Ada yang mau main ke Jatim Park? mau tips liburan ke Jatim Park? πŸ™‚

Jatim Park adalah salah satu tempat rekreasi keluarga yang hits di Indonesia, berdiri dari tahun 2001. Lokasinya terletak di kota Batu, berjarak kurang lebih 20 km dari kota Malang; 103,4 km dari kota Surabaya.

Tempat rekreasi ini sangat luas, dan terdiri dari 3 bagian : Jatim Park 1, 2 dan 3. Wahana yang tersedia beraneka ragam. Mulai dari Museum, Kebun Binatang, Taman Agrowisata, game VR, hingga wahana jaman pra sejarah. Kualitas wahana yang dimiliki oleh Jatim Park pun boleh dibilang sudah standar nasional, nyerempet internasional.

Lebay? enggak juga ya. Karena kalau dibandingin dengan Dufan-misalnya-Jatim Park ini ga kalah keren. Jadi kalau anda masih ragu apakah worth it pergi liburan ke Jatim Park buat keluarga? maka saya bilang it’s VERY WORTH to visit.

Saya sudah 2 kali mengunjungi Jatim Park 2. Sedangkan Jatim Park 3 karena baru diresmikan tahun 2018, baru sekali saya kunjungi pada bulan Maret 2019 kemarin.

Tapi saya belum pernah ke Jatim Park 1 nih. Mungkinkah ini tanda-tanda kalau kami disuruh liburan ke Batu lagi someday? *maunya.

Dua kali kesini, saya bisa menuliskan beberapa tips ala saya supaya kita bisa lebih asik berwisata di kawasan Jatim Park. Namun karena saya baru ke Jatim Park 2 dan 3 saja (dan Jatim Park 1 belum pernah), maka tips-tips ini lebih relatable di kedua kawasan tersebut. Disimak tips liburan ke Jatim Park berikut, yuk yuk!

Low Season

Museum Satwa Jatim Park

Mengunjungi Jatim Park ketika low season bisa sangat menguntungkan. Selain harga hotel dan transportasi yang tidak semahal tarif ketika peak season, kita juga terhindar dari antri berlama-lama dan penuh sesak ketika akan membeli tiket di loket.

Lhaaa tapi kalau bisanya cuma pas high season gimana dong? ya gpp juga hahaha.

Namun hal yang perlu diantisipasi lebih ketika peak season adalah stamina orang tua dan anak. Sarapan sebelum anda bepergian, dan tingkatkan kewaspadaan akan anak-anak di Jatim Park yang padat pengunjung.

Tiket pesawat : jika anda datang dari daerah luar pulau Jawa dan ingin naik pesawat untuk berwisata ke Jatim Park, lebih baik bandingkan terlebih dahulu biaya pesawat dari kota anda ke Malang atau dari kota anda ke Surabaya.

Jika tarif lebih menguntungkan jika ke Surabaya, lebih baik anda ambil penerbangan ke Surabaya untuk selanjutnya menyewa mobil hingga ke Batu. Tarif sewa kendaraan dari bandara di Surabaya hingga ke Batu sekitar 350-500 ribu (dengan sopir).

Pembelian Tiket

Tiket Jatim Park

Untuk Jatim Park II ada tiket yang dijual per wahana dan ada yang terusan (jadi satu tiket bisa ke Museum Satwa, Batu Secret Zoo dan Eco Greenpark). Kalau anda ragu-ragu mau pilih yang mana, saran kami ambil ketiganya because they are worth it to see!

Saran urutan adalah kita masuk dulu ke Batu Secret Zoo, Museum Satwa (di dalam museum ini ada Musholla jadi anda bisa sekalian salat disini), baru ke Eco Greenpark.

Jam buka Jatim Park II adalah jam 10 pagi. Jika kita mengambil tiket terusan, kita bisa selesai mengunjungi ketiga bagiannya ketika sore hari. Jadi yes, butuh seharian disini.

