Buat kamu para pecinta makeup, so pasti sudah gak asing dengan produk pembersih wajah "Micellar Water" kan? Produk ini booming banget di Indonesia sekitar dua tahun belakangan. Sebelum ke topik utama, aku mau menjelaskan apa sih micellar water itu dan apa saja manfaatnya untuk kulit kita? Siapa tau kalian ada yang suka pakai, tapi gak tau secara detail dengan produk micellar water.
 
Apa itu Micellar Water?
 
Seperti namanya "micellar water", bahan utama dari produk ini adalah air. Banyak orang bilang, micellar water adalah air miracle. Kenapa? Berbeda dengan produk pembersih wajah lain yang mengandung alkohol dan sabun, micellar water terdiri dari molekul minyak yang sangat kecil dan tersimpan di dalam air. Molekul minyak ini seperti miracle, sifatnya seperti magnet ketika diusapkan ke wajah. Selain debu dan kotoran, micellar water dapat menghapus makeup dan menyegarkan wajah juga. Karena formulanya itu, banyak pakar kecantikan meyakinkan bahwa micellar water adalah produk pembersih waqjah yang memilki resiko paling kecil terhadap alergi atau efek samping lainnya.
 
Gak aneh kan, sampai saat ini kenapa micellar water masih menjadi produk favorit untuk membersihkan wajah. Sekarang itu banyak sekali brand kecantikan yang ikut mengeluarkan produk micellar water. Gak usah bingung, karena aku ingin memberikan remokendasi micellar water yang sudah aku pakai dari tahun lalu dan tetap menjadi produk ter favourite~! To be honest, L'Oreal Micellar Water itu adalah produk micellar water pertama yang aku coba dan aku langsung sangat jatuh cinta dengan formula dan manfaat untuk kulit wajahku.
 
L'Oreal Micellar Water


 
L'Oreal Micellar Water hadir dalam dua varian, yaitu Refreshing (botol biru) dan Moisturizing (botol pink).  Diformulasikan dengan teknologi mutakhir produk ini diklaim dapat :
1.  Membersihkan wajah dari kotoran, sisa makeup, dan sel kulit mati.
2. Glycerin yang terkandung pada L'Oreal Micellar Water, dipercaya dapat melembabkan wajah dan melindungi kulit dari dehidrasi.
 
Refreshing  (Botol Biru)


 
Varian ini cocok untuk kulit normal cenderung berminyak - kombinasi. Dengan formula khusus 95% Fresh Mountain Water, produk ini dipercaya dapat membersihkan kotoran, sisa makeup, dan minyak berlebih pada wajah hanya dengan satu langkah. Selain itu, varian refreshing sangat aman untuk tipe kulit berminyak karena formulanya dapat membersihkan wajah secara lembut dan dapat memurnikan kulit wajah.


 
Untuk kalian yang mempunyai kulit normal cenderung berminyak, pilihlah pembersih wajah secara tepat. Karena, jika kita over membersihkan wajah dengan cleanser atau metode exfoliating untuk mengangkat sebum (minyak pada wajah) alhasil kulit wajah kita akan terkikis. Di situlah kulit menjadi rentan dan cepat timbul jerawat atau komedo.
 
Jadi, kalau kalian merasa sudah rutin membersihkan wajah dan exfoliating tapi masih sering muncul komedo atau jerawat. Coba cek ulang produk cleanser yang kalian pakai. Jangan sampai harapan awal ingin mengurangi minyak berlebih pada wajah, eh malah kulit menjadi terkikis dan gak sehat lagi.
 
❤ Moisturizing  (Botol Pink)


 
Kandungan Rose  Water Extract pada varian Moisturizing sangat cocok untuk kulit kering dan sensitif. Karena, bukan hanya sebagai cleanser, varian ini juga dapat menjaga kelembaban kulit secara alami.


