Welcome to my blog

Hay blogger.wah gak terasa kita sudah sampai dihari ke 11 untuk puasa dan challenge dari BPN. Tema hari ke 11 ini yaitu berhubungan sama panci,kok bisa,iya yang mau kita bahas ini panci serba guna,panci tekanan tinggi yaitu panci presto.

Kalau dengar kata panci presto apa yang kalian bayangkan? Kalau aku bayangin biasanya dipake untuk mempresto bandeng,tahu kan ya ikan bandeng itu durinya banyak banget,kecil-kecil pada seluruh tubuhnya. Banyak yang gak mau makan kalau gak dipresto tapi kalau dipresto lahap banget makannya sama nasi anget plus sambel kecap.

Tapi sekarang panci presto gak hanya buat bandeng ya,sekarang juga bisa buat ayam,ceker ayam,daging,kentang,kacang,bahkan lontong atau ketupat,nah sesuai tema kali ini, yaitu masak ketupat pakai panci presto. Sebelumnya aku mau kasi tahu kalau panci presto itu banyak jenisnya,dan juga ukurannya. Ada panci presto yang ukurannya 4liter,8liter dan ada juga yang 12 liter. Selain itu juga ada panci presto yang tutupnya kaca ini aku suka banget karena kita bisa lihat bahan yang kita masak,kalo yang keluaran dulu lebih ke butek jadi gak bisa lihat,selain itu juga bahannya terbuat dari teflon yang sangat bagus untuk bahan cepat matang,anti gores dan anti karat dan yang pasti mudah dibersihkan.

Cara kerja panci presto itu dengan mengandalkan tekanan uap yang tinggi sehingga mempercepat proses pematangan bahan. Jadi, setelah kita masukkan bahan jangan lupa ditutup dengan tutup yang dirancang sangat tidak akan bocor, setelah gagang tutup kita pertemukan dengan gagang panci maka akan berbunyi klik yaitu seperti magnet yang sudah melekat,jangan pernah buka panci saat sedang masak,jika bunyi dari katup dan berputar itu artinya bahan sudah mulai diproses masak,bunyinya sangat berisik yaitu seperti orang ngosek lantai kamar mandi hehe.


MEMASAK KETUPAT PADA PANCI PRESTO

1. Siapkan ketupat yang sudah diisi beras.

2. Taruh ketupat dalam panci presto,isi air jangan penuh melebih batas panci.

3. Mulai tutup panci dan tunggu berbunyi.

4. Masak kurang lebih 30 menit saja.kalau biasanya ibuku pakai panci biasa bisa sampai 5 jam,boros elpiji dan juga buang waktu ya. Tapi kalo pake panci presto semua jadi cepat.

5. Matikan kompor dan biarkan panci presto sampai benar-benar dingin lalu dibuka.

6. Selesai. Ketupat siap disajikan dengan opor atau kare.

Waw gimana,lebih cepat kan masak pakai panci presto, cocok buat kita yang sibuk. Tapi,tiap merk presto beda cara kerjanya,jadi pilihlah panci presto yang berkualitas bagus.

salam.