Sabun menjadi salah satu benda yang sangat familiar dalam kehidupan manusia. Bagaimana tidak, setiap kali mandi tentu saja anda akan membutuhkan sabun. Sabun juga menjadi benda dengan aromanya yang wangi dan khasiatnya yang membersihkan. Namun perlu anda tahu bahwa ada banyak sekali macam-macam sabun yang ada di sekitar anda. Untuk itu anda harus cermat memilih sabun berdasarkan khasiatnya.

Sabun yang aromanya sangat harum secara umum, tidak melulu memiliki khasiat yang cocok dengan tubuh tiap orang. Hal ini mengingat ada banyak sekali jenis atau macam-macam sabun yang ada. Setiap macam sabun ini sudah tentu memiliki khasiat yang berbeda-beda. Sehingga tidak bisa secara sembarangan digunakan untuk segala kebutuhan yang bertujuan untuk membersihkan.

Macam-Macam Sabun Secara Umum

Secara umum ada banyak sekali jenis atau macam dari sabun yang biasa diigunakan oleh masyarakat. Lebih tepatnya berikut ini bisa anda simak beberapa bentuk atau aneka macam sabun yang ada. Diantaranya adalah :

Sabun cair

Secara kehigienisan sabun cair memang merupakan pilihan yang terbaik untuk digunakan. Baik itu sabun mandi/sabun badan, sabun mencuci tangan, maupun sabun wajah. Dikatakan lebih higienis karena memang sabun ini terbungkus dengan rapi dalam sebuah botol atau kemasan untuk cairan sabun. Dengan begitu sabun bisa digunakan lebih dari satu orang dengan tangan dan jenis kulit yang berbeda-beda tentunya. Dengan kemasannya yang aman dan tertutur pun dapat menjadikan sabun cair lebih terlindungi dari kandungan udara buruk yang ada di sekitarnya.

Sabun balok atau sabun padat

Sebelum maraknya sabun cair yang digunakan masyarakat saat ini, sabun padat menjadi bentuk sabun yang banyak dipakai oleh masyarakat luas. Bahkan sampai sekarang pun masih banyak orang yang menggunakan jenis sabun padat ini. berbeda dengan sabun cair, sabun padat biasanya tidak memiliki kemasan yang tertutup saat sabun dibuka dari bungkusnya. Hal ini karena memang sabun padat lebih banyak membutuhkan udara saat dibuka dan dipakai ke badan. Jika dibiarkan dalam tempat tertutur dan pengap, sabun padat bisa berubah bentuk lebih mengental seperti cairan kental yang membusuk. Dan tentu saja membuat pemakainya menjadi tidak nyaman. Meskipun terbilang lebih murah dan lebih awet masa habisnya, sabun padat terbilang tidak sehigienis sabun cair.

Sabun shower oil

Jenis sabun yang satu ini memang hampir sama dengan sabun cair karena memang bentuk atau tekturnya adalah cair. Hanya saja sabun semacam shower oil ini lebih lembut dan mengandung banyak minyak sabun dibandingkan sabun cair biasa. Sabun shower oil ini lebih diutamakan untuk dipakai pada jenis kulit yang sensitive. Hal ini karena memang kandungan pH yang dimiliki jenis sabun oil ini adalah netral dan aman digunakan pada kulit sensitive.
Sabun scrub. Sabun scrub artinya jenis sabun ini mengandung scrub yang banyak. Hampir sama dengan lulur. Sabun scrub menjadi pilihan yang tepat untuk anda yang ingin lebih menjaga kelembutan dan kecantikan kulit.

Sabun padat transparan

Hampir sama dengan sabun padar biasa, sabun padat transparan ini juga tidak memiliki kemasan yang khusus saat di gunakan. Namun sabun transparan kini banyak digunakan oleh masyakat karena dipercaya khasiatnya lebih bagus dibandingkan jenis sabun lainnya. selain khasiatnya yang optimal, sabun transparan juga biasanya dijual dengan harga yang sedikit lebih mahal dan sebanding dengan kualitasnya. Sabun transparan adev natural merupakan brand kecantikan legal yang saat ini mulai mendapat tempat d hati masyarakat Indonesia.

Dalam memilih sabun yang ada bermacam-macam jenisnya tersebut, anda juga harus bijak memperhatikan jenis kulit yang anda miliki. Hal ini karena jika anda salah memilih sabun untuk jenis kulit anda maka hal tersebut justru akan merusak kulit anda sendiri. Jadi, gunakan sabun yang sesuai demi kesehatan dan kecantikan kulit anda.