ngabuburit faedah, apa sih ngabuburit, pentingnya ngabuburit, ngabuburit ramadhan
(Suasana kalo ngabuburit di ibukota. Source: pexels.com)
Halo sobat muslimah, blog kali ini aku mau sedikit berbagi soal pengalaman aku yang menikmati sahur pertama dan berbuka puasa ga bareng suami. Sedih sih, karena harapan banget setelah resmi menikah, bisa masakin sahur dan masak buat berbukanya dia itu aku yang siapin semua. Ternyata tidak berjalan seperti apa yang kita mau ya gengs.

Jadi aku harus berbesar hati, karena ada keperluan yang lebih urgent dan aku harus menemani mamahku untuk datang ke Cibinong, karena alhamdulillah adikku diterima bekerja dan aku harus memastikan bahwa semuanya terkendali dengan aman sampai aku bersama memah menginap selama 2 hari di kabupaten Bogor ini.

Pengalaman ngabuburit
Sebenarnya pengalaman ini sudah aku lalui ketika masa kecilku dulu, masih lekat di ingatan kalo papah hobi banget ngajak naik motor sore-sore sambil melihat semburat lembayung senja dan sangat jarang untuk berbelanja jajanan untuk berbuka, karena dulu aku sudha cinta banget sama masakan ibu di rumah daripada harus beli di luar.

Nah saat ini aku sadarin, fenomena ngabuburit ini malah makin deras banget informasinya dan beberapa sudut kota juga akhirnya menjadi pasar dadakan untuk tempat ngabuburit. Aslinya ngabuburit ini berasal dari bahasa sunda ya dan menjadi sangat pupuler banget di tanah air. Ga ada yang salah sih kalo harus ngabuburit, toh tadi juga aku jadinya ngabuburit di jalan menuju mall Cibinong City untuk persiapan berbuka. Sebenarnya kalo di rumah ya dimanfaatkan untuk selesaikan tadarus atau memasak untuk persiapan berbuka. Jarang banget aku sengaja sore-sore untuk sepedahan gitu, pas udah gede aja jadi betah di rumah.

Tinggalkan yang membawa keburukan
Kalo semuanya sesuai porsinya, ya it's okay lah ya. Karena di rumah terus juga pasti bosen dong, pengen sekali-kali kulineran dan menikmati euforia jajanan yang enaknya itu disantap saat bulan Ramadhan dan itu menjadi me time dan quality time beberapa orang. Aku juga tidak masalah akan hal ini, yang sangat disayangkan adalah ketika kita ngabuburit tapi malah membawa keburukan, seperti ngebut-ngebutan atau malah ngerumpi yang tidak membawa faedah, ya buat apa dong mending di rumah bantuin mamah dan insya Allah menghasilkan pahala ya kan. 

Apalagi kalo ngabuburitnya sambil belanja camilan yang belum tentu kita sanggup menghabiskannya dan menjadi mubazir akan hal tersebut, padahal saat puasa kita kan belajar untuk merasakan apa-apa yang teman-teman dhuafa kita rasakan seperti minimnya makan dan minum, eh kita malah memubazirkan makanan.  Sekian curhatan singkat aku soal ngabuburit, semoga soon ada cerita lagi ya.