Kamu pecinta Bollywood? Pasti kamu tahu, kan sama beberapa makanan india. Dan bisa jadi kamu pernah tahu atau pernah memakannya. 
Sebenarnya kalau kamu pecinta Bollywood harusnya kamu bisa tuh mencicipi salah satu makanannya. Nah, makanan India ini pernah ada di beberapa serial india atau bahkan di film juga ada, lho. Untuk kamu yang penasaran? Pantengin, ya. 
Yuk simak 5 makanan india yang populer di Indonesia sebagai berikut:
1. Jalebi

Nah, jalebi ini berbentuk bulat rasanya manis banget, mungkin itu cocok dengan lidah Indonesia. Biasanya jalebi ini dihidangkan untuk makanan penutup. Jalebi ini bukan untuk makanan berat, ya, melainkan untuk makanan ringan senjenis camilan. Jalebi ini bisa, lho, kamu temukan di beberapa online shop seperti Instagram, Shopee, Facebook dan lainnya. 

Bentuk dari jalebi ini mempunyai bentuk yang melingkar . Camilan ini digoreng sampai matang dan mempunyai warna oranye. Biasanya permen yang berasal dari India ini dijual dalam jumlah banyak bukan sekadar satu atau dua biji saja. Dan jangan khawatir harganya juga terjangkau, lho. Atau kamu juga bisa membuat sendiri camilan yang satu ini. 
2. Ladoo

Kalau sebelumnya saya membahas tentang Jalebi, berbeda dengan sekarang Ladoo. Nah, kalau kamu pecinta India pasti kamu tahu banget tentang si Ladoo ini. Di sebuah kartun India yang berjudul Chotta Beem, disana karakter dari Bheem sangat suka dengan Ladoo yang berwarna oranye. Setiap Bheem memakan Ladoo, maka Bheem mempunyai kekuatan yang besar. 

Nah, ngomong-ngomong tentang Ladoo ternyata Ladoo ada banyak jenisnya, lho. Ladoo ini ada 7 jenis diantaranya adalah besan milk ladoo, boondi ladoo, chocolate ladoo, moong ladoo, besan ladoo, motichoor ladoo dan coconut ladoo. Nah, kalau untuk di online shop ladoo biasa dijual per 8 biji atau ada juga yang 6 biji dengan harga yang berbeda pula. 
3. Gulab Jamun

Gulab Jamun sendiri mempunyai bentuk yang sama seperti Ladoo yaitu bulat-bulat. Selain itu Gulab Jamun juga termasuk ke dalam makanan penutup sama seperti jalebi dan ladoo. Gulab Jamun ini juga terkenal di beberapa negara seperti Pakistan, Nepal dan Bangladesh. Gulab jamun mempunyai rasa yang manis. 

Biasanya gulab jamun terbuat oleh biscuit, susu cair dan mentega leleh. Lalu adonan itu dibentuk bulat-bulat dan kemudian digoreng hingga matang. Setelah itu baru direndam dengan sirup air mawar sampai seharian. Terakhir Gulab Jamun siap untuk disantap.
4.Kheer

Kheer ini merupakan salah satu makanan pokok yang ada di India. Bahan utama dalam pembuatan Kheer itu adalah Beras. Biasanya Kheer disebut dengan pudding beras, makanan ini memang banyak disukai oleh para penduduk India. Puding beras ini biasanya dimakan untuk makanan penutup. 
Kheer ini kalau dibilang seperti dessert-nya ala India. Bahan yang digunakan dalam Kheer ini adalah campuran beras, tepung gandum, tepung tapioca, susu dan juga gula. Lalu bahan itu dicampurkan dengan rempah-rempah seperti kapulaga dan juga kunyit. Biasanya topping dalam kheer ini seperti kismis, kacang mete dan juga kacang almond. 
5. Pani Puri 

Makanan yang terakhir adalah pani puri. Nah, Pani Puri sendiri terkenal karena termasuk salah satu makanan ringan yang enak banget. Untuk isiannya pani puri bisa diisi dengan kacang, irisan kentang rebus dan bumbu rempah lainnya. Pani puri ini berbentuk bulat-bulat sama seperti cemilan lainnya. 

Kalau di India, pani puri bisa kamu temukan di beberapa penjual yang ada di jalanan. Biasanya pani puri diisi dengan mint, cabai hijau, gula pasir, jinten bubuk, jahe, daun ketumbar, jeruk nipis, air asam jawa dan yang terakhir garam. Setelah itu pani puri bisa dicampurkan ke dalam kuah yang mempunyai rasa yang nendang di mulut. 

Makanan khas India memang tidak perlu diragukan lagi, deh, cita rasanya. Kalau kamu mau makan makanan India, gampang banget kamu tinggal mengunjungi restoran India yang ada di Indonesia. Dan jangan lupa mencicipi 5 makanan india populer di Indonesia!