Daging sapi adalah salah satu bahan makanan yang paling mudah dan paling banyak untuk variasi menunya. Mulai dari soto betawi, sate, semur, rendang, sop, rawon dan lain sebagainya. Daging sapi tersebut harus dimasak sampai empuk, supaya saat menikmatinya tidak terlalu susah. Apalagi untuk yang memiliki permasalah gigi geraham yang sudah rusak atau tidak bekerja sesuai fungsinya. Daging sapi harus dimasak menggunakan panci presto supaya cepat empuk. Sebelum memiliki panci presto, saya harus tahu cara menggunakan panci presto tersebut untuk memasak daging sapi supaya cepat empuk.




Memasak daging sapi supaya cepat empuk dengan menggunakan panci presto memang menjadi salah satu cara. Tetapi sebetulnya ada beberapa cara yang pernah saya coba untuk mengempukkan daging. Salah satunya adalah dengan memasukkan sendok atau garpu stainless ke dalam panci yang digunakan untuk merebus daging. Hasilnya memang daging menjadi empuk dan proses memasaknya tidak begitu lama. Namun yang menjadi kekhawatirannya adalah amankan sendok atau garpu tersebut masuk ke dalam rebusan daging. Jadi, saya masih berikhtiar untuk membeli panci presto.


Panci presto adalah suatu alat masak yang menggunakan sistem tekanan sangat besar. Tekanan ini berasal dari uap air yang dipanaskan di dalam panci yang tertutup rapat. Karena panci tertutup rapat, maka tekanan uap air tidak dapat keluar dari panci. Hal ini menyebabkan uap air terjebak dalam panci. Uap air inilah yang akan mempengaruhi makanan di dalam panci supaya cepat matang tanpa merusak teksturnya. Sebetulnya saya masih agak khawatir menggunakan panci presto, karena diwanti-wanti oleh teman supaya hati-hati saat menggunakan panci presto.

Cara menggunakan panci presto untuk memasak daging supaya cepat empuk memang harus diketahui sebelum menggunakan. Ada beberapa kasus yang mengakibatkan kerusakan pada panci karena ketidaktahuan menggunakan panci presto. Saya akan tulis di sini untuk informasi bersama, minta tolong ditambahin juga ya, kalau ada yang kurang. 
  1. Perhatikan kebersihan panci presto sebelum digunakan, baik bagian luar maupun bagian dalam. Sebelum digunakan panci presto harus bersih
  2. Perhatikan bagian tutup dan panci, apabila ada yang rusak segera ganti. Terutama bagian gasketnya. 
  3. Memasukan air sesuai petujuk yang ada. Apabila menggunakan tatakan, sebaiknya letakkan tatakan terlebih dulu baru kemudian air dan makanannya.
  4. Memasak menggunakan panci presto tidak boleh ditinggal. Kecilkan api apabila telah tercapai tekanan yang dibutuhkan.
  5. Membuka tutup panci presto juga harus diperhatikan. Tidak boleh ada pemaksaan. Cara paling aman tetapi lama adalah dengan meletakan panci presto jauh dari sumber api. Biarkan dalam waktu 10 hingga 20 menit untuk tekanan dalam panci turun dengan sendirinya. 
Kesimpulannya adalah panci presto merupakan alat masak yang digunakan untuk mematangkan masakan lebih cepat. Bahan makanan yang sering dimasak menggunakan panci presto adalah daging. Daging dimasak menggunakan panci presto supaya lebih cepat empuk dan saat menikmatinya tidak kesulitan. Namun ada beberapa teman dan saya juga merasa ragu dan khawatir apakah bisa menggunakan panci presto tersebut.

Ternyata sebelum menggunakan alat masak apapun memang harus memahami petujuk dan cara menggunakannya. Sebelum menggunakannya sebaiknya mengerti terlebih dulu cara menggunakan panci presto, supaya terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Bagaimana sudah siap membeli panci presto? kabari saya ya, saya juga sedang ikhtiar nih untuk membeli panci presto. Apalagi sudah mengetahui cara menggunakan panci presto untuk memasak daging supaya lebih cepat empuk.