Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat penting bagi tubuh kita. Mineral ini berperan penting dalam lebih dari 300 fungsi tubuh, termasuk keterlibatannya dengan mekanisme enzim dalam menjaga keberlangsungan sistem tubuh kita. 




Magnesium yang ada dalam tubuh kita adalah 60% ditemukan dalam tulang, 1% dalam darah dan 39% dalam jaringan tubuh. Secara umum magnesium berfungsi untuk mengendurkan atau relaksasi syaraf dan otot, membangun dan memperkuat tulang. Perannya dalam merelaksasi syaraf dan otot berakibat pada meningkatnya kesehatan jantung. Dan gaya hidup memiliki andil yang cukup besar dalam ketersediaan magnesium dalam tubuh.

Kekurangan magnesium dapat menyebabkan beberapa keluhan kesehatan, yang paling mudah kita kenali gejalanya adalah lekas marah, depresi, mual, muntah, pusing, gugup . Untuk lebih jauh mengenalinya yuuk...

Simak beberapa gejala berikut ini:

Tekanan Darah Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi yang merupakan penyebab utama stroke, yakni berkurangnya pasokan darah ke otak dan menyebabkan kerusakan sel sel otak, merupakan salah satu indikasi bahwa tubuh kita mengalami asupan kalsium di bawah standar yang di perlukan oleh tubuh.
Kekurangan magnesium dapat menyebabkan ketidakteraturan detak jantung, sehingga arteri menjadi tidak lentur akibatnya tekanan darah meningkat dan memicu penumpukan gumpalan gumpalan yang dapat menyumbat arteri dan akhirnya menyebabkan serangan jantung atau stroke.
Asupan magnesium yang tepat membantu menurunkan tekanan darah dan melebarkan arteri, sehingga dapat menurunkan resiko stroke hingga 8%.





Insomnia

Kekurangan pasokan magnesium dalam sistem tubuh kita akan menyebabkan kram otot malam hari dan insomnia. Dalam kolaborasinya dengan kalsium, magnesium membantu melemaskan otot otot dan menenangkan syaraf kita, sehingga membuat tidur malam kita menjadi berkualitas





Migrain

 Sebuah studi menyatakan bahwa orang yang mengalami migrain memiliki kadar magnesium yang cukup rendah dalam tubuhnya, dan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa 42% orang yang mengkonsumsi magnesium dapat mengurangi intensitas migrain mereka bahkan mengurangi ketergantungan terhadap obat obatan untuk meredakan migrain.







Oteoporosis 

Magnesium dalam kolaborasinya bersama kalsium dan fosfor, memiliki kontribusi penting dalam stuktur fisik tulang karena menjadi kisi kristal tulang. Dan tulang merupakan salah satu tempat penyimpanan magnesium jika tubuh membutuhkannya.
Meskipun kaslium merupakan unsure utama pembentuk tulang, namun kita tidak boleh mengabaikan mineral lain dalam hal kesehatan tulang tersebut, karena dalam jumlah besar justru akan menghilangkan magnesium.





Untuk mencegah kekurangan magnesium kita dapat mengkonsumsi makanan makanan yang dapat memasok magnesium untuk tubuh kita seperti gandum utuh, kacang almond, kacang mete, sayuran berdaun hijau dan coklat dengan kakao konsentrasi tinggi atau berkualitas.



Sangat penting untuk mengetahui nutrisi yang di butuhkan tubuh kita. Pastikan asupan nutrisi sesuai dengan kebutuhan tubuh kita atau kita akan berurusan dengan masalah kesehatan. Salah satu nya adalah kebutuhan tubuh akan magnesium. Dengan mengetahui gejala yang di akibatkan dari defisiensi nya akan membuat kita lebih fokus dalam menjaga keseimbangan sistem tubuh kita agar menjadi lebih baik.