daya serap ingatan dan proses belajarnya juga menjadi lebih baik. dr. Ray juga mengatakan kalau susu Lactagrow sudah diperkaya dengan Probiotik yang mampu menjaga kesehatan cerna anak sehingga anak dapat lebih optimal dalam tumbuh kembangnya karena pencernaannya terjaga sehat.


Parenting bersama Vera Itabiliana Hadiwidjojo, S.Psi, Psikolog bertema Memaksimalkan Peran Orangtua dalam Memelihara Kebahagiaan Anak.


Nah, setelah pembahasan tentang kesehatan anak, aku juga dapat ilmu lagi nih dari segi psikologis anak dari Psikolog bernama Mba Vera. Event yang diadain sama Lactagrow dan Indonesia Hijab Blogger ini benar-benar penuh makna dan ilmu banget sampai aku langsung nulis blog ini karena ingin berbagi ilmu yang aku dapatin sama mom readers sekalian. Mba Vera mengatakan bahwa kebahagiaan anak itu penting sekali sebagai dasar kemampuan bersosialisasi seperti empati, caring, komunikasi efektif, oleh sebab itu kita nih para moms wajib hukumnya membuat anak merasa bahagia dan dicintai. Sebenernya kebahagiaan anak itu apa sih? Apakah jika anak tertawa saja? Apakah jika anak bermain dengan mainan mahal? Apakah jika anak tersenyum? 

Ternyata kebahagiaan anak bukan sebatas tawa saat bermain saja loh, tapi kebahagiaan anak terpancar saat dirinya merasa komplit karena orang terdekatnya yaitu orang tuanya "hadir" bersama anak. Hadir disini disebutkan bukan berarti kita ada disamping anak tapi melakukan aktifitas lain (misalkan bermain hp dan anak menonton TV) itu hadir loh! Hadir yaitu ada komunikasi dua arah yang lebih intimate bersama anak, misalkan membacakan anak cerita sambil menari, menonton TV dengan anak sambil mamanya juga bicara komunikasi menanyakan maksud ceritanya. Nah, jika kita "hadir" untuk anak, si anak akan merasa lebih bahagia dan dihargai juga. Ngomongin tentang anak yang bahagia, sebenarnya kenapa sih membuat anak menjadi bahagia itu penting dalam pertumbuhannya? Well, Mba Vera jawab buaanyaakk banget manfaatnya, tapi ini aku rangkumin sbb ya..

Anak yang lebih bahagia itu mendapatkan stimulasi yang lebih optimal untuk perkembangan si anak itu sendiri, jadi jika stimulasi perkembangan otak didapatkan maksimal maka si anak mudah menyerap informasi dan hasil akademik dapat menjadi lebih baik. Disamping itu, ini merupakan bekal untuk si anak untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, baik dari segi pendidikan, karir dan kehidupan bersosialisai. 

Mba vera juga menginformasikan beberapa ilmu psikologi seperti:

"Seorang anak yang dicintai dan memiliki pola asuh yang baik sejak dini,akan memiliki Hippocampus 10% lebih besar, yaitu bagian otak yang penting untuk proses belajar, memori, respon terhadap stress. Secara umum dapat diasumsikan bahwa masa kecil yang dipenuhi dengan cinta ibu adalah masa kecil yang bahagia." -Joan L. Luby (2012) Professor Child Psychistry.

"Kesehatan Emosional atau kebahagiaan di masa kecil adalah hal yang paling tepat untuk memprediksi Life Satisfaction dan well-being pada orang dewasa. Hal ini paling berpengaruh daripada hal lainnya seperti prestasi, pekerjaan atau kekayaan." -Professor Richard Layard (2013).

Nah, makanya Mba Vera sangat menekankan kalau anak bahagia itu banyak banget manfaatnya:

1. Kesadaran diri jadi lebih baik.
2. Manajemen diri lebih baik.
3. Kesadaran sosial lebih baik.
4. Kemampuan sosial lebih baik.
5. Kemampuan mengambil keputusan lebih baik.

Nah hal diatas ini semua dapat berpengaruh secara langsung terhadap keberhasilan pendidikan si anak, keseuksesan karir dan juga hasil penting lain di dalam hidupnya.

Jadi, yuk kita berikan hak anak untuk mendapatkan kasih sayang dan cinta agar dia selalu bahagia dan berdampak positif bagi kehidupannya kelak! :)


Setelah talkshow yang sangat bermanfaat yang diisi oleh dr. Ray dan mba Vera, sore itu juga diisi dengan kegiatan seru bersama para moms lainnya yang juga anggota komunitas Indonesia Hijab Blogger. Kami asik-asikan bermain Playdoh dengan kreasi membuat menu makanan sehat untuk anak dari playdoh. waahhh seru banget rasanya emak-emak pada heboh kalap bikin banyak menu makanan dari playdoh hahahhaa emang semua emak-emak kayanya obsesi ya pingin anaknya makan sehat yang buanyaakkk :D Acara sore itu ditutup dengan ifthar bersama di restauran Pand'r dengan makanan yang super enaakkk, sangking enaknya aku malah ngerencanain birthday Ray disitu nanti hihihihii..

Oke, sekian cerita mama Ray di event Lactagrow Grow Happy, semoga ilmu yang aku aku dapat dan dibagikan ke para mom readers sekalian bermanfaat yaaa.. Amiinn..

See you on my next blog post,XO

Ola Ayu