atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Atasi sembelit dengan Dulcolax. Dokpri
Hai haaaai, welkombek again ya. Mau tanya nih, teman-teman pernah ga sih ngerasain betapa perut ini buncit? Buncit bukan karena tumpukan lemak ya gengs wkwkw (nyumput dipojokan) tapi karena beberapa hari kita tidak melakukan detoksifikasi dengan pengeluaran air seni, feses dan juga dalam bentuk bulir keringat. Aku tuh pernah dan hampir sering susah untuk buang air besar saat berada di sebuah tempat baru dan aku harus stay di tempat itu dalam beberapa hari. Pernah juga ga sih dengar issue kalo kita gabisa buang air besar di rumah atau lokasi kita stay itu, tandanya kita ga betah untuk tinggal lama-lama disana? 

Cerita aku atasi susah BAB
 
atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Ga mungkin bisa ekpresi kayak gini kalo nahan BAB. Dokpri)
Itu yang harus dipatahkan ya gengs, kalo kayak newly wed kayak aku yang harus tinggal bersama suami dan meninggalkan rumah Karawang juga tempat selama 4 tahun di Bandung, berarti aku akan susah BAB dong, karena soal betah-betahan ini tergantung jiwa dan raga ya haha. Jadi, ya semuanya persoalan untuk atasi susah BAB ini karena kondisi pencernaan kita yang memberikan sebuah sinyal lagi ga baik-baik aja dan langsung kita segera eksekusi dan gaboleh dianggap sepele lho gengs

Adapun yang disebut dengan susahnya BAB ini meliputi dari buang air besar yang tidak teratur, tidak tuntas dan bahkan pada level tidak bisa sama sekali. Kebayang ga kalo dalam 2 hari aja ga BAB aku tuh udah panik banget, karena selalu ingin jangan biarin numpuk, hati aku tuh selalu khawatir kalo aku terus-terusan input makanan ke dalam lambung aku tapi tidak ada proses pengeluaran yang rutin, berasa badan itu menanggung beban racun setiap harinya. Sembelit merupakan waktu transit dalam usus kita lebih dari 3 hari sehingga banyak penyerapan air karena sisa makanan itu tertinggal dalam waktu yang cukup lama sehingga menyebabkan feses kita menjadi kering dan berakibat susahnya proses eksekusi di rektum.

Hubungan puasa dengan jangan biarin numpuk

Memasuki bulan puasa, aku juga pengen kita itu puasa dengan khusyu dan lancar ya mak. Tapi terkadang ada aja kepentok makanan akibat lapar mata saat jalan-jalan ngabuburit liat cemilan yang sungguh menggoda terutama gorengan. Siapa yang ga suka sama si gorengan sih, aku aja langsung lemah dong kalo gorengan yang baru aja diangkat dari penggorengan di tambah sama potekan cabe rawit, duh nikmat dunia banget. Tapi apakah ini sejalan dengan akibat yang dihasilkan berupa akumulasi yaitu sembelit karena kurangnya asupan cairan selama kurang lebih 12 jam kita berpuasa dan saat berbuka, malah melakukan kesalahan makan gorengan. Gapapa sih gengs, makan gorengan tapi cairan seperti air mineral dan juga serat dari buah-buahan jangan luap buat tetap dikonsumsi. Alhamduillah banget pada tanggal 3 Mei 2019 aku bersama para blogger mengikuti event super keren, yaitu "Puasa Lancar Perut Nyaman" DulcolaxXFimelahood di Kedai Kopi 89, Kemang Jakarta Selatan.

atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Narsum at DulcolaxXFimelahood. Dokpri)

Disini aku merasa sangat terbukakan sekali soal persiapan puasa yang atasi susah BAB, karena keseringan kita nya itu jajan sembarangan tanpa memperhatikan kandungan gizi, kesehatan dll dan secara bersama-sama berdiskusi dengan para narasumber yang kece-kece yaitu dr. Riana Nirmala Wijaya (Sanofi Medical Expert), Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax) dan Nycta Gina (Selebritis). Pada saat berpuasa, menurut dr. Riana Nirmala, kebanyakan kita-kita ini akan mengurangi beberapa aktivitas, dan itu sangat mempengaruhi banget asupan mkanan, metabolisme tubuh pun ikutan melambat. Oleh karena itu, kita sering berucap "duh mager boo". Nah ini nih, anjuran jangan biarin numpuk malah ga jalan, karena susahnya kita BAB aja udah bikin ga karu-karuan.

Tips agar tidak sembelit saat berpuasa
Pengen dong punya tahapan apa aja sih agar puasa kita lancar-lancar aja, jadi ibadah pun kita semakin nyaman tanpa gangguan perut. Karena aku ngalamin sendiri kalo udah bermasalah di bagian pencernaan itu, bawaannya udah failed aja deh seharian, mau ngapaian aja serba gaenak dan memang apa-apa yang bermasalah di bagian perut itu terkoneksi ke beberapa penyakit lainnya. Hiii serem, yuk cus apa aja yang bisa kita lakukan.

1. Hindari stress
Stress merupakan faktor penyumbang dari penyakit sembelit ini kita alami. Karena pengaruhnya adalah hormonal, maka diri kitalah yang bisa mengaturnya. Mana aja yang perlu kita pikirkan dan mana aja yang di "lahaulla walla quwwata" insya Allah, Allah maha besar untuk keputusan kita semua di dunia ini.

