PENYEBAB  INSOMNIA 

1. Stres.

Stres dan khawatir adalah alasan nomor satu penyebab insomnia. Hal ini karena tubuh bereaksi terhadap stres dengan cara yang meningkatkan kewaspadaan dan terjaga. Relaksasi program seperti latihan meditasi, yoga, dan pernafasan adalah obat insomnia yang baik yang bekerja untuk menurunkan stres dan kecemasan.

2. Kesehatan Tubuh dan Mental.

Kesehatan tubuh yang buruk dapat juga berkontribusi terhadap gangguan tidur. Penyakit seperti penyakit pencernaan, asma, kondisi jantung, tiroid terlalu aktif, Parkinson dan Alzheimer, arthritis dan masalah bersama lainnya dan pembesaran prostat dapat menyebabkan insomnia.

3. Olahraga Berlebihan.

Peningkatan maupun penurunan kondisi emosional seseorang secara tiba-tiba dapat memicu terjadinya migrain. Saat stres, otak seseorang akan melepaskan senyawa-senyawa kimia yang menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh dan otak, seperti ketegangan otot dan pelebaran pembuluh darah.

4. Kebisingan dan Kegiatan.

Jika lingkungan tidur terganggu dari kebisingan maka proses tidur pun dapat terpengaruh. Jadi buatlah kamar tidur yang sesederhana mungkin, tenang, dan bebas kebisingan. Kegiatan tertentu juga berkontribusi terhadap sulit tidur, menonton televisi, mengerjakan pekerjaan kantor atau latihan intens sebelum  tidur atau saat di tempat tidur.

5. TV dan Sosial media

Berharap bisa tertidur saat menonton TV atau saat stalking? Belum tentu. Bisa saja apa yang sedang Anda lakukan malah membuat Anda tertarik, penasaran, dan melupakan fokus Anda untuk tidur. 
Batasi diri sendiri untuk menjauhi TV dan gadget pada jam tidur.




​ LALU, BAGAIMANA SOLUSI MENGATASI
                   INSOMNIA  ?


 ✓ Menonton TV & Main Gadget Berlebihan.

Hentikan menonton TV, Main Gadget atau membaca buku, setidaknya 1 jam sebelum tidur. Agar fokus Anda sudah bukan untuk beraktifitas melainkan untuk beristirahat.


✓ Jangan minum kopi di malam hari.

Sudah menjadi rahasia umum bahwa kopi mengandung kafein yang sering membuat kita menjadi susah tidur. Zat kafein dapat memberikan efek aktif pada jaringan syaraf sehingga akan lebih sulit untuk terlelap. Jadi, sebisa mungkin hindari minum kopi di malam hari.


✓ Berolahraga yang teratur.

Berolahraga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olahraga sebaiknya dilakukan pada pagi hari bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolahraga, kesehatan Anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.


Berdasarkan Hasil uji Klinis, diungkap bahwa salah satu tanaman terbaik untuk membantu menghilangkan insomnia adalah Lavender. Keunggulan Lavender dalam mengatasi insomnia adalah :

  Caranya yang PRAKTIS, efeknya yang SANGAT CEPAT & tidak ada efek samping ( ALAMI ).


MANFAAT UTAMA dari Lavender Essential Oil adalah mengatasi masalah Insomnia.


Adapun beberapa fungsi lain dari Lavender :
1. Mengurangi Gejala Alzheimer
2. Mengurangi Stress
3. Meringankan Sakit Kepala
4. Merelaksasi pikiran
5. Menghilangkan bekas luka

Kandungan alami dalam Lavender cukup banyak, salah satunya adalah Geraniol. Yang dimana sangat baik perawatan, kontrol, pencegahan, & perbaikan penyakit pada penderita Kanker dan Stres Oksidatif.

Yang lebih menariknya lagi, Kandungan Lavandula dalam Lavender dapat membantu memulihkan atau meregenerasi sel dalam tubuh khususnya pada luka di kulit.


Sekian yang dapat saya sampaikan.., mohon maaf jika ada kekurangan dalam artikel ini, Terimakasih.


​​​​​​