Bismillah, 

"Bu,liburan nanti kita ke Yogyakarta ya bu!" 
Pinta neng Marwah yang menggebu - gebu ingin melihat candi Borobudur di Yogyakarta. 

Ya, memang neng Marwah belum pernah liburan ke Yogyakarta. Dan insya Allah saya memang sedang merencanakan untuk membawanya ke Yogyakarta. Qadarullah banget nih, pas neng Marwah mau liburan ke Yogya pas banget ada saudara yang ajakin mudik ke Yogyakarta sekeluarga besar. Untuk menyambangi keluarganya disana. Wah asik nih mudik sekalian liburan dong, pikirku.


Yogyakarta tuh memang memiliki daya tarik sendiri untuk dikunjungi, suasananya penuh dengan seni dan budaya yang kental dan khas. Adat istiadat nya pun masih kental, peninggalan leluhurnya masih dijaga dengan baik dan masyarakatnya masih menjunjung tinggi peninggalan leluhurnya itu. 




Menurut saudara yang tinggal di Yogyakarta, saya pun diberikan beberapa rekomendasi tempat untuk dikunjungi di Yogyakarta. Dan dari beberapa cerita yang saya dengar dari teman, ada beberapa alasan yang membuat mereka kembali lagi ke Yogyakarta dan merekomendasikan saya untuk berlibur ke Yogyakarta, diantaranya : 

Warga lokal yang ramah 
Selain urang sunda yang ramah - ramah, orang Yogyakarta pun sama ramahnya. Ya, Yogyakarta terkenal sekali akan warganya yang ramah dan juga sopan santun. Warga lokal sekitar bakalan banyak tersenyum meskipun pada orang yang belum dikenalnya. Ah ini bikin kita jadi betah dan nyaman ya apalagi kalau mengunjungi kota / daerah yang baru kita kunjungi. 



Tujuan wisata 
Objek wisata di Yogyakarta banyak banget gengs, so ga perlu bimbang apalagi ragu untuk memilih objek wisatanya. Bisa ke Candi Borobudur seperti keinginan neng Marwah, bisa ke daerah Malioboro yang ngehits, ke Kaliurang, ke Parangtritis, ke Keraton Yogya dan masih banyak lagi deh tujuan wisata lainnya yang tentu saja bakalan bikin liburan asik dan menyenangkan. 

Photo by : indonesia.travel


Kulinerannya murah dan enak 
Menurut temen, kulineran di Yogyakarta jauh lebih murah dibandingkan di Bandung. Menikmati Gudeg khas Yogyakarta dengan harga terjangkau akan terasa lebih nikmat. betul? Kuliner lesehan atau makan di angkringan juga harganya bersahabat banget. Ah ga bisa nunggu lagi nih ingin cepet - cepet ke Yogyakarta untuk menikmati kulinernya. 

kulinerenakdiyogyakarta



Mudik rasa liburan 

Tiket untuk mudik rasa liburan ke Yogyakarta sudah siap karena itu semua diurus sama saudara. Rencana kami nginap di daerah Kaliurang di rumah saudara, namun kok saya kepikiran mau book hotel aja yah, soalnya takut bikin mereka repot. kebayang kan kalau lebaran pasti bakalan banyak saudara yang kumpul, jadi biar ga repotin mereka saya mau book hotel aja deh. Ya berdasarkan pengalaman saya pas beberapa tahun lalu mudik ke rumah saudara di Garut dan ujung - ujungnya book hotel juga, jadi sepertinya lebaran tahun ini pun ke Yogyakarta saya bakalan book hotel juga.

Karena pas momen lebaran identiknya sama keluarga, kumpul - kumpul gitu. Maka buat saya agak sulit nyari hotel yang multi-pax atau family friendly, palingan book villa atau kalau ga mau nginep di villa ya jalan satu - satunya sih nambah ekstra bed. Nah sebelum memilih hotel yang tepat untuk mudik nanti ada beberapa yang harus dipertimbangkan terlebih dulu nih gaes, apa sajakah itu?

Memastikan adanya ekstra bed
Ini penting buat saya, karena kalau libur lebaran kan suka rombongan dan pengennya nginep dalam satu kamar, jadi saya sangat butuh ekstra bed, tapi sebelumnya pastikan dulu luas kamar hotelnya. Jangan sampai udah pesen ekstra bed eh luas kamar hotelnya sempit. Karena kan ekstra bed yang single aja ukurannya udah 90 x 195 jadi usahakan luas kamarnya agak besar yah.

Ekstra bed ini tuh disediakan hotel dan diberikan atas permintaan tamu dan pasti ada biaya tambahan. Jadi harus dipikirkan juga nih budget untuk ekstra bed. Terus untuk ekstra bed ini tuh ketersediaan setiap hotel berbeda - beda dan ada hotel yang memiliki ekstra bed terbatas. Apalagi pas mau libur lebaran sudah pasti penuh dan ramai, jadi harus booking dari jauh - jauh hari.

Diskusi dengan keluarga tentang booking hotel
Diskusi dulu dengan keluarga untuk memastikan semua keluarga yang ikut setuju dengan pilihan hotel yang kita pilih. Pikirkan juga tentang lokasi apakah dekat dengan rumah saudara atau jauh, kalau jauh malah bikin ribet jadi mendingan pilih hotel yang dekat dengan rumah saudaranya. Jadi kan setelah silaturahmi bisa istirahat lagi ke hotel.

Untuk urusan booking hotel, alhamdulillah saya sih ga pernah ada kendala. Tahun - tahun lalu juga kalau mudik saya selalu andalkan Traveloka untuk urusan booking hotel ini. Dan kayaknya tahun ini pun saya tetap andalkan Traveloka deh. Kenapa saya pilih booking hotel di Traveloka? karena pilihan hotelnya banyak mulai dari hostel, homestay, villa sampe hotel berbintang semuanya ada. Dan bisa ngecek juga ketersediaan ekstra bed pada hotel yang kita pilih. Bisa keliatan pas mau booking.




Pembayaran di Traveloka juga memudahkan banget gaes, selain via transfer dan internet banking juga bisa via mini market bayarnya, so simple.

Caranya gampang kok gaes, tinggal download aja applikasi Traveloka nya di smartphone temen - temen. Terus sign up, dan silakan deh bergerilya mencari hotel yang cocok dengan budget.Yang saya sukai adalah harganya jujur alias sudah all in sama pajak jadi ga usah khawatir lagi ada tambahan lainnya ya kecuali kalau mau tambahan tempat tidur atau ekstra bed yang saya maksudkan tadi.

Selain aplikasi bisa langsung juga mengunjungi websitenya nih : https://www.traveloka.com/hotel/indonesia . 

Ya sudah saya mau booking hotel di Traveloka dulu yah, mau nyari yang paling dekat sama rumah saudara aja ah biar ga ribet pas acara silaturahmi nya. Mudah - mudahan mudik rasa liburan kali ini menyenangkan yaah, aamiin.


Baca : Liburan itu penting loh gaes!



With Love,

Tian lustiana