  • Jatim Park II
  • Alamat : Jl. Oro-Oro Ombo No.9, Temas, Kec. Batu, Kota Batu, Jawa Timur 65315
  • Telp : (0341) 5025777
  • Harga Tiket Masuk : Rp.95.000 (weekdays); Rp.125.000 (weekend)
  • Website : https://jtp.id/batusecretzoo/
  • Waktu Operasional : Pk.10.00 – Pk.18.00

Jalan Jauh

Jalan jauh di Jatim Park

Mengunjungi Jatim Park berarti sudah siap kaki bakal digeber jalan jauh. Contohnya Batu Secret Zoo itu luasnya 14 hektar, lho. Karena itu pertimbangkan kembali jika ingin menggunakan high heels atau sepatu yg kelihatan keren tapi bikin kaki lecet. Pakai flat shoes atau sneakers menurut saya paling nyaman. Intinya pilihlah alas kaki yang nyaman.

Note : bawa sunglasses atau topi juga bisa menguntungkan untuk menghalau sinar matahari yang terik.

Saran : Pakai t-shirt lebih lega mengingat kebanyakan wahana Jatim Park berada di outdoor. Jadi kita perlu pakaian yang adem dan mudah menyerap keringat. Anak-anak sebaiknya menggunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman.

Makan dan Minum

Tips liburan ke Museum angkut

Tak perlu membawa makanan dan minuman berlebihan sehingga kita dibebani dengan ransel yg beratnya ampun-ampunan. Believe me, jalan sejauh itu rasanya bisa tepar kalau membawa tas yang berat.

Siapkan saja sejumlah uang lebih untuk membeli makan dan minum di dalam wahana. Karena di dalam Jatim Park tersedia banyak penjual makanan dan minuman dengan harga yang cukup wajar.

Pembelian makanan dan minuman di kawasan Jatim Park II, Dino Park dan Museum Angkut menggunakan kartu yang kita bisa kita top up. Untuk kemudian Sisa uang di kartu bisa dicairkan kembali.

Ada banyak pilihan makanan dan minuman di dalam komplek Jatim Park. Mulai dari nasi rawon, fried chicken, bakso, es krim, burger, sosis dll.

Pakai e-bike lebih lega

Tips liburan ke eco green park

Tips liburan ke Jatim Park lainnya adalah, di gerbang masuk Zoo, Taman agrowisata dan Dino Park, akan kita temui penawaran untuk menggunakan e-bike (motor elektrik) yg dapat anda gunakan di dalam Jatim Park dengan tarif Rp. 100.000/e-bike.

Pakai e-bike sangat membantu agar kaki rasanya kayag mau lepas tidak mudah lelah. Memang agak mahal ya, tapi satu e-bike bisa digunakan untuk 2 orang (1 dewasa, 1 anak2).

Dan menurut saya yang sudah coba berjalan kaki dari awal sampai akhir di Batu Secret Zoo, pakai e-bike jelas lebih melegakan.

Jika di awal kita merasa belum ingin naik e-bike, catat saja nomor telpon yg tersedia. Jadi ketika di tengah perjalanan kita ingin naik e-bike, petugas akan mengantarkan e-bike langsung ke posisi kita.

Menginap di kawasan Jatim Park

Jadwal Shuttle gratis Jatim Park

Jatim Park II memiliki hotel pohon dan di Jatim Park III ada hotel Senyum World. Jika anda menginap di kedua hotel tersebut, hal ini lebih menguntungkan karena kita bisa mendapatkan potongan harga ke wahana Jatim Park, dan transportasinya juga gratis.

Dari Jatim Park I, II dan III ada shuttle gratis yang selalu siap sedia di depan Jatim Park, yang memang khusus disediakan untuk pengunjung. Kita bisa menggunakan ini untuk pergi dari Jatim Park 1 ke Jatim Park 2, ke Jatim Park 3, Museum Angkut dan lainnya.

