Bau keringat seringkali dianggap sebagai sesuatu normal yang dialami setiap orang. Tapi, keringat berlebih bisa menjadi hal yang memalukan jika sampai menimbulkan bau badan .

​​​​​​Memiliki bau badan tentu saja membuat kita merasa sangat tidak nyaman. Hal ini dapat mengganggu aktivitas dan tak jarang juga dapat menghancurkan kehidupan sosial kita. Selain itu, orang-orang di sekitar kita sudah pasti akan merasa tidak nyaman dan terganggu oleh aroma tidak sedap yang keluar dari tubuh kita.

Seperti kebanyakan mengonsumsi minuman berkafein, konsumsi obat-obatan tertentu, makanan pedas dan dehidrasi. Bahkan memakai pakaian ketat, stres dan tegang juga ikut memicu bau badan.

Perubahan hormon pada remaja yang mengalami pubertas juga dapat menyebabkan bau keringat tak sedap. Pada kondisi yang parah, pemakaian deodoran saja tidak akan mampu menghalau bau mengganggu tersebut.

Sumber bau badan yang muncul biasanya berasal dari produksi keringat yang berlebih. Untuk mengeliminasi bau ini, banyak orang yang menggunakan parfum agar bau tubuhnya menjadi wangi. Namun kenyataannya, parfum hanya dapat menjadi solusi sementara.

​Kunci paling penting adalah menjaga kebersihan tubuh, yang dibantu dengan pemakaian beberapa obat-obatan. Tak perlu mahal, karena kalian bisa mencobanya sendiri di rumah seperti yang dilansir berikut ini :

1. Seka keringat sesering mungkin

Adanya keringat berlebih yang menumpuk menciptakan kondisi lembab pada kulit sehingga menjadi tempat pertumbuhan yang baik untuk bakteri, apalagi bila kulit tersebut tertutup rapat oleh pakaian dan tidak terpapar oleh udara luar.

Bakteri ini akan mengeluarkan senyawa yang menimbulkan bau badan tidak sedap. Oleh karena itu, seka keringat sesering mungkin dengan tisu, sapu tangan, atau handuk kering untuk mencegah bakteri penyebab bau badan tinggal dan bersarang.

2. Pakai baju yang dapat menyerap keringat dengan baik

Baju seperti ini biasanya berbahan dasar katun. Hal ini akan membuat keringat tidak terus menempel pada tubuh sehingga pertumbuhan bakteri penyebab bau badan dapat dicegah.

3. Mandi dengan menggunakan sabun anti bakteri

Mandilah secara teratur pagi dan sore hari dengan menggunakan sabun anti bakteri yang mengandung senyawa aktif triclosan. Senyawa ini akan membantu membunuh kuman/ bakteri yang menempel pada kulit tubuh.

Gosoklah dengan telaten terutama di bagian ketiak dan sela-sela jari kaki di mana sumber bau badan paling sering muncul. Anda juga disarankan mandi setelah menjalani aktivitas atau olahraga yang membuat tubuh Anda mengeluarkan keringat berlebih.

Mengingat sifat sabun antibakteri yang cenderung membuang kulit kering, disarankan juga untuk memakai lotion setelah mandi. Hal ini akan membantu menjaga kulit Anda tetap lembut dan menghilangkan bau badan Anda.

4. Gunakan anti perspirant

Sebelum Anda beraktivitas, gunakan anti perspirant pada tubuh Anda terutama pada ketiak dan sela jari kaki. Sekilas anti perspirant mirip dengan deodorant, tetapi ternyata keduanya memiliki kandungan yang berbeda.

Anti perspirant mengandung bahan aktif terutama zat aluminium yang dapat menghambat pengeluaran keringat, sedangkan deodorant memiliki kandungan yang hanya bersifat menyegarkan dan memberi keharuman pada tubuh Anda.

Namun, sekarang ini telah banyak produk deodorant yang juga merangkap sebagai anti perspirant. Oleh karena itu, Anda perlu cermat dalam memilih deodorant yang akan Anda gunakan.

5. Aplikasikan sari lemon

Selain wanginya yang menyegarkan, sari lemon memiliki senyawa sebagai agen anti bakteri yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit penyebab bau badan.

a) Ambil 1 buah lemon dan ambil sarinya.
b) Oleskan sari lemon terutama di bagian ketiak dan sela jari kaki.
c) Diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas dengan air bersih.
d) Lakukan cara ini 2 hari sekali untuk menghilangkan bau badan secara permanen.

6. Gunakan baking soda

Dapat mengurangi bau badan karena dapat menyerap kelembaban kulit dan membunuh bakteri penyebab bau badan.

Cara kerjanya seperti deodoran alami. Campurkan masing-masing satu sendok makan, baking soda dan perasan lemon. Terapkan di bagian ketiak yang berkeringat dan diamkan selama beberapa menit selama beberapa minggu.

7. Menggunakan Cuka Apel

Sifat anti bakteri di dalamnya melawan pertumbuhan bakteri, serta membantu menghilangkan bau badan dengan menyeimbangkan tingkat pH kulit.

Rendam bola kapas dalam cuka apel dan gosokan pada ketiakmu, Tunggu selama 2-3 menit dan lanjutkan dengan membersihkan badan. Untuk hasil maksimal lakukan 2 kali sehari, sebelum tidur dan pagi hari menjelang mandi.

8. Manfaatkan Air Mawar

Kandungan di dalamnya bersifat menenangkan untuk menghilangkan bau ketiak. Oleskan beberapa tetes air mawar di bawah lengan untuk menghilangkan bau keringat. Alternatif lain dapat meneteskan air mawar ke dalam bak mandi untuk kesegaran tahan lama.

9. Aplikasikan Tomat

Keasaman tomat dapat membunuh bakteri penyebab bau, sekaligus mengecilkan pori-pori. Secara otomatis ini akan mengurangi bau badan.

Ekstrak bubur tomat dapat langsung dibalurkan di bagian ketiak. Biarkan selama 15 menit, lalu bersihkan dengan air dingin.

10. Daun Seledri

Mengejutkan, namun seledri merupakan obat herbal terbaik untuk mencegah bau badan. Lumatkan beberapa lembar daun seledri dan ekstrak menjadi jus. Gosokan langsung pada ketiak setelah mandi, biarkan kering dan bilas hingga bersih.

Cara kerja lainnnya, masukkan daun seledri ke dalam panci berisi air, lalu rebus selama 5 menit kemudian minum air tersebut sebagai obat ampuh mengatasi bau badan dari dalam. Minum secara rutin sebelum tidur tiap hari sampai bau badanmu berkurang.

Perlu kamu ketahui daun seledri kaya akan manfaat lain selain menghilangkan bau badan juga baik untuk kesehatan ginjal dan beragam khasiat lainnya.



Oke sahabat Glow, sekadar itu tips yang bisa saya bagi semoga bermanfaat yah! ^__^


https://ggwpglowposblogger.wordpress.com/2019/05/27/mengatasi-bau-badan-dengan-ampuh-secara-alami-bisa-kamu-lakukan-sendiri-di-rumah/