 
Memilih cleanser untuk kulit kering ternyata sama pentingnya loh! Walaupun pemilik kulit kering jarang menemukan permasalahan dengan jerawat ataupun komedo, ternyata musuh utamanya yaitu penuaan dini dan iritasi. Jadi, cleanser merupakan peranan penting untuk menjaga kelembaban wajah.

Seperti varian L'Oreal Micellar Water Mouisturizing ini bisa menjadi rekomendasi untuk kalian yang memiliki kulit bertipe kering. Dirancang dengan formula khusus bukan hanya membersihkan kotoran di wajah, tapi produk ini dapat membuat kulit tetap lembab dan terhindar dari iritasi.

Kemasan

L'Oreal Micellar Water dikemas dalam botol plastik yang lumayan besar dengan tutup flip yang kencang dan gak mudah bocor. Warna tutupnya mengikuti varian dari micellar waternya. Di bagian tutupnya juga ada segel plastik bening untuk menjaga kualitas dari isi produk.



Di bagian kemasan botol bagian belakang terdapat jelas deskripsi produk dan cara penggunaannya. Volume satu botol produk yaitu 250ml (ada tulisan jelas di bagian bawah kemasan). Terdapat juga informasi expired date dan ingredients produk.




Honest Review 

Untuk tesktur dan hasil akhir dari produk ini menurutku gak ada bedanya sih, kedua nya super oke dikulitku. FYI, kulitku bertipe normal cenderung berminyak. Varian moisturizing (pink) sangat melembabkan di kulit, biasa aku pakai di malam hari sebelum menggunakan night cream. Sedangkan varian refreshing (biru) , biasa nya aku pakai di pagi hari sebelum menggunakan day cream. Sangat membantu membut kulitku tahan minyak seharian. Kulit tetap fresh sepanjang hari!



Menurutku formulanya yang hypoallergenic (alchol free dan fragrance free), menjadikan micellar water ini sahabat untuk kulit sensitif . Karena fragrance free, produk ini sama sekali tidak beraroma. Ini salah satu yang aku suka! Jadi kesannya, bener-bener seperti mengusap "air" ke wajah.

Bagus gak sih untuk makeup remover?

Untuk kemampuan membersihkan makeupnya juga sangat bagus. Aku coba mengoleskan produk yang sehari-hari aku pakai (eyeliner , eyebrow pomade , lipcream , eyeshadow liquid) dan semua produknya bisa dihapus oleh L'Oreal Micellar Water ini.



Bisa kalihan lihat foto di atas, semua noda makeup terhapus dengan sempurna. Selain itu, hasil akhirnya juga sama sekali gak membuat kulit berminyak dan kulit tetap terasa lembap.


         
Kegunaan lain dari L'Oreal Micellar Water :

Nah selain bisa digunakan sebagai makeup remover, ternyata L'Oreal Micellar Water ini mempunyai manfaat lain :
1. Membersihkan wajah sebelum menggunakan makeup.
2. Membersihkan wajah sebelum tidur.
3. Pelembab alami untuk kulit wajah.
4. Menyegarkan wajah.

Conclusion 

Nah, gak aneh kan dari dulu aku gak pernah pindah ke lain hati. Aku sudah rutin menggunakan L'Oreal Micellar Water dari tahun 2017 kemarin, dan sampai sekarang aku tetap re-purchase berkali-kali. Aku gak pernah kecewa dengan produk ini, malah bayak sekali dampak positif untuk kuli wajahku.

Satu botol L'Oreal Micellar Water juga sangat awet, hanya cukup beberapa tetes dituang ke satu kapas bisa menjangkau seluruh wajah. Teksturnya juga gak tau kenapa beda dengan beberapa merk lain, teksturnya itu sangat basah dan bener-bener kayak air biasa. Gak ada rasa lengket ataupun berat sama sekali!

Kalian bisa dapatkan L'Oreal Micellar Water di drugstore terdekat (Watsons dan Guardian) atau bisa juga kalian beli di e-commerce Indonesia.

Kalau kalian sudah coba, yuk share di kolom comment ya mana varian fav kalian?
Thanks for Reading! ❤