Rutin membersihkan wajah memang penting dilakukan apalagi kamu seharian menggunakan make up, setidaknya sebelum tidur kamu harus memastikan make up sudah terhapus dari wajah kamu. Walaupun selama sehari itu kamu tidak menggunakan make up kamu juga mesti membersihkan wajah setiap harinya sebab kita tidak tau kotoran atau kuman apa yang telah menempel di kulit wajah kamu. Tetapi jangan sampai kamu melakukan kesalahan saat membersihkan wajah, bukannya bersih malah hal lain yang timbul di wajah seperti jerawat atau kulit wajah menjadi kusam. Berikut penjelasannya :

1. Salah melakukan scrub
Melakukan scrub wajah memang penting dilakukan sebab belum tentu kulit wajah bersih sempurna hanya dengan mencuci muka. Jangan terlalu sering melakukan scrub wajah, cukup lakukan sekali dalam seminggu jika tidak akan membuat lapisan kulit wajah semakin tipis, robek bahkan mengalami iritasi kulit. Saat melakukan scrub jangan terlalu keras dan kencang sebab akan merusak kulit wajah. Lakukan dengan lembut tetapi tetap bersih.

2. Tidak membersihkan muka dipagi hari
Membersihkan wajah dipagi hari sama pentingnya dengan membersihkan wajah sebelum kamu tidur. Saat tidur kulit wajah sering berminyak dan menempelnya kotoran atau kuman yang terdapat di bantal atau selimut kamu pakai, tentu saja jika tidak dibersihkan di pagi hari bisa membuat kulit wajah kotor dan muncul jerawat.

3. Tidak menggunakan sabun muka khusus
Menggunakan sabun yang tidak untuk muka misalnya sabun badan dan diaplikasikan ke kulit wajah tentu saja keselahan besar yang kamu lakukan. Sabun badan bisa membuat kulit wajah kamu menjadi kering sebab sabun badan bisa menghilangkan kadar minyak di wajah.

4. Mencuci wajah dengan air panas
Disarankan untuk mencuci wajah dengan air dingin dibanding air panas sebab air panas bisa membuat pori-pori wajah terbuka dan memudahkan kuman dan kotoran untuk masuk kedalam kulit dan memicu timbulnya jerawat dan kulit akan tampak kusam.

5. Tidak menggunakan handuk khusus wajah
Setelah membersihkan wajah keringkan wajah dengan handuk khusus wajah, jangan samakan handuk badan dengan wajah takutnya handuk badan terdapat kuman atau bakteri sebab digunakan diseluruh tubuh.