2. Olahraga yang rutin
Gengs, olahraga dengan sehari minimal 30 menit deh. Beneran ini ngaruh banget, karena udah aku alamin sendiri, saat mager dan ga olahraga sama sekali, badan juga jadi kurang maksimal metabolisme tubuhnya dan ini juga ngaruh lho sama sistem pencernaan kita. So, yuk bergerak dan berolahraga! Pasti mager kan, kok puasa-puasa olahraga, ntar haus gimana haha. Aku pun awalnya mikir gitu, tapi setelah kita lakukan olahraga yang kita sukain, misal kayak aku pake sepeda statis, ini jadi pengalaman seru lho. Dan dilakukan di jam-jam mendekati buka puasa, sekitar jam 5 sore gitu, kan lumayan gengs!

3. Dulcolax sebagai obat pencahar
Jujur aja, aku tuh orang yang tekena masukan negatif soal obat pencahar lho. Karena pernah aku tuh seminggu ga BAB, waktu itu lagi ada camping gitu kalo ga salah, trus aku inget mamahku bilang kalo obat pencahar itu gabaik dan bisa bikin proses pencernaan kita menstimulus untuk terus BAB alias diare dan adiktif. Padahal, berdasarkan penjelasan mba Debi Widianti (Senior Brand Manager Dulcolax), kalo obat pencahar itu diberikan kepada orang-orang yang terkena sembelit jika sudah lebih dari 3-4 hari dengan dicoba sebelumnya dengan minum air yang cukup, olahraga rutin dan asupan seratnya baik. Tapi kalo dari cara diatas gabisa atasi susah BAB dan sampai berbulan-bulan, jangan salah kalo bisa menyebabkan indikasi kanker usus lho gengs

atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Saat ka Nycta cerita soal Dulcolax. Dokpri)

Hadirnya Dulcolax sebagai obat pencahar ini merupakan alternatif dan solusi terbaik karena jangan biarin numpuk dong sisa-sisa makanan kita di perut dan sirkulasi pencernaan kita gaboleh keganggu. Lalu dr. Riana juga menambahkan bahwa issue obat pencahar itu malah bikin BAB kita terus-terusan, itu salah ya, karena proses obat pencahar itu tidak masuk dalam otak sehingga ga akan bikin ketergantungan atau adiktif. Dan juga malah menjadi perangsang untuk terus-terusan BAB, karena Dulcolax membantu proses maintenance saja saat kita susah sembelit dan tidak berlanjut keberikutnya, kecuali ada indikasi dan keterangan dokter jika sembelit kita sudah masuk dalam tahapan kronis.

atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Dulcolax tablet, sirup dan suspositoria. Dokpri)
Dulcolax sebai brand yang sudah terpercaya selama 60 tahun dan teruji secara klinis. Hadirnya Dulcolax sebagai  merek obat pencahar stimulan yang mengandung bahan aktif bisacodyl (senyawa organik untuk atasi susah BAB) merupakan angin segar untuk puasa lancar perut nyaman. Dulcolax memiliki beberapa varian dari bentuk tablet, sirup (cocok untuk anak-anak), dan suspositoria. Sediakan di kotak P3K atau pouch bepergian kita ya, karena puasa juga menjelang lebaran, ga memungkiri kita agendakan untuk mudik.

4. Rutin mengkonsumi air mineral
Kebutuhan akan air mineral yang harus masuk ke dalam tubuh orang dewasa adalah 8 gelas dengan pengaturan saat bulan puasa adalah saat sahur 2 gelas, saat buka puasa 2 gelas, setelah solat tarawih 2 gelas, sebelum tidur 2 gelas. Yuk kita cobain, insya Allah ketika asupan cairan dalam tubuh kita seimbang, kita bisa atasi susah BAB ini lebih gampang asalkan konsisten ya sis.

5. Jangan biarin numpuk
Eh ini maksudnya gimana? Maksudnya, kalo udah "berasa" ya langsung aja cus ke toilet untuk eksekusi tanpa harus ditahan-tahan ya sis. Sebuah kemajuan buat jangan biarin numpuk ini, karena aku kalo pas lagi puasa mau gamau kan ga selamanya diem di rumah doang ya, adakalanya itu travelling tipis-tipis wkwk. Ga maksudnya itu, jalan-jalan bentar dan pas kalo lagi berasa, aku langsung turun di stasiun atau halte teredekat. Ini udah aku lakuin lho, walaupun effort nya akan lebih kerasa, seperti telat misalnya wkwk.

atasi susah BAB, dulcolax, jangan biarin numpuk, tips atasi sembelit saat puasa, puasa aman perut nyaman, puasa sehat, puasa susah BAB
(Pake Dulcolax ya kalo minum dan makan serat ga atasi susah BAB. Dokpri)
Yuk kita juga cermati tanda-tandanya ketika kita selama 20 menit berada di dalam toilet namun tetap susah untuk eksekusi, maka segeralah bertindak dengan tips diatas ya. Semoga puasa kita selalu dilancarkan dan bisa menjumpai di hari kemenangan nanti dengan rangkaian amalan saat bulan ramadhan tanpa mengeluhkan susah atasi BAB ini ya. Selamat menjalankan ibadah puasa dengan lancar sobat muslimah semua.