Siwak yaitu biasa untuk menggunakan sikat gigi yang diambil dari batang tanaman salvadora, yang tumbuh di darah gersang atau kering. Namun siwak ini sangat bagus manfaatnya untuk membersihkan kotoran pada mulut dan gigi. Namun di masa sekarang sudah jarang orang yang menggunakan siwak. Tidak hanya pada gigi tetapi siwak juga bermanfaat untuk kulit. Simakkk.

Dari semua penelitian, bahwa tanaman yang biasa digunakan untuk siwak ini banyak sekali manfaat bagi kesehatan gigi dan gusi, namun belum ada penelitian khusus yang membahas siwak untuk kulit.
Namun dengan beberapa kandungan yang ada pada siwak ini dapat menghasilkan manfaat untuk kulit.

baca juga : Tips bibir cerah dengan bahan alami tanpa lipstik

- Antibakteri
Kandungan yang ada pada siwak tersebut mampu menghadang perkembangan bakteri yang mampu membuat gigi menjadi berlubang. Dari berbagai macam bakteri ada salah satu bakter yang dapat membuat kulit menjadi infeksi yaitu bakteri Heamophilus influenzae. Dengan adanya anti bakteri pada siwak dapat membantu meredakan gejala penyakit ini.

- Merangsang pembentukan kalogen
Tanaman siwak juga mengandung vitamin C sama seperti hal layaknya buah buahan seperti lemon dan jeruk. Vitamin ini dapat menangkal radikal bebas, dan juga menghambat pembentukan pigmen sehingga kecerahan kulit tetap terjaga.

baca juga : Mencegah kulit kering dengan cara alami

- Kulit menjadi halus
Tidak hanya vitamin C dan antibakteri tetapi siwak ini juga mengandung mineral yang di sebut silika. Mineral ini mampu membuat kulit menjadi lebih halus dan mampu memlihara perkembangan, kuku, tulang, rambut dan juga kulit.

Semoga bermanfaat.

baca juga : Manfaat air garam untuk perawatan wajah