Baca ini yuk! : Hotel Keluarga di Batu Malang : Senyum World Hotel Jatim Park 3

Jatim Park 3

Dino Park Batu Malang

Jatim Park 3 buka sekitar jam 11 pagi. Untuk wahana pertama, kita bisa lebih dulu ke Dino Park. Kenapa? hal ini untuk mengantisipasi antrian naik kereta untuk ke jaman pra sejarah. Bingung? nanti paham sendiri kalau sudah kesini hahaha

Wahana Dino Park juga perlu jalan kaki yang jauh. Tapi bisa pesan e-bike kalau anda mau. Di dalam komplek Dino Park juga tersedia restoran, dan makanan dengan harga terjangkau.

Karena kawasan Jatim park 3 berada di kompleks Dino Mall. Jadi di luar wahana juga banyak yang menjual makanan dan minuman. Di sini juga ada sentra oleh-oleh Java.

  • Jatim Park 3
  • Alamat : Jl. Ir. Soekarno No.144, Beji, Kec. Junrejo, Kota Batu, Jawa Timur 65236
  • Waktu Operasional : Pk.11.00 – Pk. 21.00
  • Telp : (0341) 5103030
  • HTM : Fun Tech Rp.300.000 (weekday) Rp.40.000 (weekend) | Dino Park Rp.75.000 (weekday) Rp.100.000 (weekend) | The Legend Star Rp.75.000 (weekday) Rp.100.000 (weekend) | Galeri Musik Dunia Rp.37.000 (weekend) Rp.50.000 (weekday) | Terusan legend circus dunia, Terusan Dino Circus Magic Rp.110.000 | Terusan legend miracle, terusan Dino Circus Magic, Terusan Legend MIracle, Terusan Legend Star dan Museum Musik, Terusan Dino Museum Musik, Terusan Legend Funtech, Terusan Dino Miracle, Terusan Dino Funtech Rp. 120.000 | Terusan Dino Legend Rp.170.000

Jangan lupa ke Museum Angkut!

Museum Angkut Batu Malang

Museum Angkut meskipun bagian dari Jatim Park, tapi letaknya di luar kompleks Jatim Park. Jadi kita musti naik kendaraan lagi ke sana. Kalau anda berangkat dari Jatim Park 1, 2 dan 3, ada shuttle gratis untuk ke sana.

Museum Angkut berlokasi di lereng Gunung Panderman dan termasuk museum yang paling tidak membosankan yang pernah kami kunjungi. Bisa dikatakan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sangat terhibur jika ke Museum ini. Apalagi di kawasan museum ini juga terdapat pasar terapung. Dimana terdapat banyak kios-kios yang menjual panganan khas Batu dan Malang, jugaΒ  jadi jangan lewatkan berkunjung ke sana, ya!

Tips : jika kita membawa kamera selain kamera hp, maka dikenakan biaya tambahan dan tiket khusus kamera. Terakhir ke Museum Angkut saya membawa kamera go pro saya dan sangat puas dengan hasil foto yang didapat :). Saran : mending bawa kamera!

Di dalam Museum Angkut juga tersedia jajanan ringan dan minuman, jadi jangan takut anak-anak kehausan. Dengan landscape indoor dan outdoor yang dimiliki Museum Angkut, menggunakan pakaian selain t-shirt pun tak masalah.

  • Museum Angkut
  • Alamat : Jl. Terusan Sultan Agung No.2 Kota Batu, Jawa Timur 65314
  • Buka jam 12 siang, htm Rp.100.000/orang
  • Ada tiket untuk kamera Rp.30.000/kamera

Itulah sejumlah tips yang bisa saya tuliskan tentang berwisata ke Jatim Park. Jika ada yang ingin ditambahkan bisa ditulis di kolom komentar ya. Selamat liburan! πŸ™‚

Advertisements