Pernahkah kalian merasa malas memasak ikan karena pasti minyaknya akan meletup-letup. Letupan minyak panas tersebut tidak jarang membuat tangan atau bahkan wajah kita panas bahkan melepuh. Padahal ikan mengandung banyak gizi yang dibutuhkan tubuh seperti protein, lemak sehat, vitamin A, D, B6, B12, mineral dan yang pasti, omega 3. Pemerintah indonesia pun sudah menggalakkan konsumsi ikan melalui GEMARIKAN (Gemar Memasyarakatkan Makan Ikan) dan yang paling terngiang-ngiang di kepala adalah ujaran Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti, “jika tidak makan ikan, tenggelamkan!”.

Nah, jangan sampai hanya karena takut kena letupan minyak panas lalu kita tidak memasak ikan untuk hidangan sehari-hari. Hayo, nanti ditenggelamkan Menteri Susi Lho! Hahaha. Tidak perlu khawatir Wakulovers, karena ada tips yang bisa kalian lakukan agar saat masak ikan minyaknya tidak meletup. Jadi tidak perlu susah payah pakai helm dan sarung tangan seperti orang mau balapan motor. Ini dia tipsnya:

1. Baluri ikan dengan tepung
Tidak perlu dalam jumlah banyak, baluri tipis saja di seluruh permukaan ikan. Tepung akan menyerap sebagian air yang ada dalam ikan dan membuat minyak panas lebih kalem dan tidak meletup-letup.

2. Masukkan ikan saat minyak setengah panas
Setelah membaluri ikan dengan tepung, masukkan ikan saat minyak masih belum terlalu panas. Hal ini mengantisipasi dari letupan yang sangat besar dan memberi kesempatan kamu untuk menutup penggorengan.

3. Tutup penggorengan
Setelah menaruh ikan dalam penggorengan tutuplah dengan tutup wajan. Menggoreng ikan tidak perlu terlalu lama, cukup tunggu 2-3 menit lalu balik ikan dan tutup kembali. Tunggu 2-3 lagi menit lalu matikan api, angkat ikan dari penggorengan.

Begitu tipsnya Wakulovers. Mudah banget, kan? Bisa kalian praktikkan untuk masak ikan di rumah. Nah, tidak ada lagi alasan takut masak ikan karena masalah utamanya sudah berhasil kalian atasi. Perbanyak makan ikan ya Wakulovers! Kalau memang masih takut atau tidak sempat memasak, kalian bisa beli olahan ikan di Wakuliner seperti pampis manado, abon ikan dan lain-lain. Selamat mencoba!


Wakuliner, All in One Culinary App!
Jika kamu masih belum download aplikasi Wakuliner, yuk download di Play Store atau App Store sekarang juga.
Untuk keterangan lebih lanjut, Telepon : (021) 5421 5151 atau HP / WhatsApp : 0811 1738 777