Bayangkan Anda bersantai di tengah-tengah hutan lebat serta sungai jernih, semilir angin yang penuh oksigen murni, udara sejuk yang memenuhi rongga hidung dan suara - suara yang memanjakan telinga seperti kicau burung-burung yang merdu, gemerisik dedaunan dan gemericik air. Semua indra tubuh kita sangat dimanjakan ditempat seperti foto di atas. 


Itulah Tangkahan, The Hidden Paradise From North Sumatra, berarti surga yang tersembunyi dari Sumatra Utara, sungguh ungkapan yang tak berlebihan karena memang begitu adanya. Berada di Desa Namu Sialang, Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Tangkahan juga berbatasan langsung dengan Taman Nasional Gunung Leuser.

Wisata alam yang memukau di tengah hutan hujan tropis khas iklim Indonesia, keindahan asri yang masih dilindungi masyarakat setempat ini sungguh membuat hati berdesir, bagaimana tidak tak hanya pemandangan alam hutan yang lebat dan sejuk,  hewan-hewan yang berhabitat asli Tangkahan juga masih hidup selayaknya alam liar, seperti Orangutan, gajah dan burung-burung.

Wisata Tangkahan yang kita kenal, tak hanya Trekking saja menyusuri hutan, tapi ada banyak spot wisata lainnya seperti dibawah ini.

1. Penangkaran Gajah Conservation Respons Unit (CRU). 




Wah, gajah!. Hewan mamalia terbesar dibumi ini bisa dilihat sekitar pukul 10.00 wib dan 15.00 wib. Kalau mau menunggangi gajah, akan dikenakan biaya Rp 35 ribu untuk wisatawan nusantara. Sedangkan memandikan gajah harus membayar Rp 250 ribu untuk wisatawan mancanegara dan Rp 100 ribu untuk wisatawan nusantara. Dan kalau mau menjelajah hutan bersama gajah akan dikenakan biaya Rp 860 ribu untuk wisatawan nusantara dan Rp 1 juta untuk wisatawan mancanegara. Sangat Worth it untuk pengalaman yang tak terkira dikarenakan gajah-gajah tersebut masih dirawat dengan habitat aslinya di alam liar, serta adanya pengamanan dari Guide setempat. Membayangkannya saja saya sulit.

2. Pemandian Air Panas 

Menuju ke tempat pemandian air panas yang berasal dari aliran pegunungan, di lokasi pemandian ini, wisatawannya sangat sedikit. Airnya juga sangat bersih dan jernih. Cocok sekali untuk yang mau berlibur di tempat pemandian karena letaknya tersembunyi. Berada di pinggir bebatuan dan seperti lubang goa. Begitu dihampiri, bau belerang sangat terasa.

Puas ke pemandian air panas, saatnya menuju air terjun di Tangkahan. Menyusuri aliran air dari pegunungan tersebut. Semakin jalan dan berenang melawan arus aliran air, semakin indah sekali.

3. Air Terjun di Tangkahan Langkat




Air terjun yang indah ini juga pernah disambangi oleh selebritas Nicholas Syahputra yang saban tahun selalu ke Tangkahan untuk semakin dekat dengan alam, tak salah kalau Tangkahan disebut surga yang tersembunyi. Menuju tempat ini lumayan butuh perjuangan, lewati bebatuan sangat licin, menyusuri perairannya dari pinggir kiri ke kanan dan juga berenang melawan arus.

Setelah sampai, sangat menakjubkan sekali. Hilang sudah lelah dan penat, pemandangan yang sangat luar biasa. Suasana yang juga sepi seolah-olah hanya tubuh dan pikiran kita yang ada disana. Kita bisa bertahan disana hingga berjam-jam lamanya sambil menutup mata, menghirup udara segar dan ketenangan yang sebenar-benarnya. Ditemani suara  gemericik air terjun yang sejuk disertai kicau burung-burung. Ahh, what a wonderful moment.

Yuk ke Tangkahan! 


This article supported by Hotel Soechi International Medan