sumber : wajibbaca.com

Mengenakan sepatu yang salah tentu saja akan berdampak buruk bagi kesehatan kaki dan kenyamanan kamu saat mengenakannya. Terkadang tidak terlalu pethatian dengan sepatu yang kamu kenakan apakah memang masih bisa kamu kenakan atau sebaiknya kamu mengganti sepatu kamu. Oleh karena itu, kamu harus mengathui tanda kalau kamu mengenakan sepatu yang salah :

1. Umur sepatu sudah lama
Maksudnya sudah berapa lama kamu membeli dan selalu mengenakan sepatu tersebut. Pasti ukuran kaki dan lebar kaki selalu berubah dari waktu ke waktu, misalnya kamu mengenakan sepatu tersebut sejak beberapa tahun yang lalu tetapi sampai sekarang sepatu tersebut tetap awet dan kamu masih mengenakan sepatu tersebut. Disarankan kamu mengenakan sepatu yang sama lamanya sekitar setahun setelah itu lebih baik kamu membeli sepatu yang baru sebab dalam setahun pasti ukuran kaki kamu akan berubah.

2. Jari kaki tidak lurus saat memakai sepatu
Ini tanda yang bisa kamu rasakan sendiri, jika saat memakai sepatu kamu merasa jari kaki tidak bisa lurus dan mulai menekuk itu berarti sepatu tersebut sudah tidak bisa kamu gunakan sebab pertambahan ukuran kaki kamu. Jangan paksakan mengenakan sepatu tersebut walaupun sepatu tersebut masih bagus dan pantas.

3. Telapak kaki sakit
Saat kamu tengah berjalan lalu merasakan telapak kaki sakit dan nyeri itu bisa jadi pertanda kamu tengah salah mengenakan sepatu. Kemungkinan sepatu yang kamu kenakan sudah tidak cocok lagi kamu kenakan. Tidak hanya telapak kaki, jari kaki akan ikut sakit dan lecet jika tetap memaksakan mengenakan sepatu yang sempit. Kuku kaki pun bisa mengalami memar, berubah warna menjadi hitam dan patah.

4. Telapak sepatu menipis
Telapak septum yang sudah tidak tebal lagi alias menipis termasuk pertanda kalau sepatu tersebut telah kamu kenakan. Jika kamu masih tetap mengenakan sepatu tersebut pasti telapak kaki akan merasa sakit apalagi kamu berjalan jauh dan berjalan di tempat yang tidak datar misalnya penuh bebatuan.