Menjaga kesehatan mulut sangatlah penting karena mulut menjadi alat pertama pencernaan terhadap makanan sebelum masuk ke organ lainnya. Enzim yang ada di mulut mencerna semua makanan yang masuk pada mulut. Nah maka dari itu dimana sangat penting untuk menjaga kesehatan terhadap mulut, karena bisa saja bakteri akan masuk kedalam bagian tubuh lainnya.

Membersihkan mulut dapat dilakukan dapat dilakukan dengan cara menyikat gigi yang benar dan teratur. Supaya bakteri yang ada di mulut benar-benar hilang karena bakteri bisa saja bersembunyi di balik sela-sela bagian gigi. Tidak hanya gerakan saja yang harus di atur untuk menyikat gigi tapi sikat giginya pun harus benar-benar nyaman untuk dipakai.

Sikat gigi bermacam-macam ada yang cukup lama pemakaiannya dan ada juga yang baru sebentar sudah rusak di bagian bulunya. Maka dari itu sangat penting bagi semuanya untuk mengganti sikat gigi karena belum tentu sikat gigi tersebut steril bahkan dari tempat penyimpanannya pun belum tentu steril. Bakteri yang ada pada gigi mampu berpindah pada sikat gigi dan menyebabkan risiko bakteri berkembang cukup besar tetapi Anda tidak perlu khawatir. Pada penelitian tersebut belum banyak terbukti bahwa penyakit yang ada pada sikat gigi menyebabkan penyakit pada mulut.

Sebaiknya Anda mengganti sikat gigi dalam waktu 4 bulan sekali. Seperti yang di bilang oleh Melanie S. Djamil, salah seorang professor dan dokter gigi beliau mengatakan bahwa sikat gigi yang rusak atau bulu nya sudah pada rusak sebaiknya di ganti karena itu bisa menyebabkan pendarahan pada gusi atau merusak gusi.

Semoga bermanfaat.

Baca juga : Menjaga kebugaran dengan cara yoga pada saat bulan puasa 
                   Manfaat Buah Blewah Untuk Kecantikan dan Kesehatan 
                   Tips bibir cerah dengan bahan alami tanpa lipstik