Assalamualaikum,
Ada yang sering keluar dimalam hari gak? saya termasuk jarang sih, tapi untuk makan diluar hari biasanya memang hanya diwaktu malam, karena suami terkadang waktunya bisa hanya di malam hari, tapi sedihnya kadang moment yang jarang itu malas saya abadikan karena kualitas gambar smartphone saya dulu yang kadang buruk dan hasilnya yang kadang bikin seram hehehe. Entah makannanya yang berubah warna atau hasil yang selalu gelap, ngerinya kadang, mata kita berubah warnapun karna mungkin menggunakan flash yang mungkin tidak sesuai dengan kondisi ruangan.

Tapi Malam hari tidak selalu identik dengan hal yang menyeramkan, jika saya kadang lebih sering memotret di dalam ruangan pada malam hari, tapi sering juga pengen banget motret di luar ruangan jika kadang kita mendapatkan resto yang viewnya lebih kece jika makan di spot luar, pemandangan alam di malam hari kenyataannya sangat indah loh! Maka dari itu, tidak heran kalau banyak orang yang suka menjadikan alam di malam hari sebagai objek foto. Nah, kali ini saya ingin membahas bagaimana cara menyiasati kesulitan memotret di malam hari menggunakan smartphone Android.

Biasanya, memotret di malam hari menggunakan smartphone akan menemui banyak kendala, misalnya kurang pencahayaan atau spesifikasi kamera yang kurang mendukung. Semua itu tidak jarang akan membuat hasil foto jadi tidak maksimal. Terkadang sebagian orang akan menggunakan flash sebagai jalan keluar pencahayaan yang minim. Tapi, sayangnya penggunaan flash bukan solusi terbaik untuk memotret di malam hari.

Untuk itu, saya coba mengumpulkan beberapa tips dari berbagai sumber dan membagikan beberapa tips memotret di malam hari dengan smartphone Android, agar hasil fotonya maksimal.

  • Gunakan Modus HDR

Biasanya pada kamera smartphone, kita akan menemukan modus High Dynamic Range (HDR). Modus ini menggabungkan tiga exposure sehingga sudut paling terang dan gelap bisa terlihat dengan jelas.

Kita bisa mengatur jarak dan angle terbaik supaya hasilnya tidak terlalu gelap. Cara mengaktifkannya cukup mudah, kita tinggal tekan opsi “Mode”, lalu klik “HDR”. Simple, kan?

  • Modus Pakar
3  

Masih dengan cara yang sama, saat kita menekan opsi “Mode” di kamera, kita juga akan menemukan opsi “Pro”. Dengan menggunakan modus ini kita bisa mengatur pencahayaan secara manual. Terlebih, kalau kita sudah paham konsep dasar fotografi, modus ini bisa membantu kita mendapatkan hasil foto yang lebih baik di malam hari.

  • Meningkatkan ISO


Semakin tinggi ISO, akan semakin cerah pula hasil fotonya. Begitupun sebaliknya. Kalau smartphone kita memungkinkan untuk mengatur ISO, kita bisa mengaturnya ke angka 400 supaya gambar bisa terlihat lebih cerah tanpa bantuan dari flash.

Tapi hati-hati, kalau di sekitar objek cahayanya terlalu sedikit, maka hasil fotonya akan terlihat berbintik dan pecah. sebaliknya, kalau terlalu banyak cahaya, hasilnya akan over-exposure.

Kalau ISO sudah dinaikkan tapi masih terlihat buram, bisa kita masih mengaktifkan modus “Anti-Shake” dan HDR. Kalau ingin hasil foto yang bagus,kita harus menonaktifkan kedua fitur tersebut.

  • Manfaatkan cahaya di sekitar



Kita bisa memanfaatkan cahaya dari sekitar seperti lampu jalan, lampu mobil, sepeda motor, dan lain sebagainya yang bisa membuat objek foto kita terkena cahaya. Ini adalah solusi kalau kita benar-benar kesulitan memotret di malam hari.

Itu dia empat tips untuk memotret di malam hari menggunakan smartphone agar hasil foto terlihat lebih baik. Cukup mudah untuk diikuti, kan? Selain empat cara diatas, ada satu cara lagi yang sangat mudah untuk diikuti, yaitu menggunakan smartphone yang sudah dibekali kamera canggih yang otomatis bisa menghasilkan gambar yang bagus tanpa harus mengotak-ngatik mode lainnya. Seperti smartphone OPPO F11 yang belum lama ini resmi launching di Indonesia.

OPPO F11 memiliki kamera belakang ganda beresolusi 48MP+5MP dengan lensa 6P dan bukaan f/1.79. Hasil gambar yang ditawarkan adalah gambar berkualitas 48MP yang sangat jernih, serta potret sempurna walau dalam keadaan yang minim cahaya saat menggunakan Ultra Night Mode dan Dazzle Color Mode.

Contoh foto pada kondisi minim cahaya menggunakan OPPO F11:



Sedangkan untuk kamera depannya 16 MP sudah didukung AI Beauty 2.1 yang mampu mengidentifikasi wajah dan mengaplikasikan fitur peningkatan secara otomatis, sesuai kebutuhan. Ditambah layar Waterdrop Screenyang sangat memanjakan pandangan karena tampilannya yang lebih luas.

Perlu diketahui bahwa, melalui OPPO F11 ini, OPPO mulai memperkenalkan diri sebagai Portrait Master, yang sebelumnya dikenal sebagai selfie expert.

Penasaran dengan smartphone yang satu ini? Silakan cek langsung ya ke websitenya: https://www.oppo.com/en/smartphone-f11/

Salah satu solusi memang untuk mandapatkan foto yang kece di malam hari adalah memiliki smartphone yang bisa diandalkan untuk dipakai dalam kondisi apapun, Tunggu apalagi untuk memiliki OPPO F11 ini.