Semakin berkembangnya zaman, gaya arsitektur sebuah rumah kini semakin berkembang dan mengalami perluasan yang begitu pesat. Bermula dari permasalahan kebutuhan tempat tinggal setiap orang yang mendamba hunian yang nyaman dan kondusif untuk dijadikan tempat tinggal. Lantas lahirlah banyak arsitektur yang menawarkan banyak karya yang menarik pada sketsa bangunan rumah yang mereka ciptakan.

Mulai dari bangunan rumah bergaya minimalis, Eropa, rumah bergaya Mediterania dan lain sebagainya. Masing-masing rumah tentu punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Yang mana biasanya aneka macam gaya arsitektur rumah perlu disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi alam yang ada di tempat tinggal anda.

Sebab kondisi alam akan tentu mempengaruhi kenyamanan anda di dalam tempat tinggal yang anda ciptakan. Apalagi bagi anda yang mendamba membangun rumah idaman maka penting sekali untuk mengetahui 5 desain arsitektur rumah idaman di bawah ini.

1. Rumah Idaman Bergaya Mediterania



Model gaya arsitektur pertama yang banyak diterapkan pada rumah-rumah modern saat ini adalah model rumah Mediterania. Gaya arsitektur semacam ini lebih cenderung diaplikasikan pada wilayah tropis atau tempat-tempat yang dikenal dengan cuaca yang panas. Seperti bagian pesisir pantai dan masih banyak lagi.

Pancaran sinar matahari yang hampir tak pernah berhenti sepanjang tahun membuat sebagian arsitek terinspirasi untuk menciptakan hunian yang akan cocok dengan kondisi alam yang satu ini. Nah, rumah bergaya Mediterania ini kemudian lahir dan tercipta. Beberapa negara yang banyak menerapkan rumah dengan gaya arsitektur semacam ini adalah Italia, Spanyol dan juga Portugal.

2. Rumah Idaman dengan Gaya Kontemporer



Rumah dengan desain arsitektur kontemporer biasanya punya ciri khas dengan menggabungkan masa saat ini dengan masa depan. Tak heran bila elemen yang dihadirkan di dalam rumah akan terkesan begitu modern dan mutakhir.

Penerapan warna yang dipilih pada bagian dalam dan luar rumah pun biasanya warna-warna yang natural dan tidak terlalu mencolok. Seperti halnya warna putih, abu dan warna-warna dengan tone netral lainnya.

3. Rumah Idaman dengan Gaya “Mid Century”



Salah satu ciri khas dari bangunan rumah “Mid Century” adalah ruangan terbuka yang dibangun pada bidang datar dengan model bidang datar pula. Pembangunan rumah dengan model yang satu ini akan tentu mampu melahirkan kesan simplisitis dan terintergerasi bersama dengan alam. Model rumah semacam ini biasanya dibangun di dataran tinggi dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

4. Rumah Idaman dengan Gaya American Craftsman



Gaya arsitektur rumah ini pertama kali diperkenalkan oleh sebuah firma arsitek di Amerika Serikat yakni Greene and Greene. Salah satu keunikan dari bangunan yang satu ini adalah nilai estetika yang beriringan dengan fungsi yang begitu dalam.

Penggunaan bahan baku alami pada model arsitektur ini pun dipercaya mampu menghadirkan harmoni dan kedamaian dalam sebuah ruangan.

5. Rumah Idaman dengan Gaya “The Colonial”



Gaya arsitektur rumah yang unik selanjutnya adalah rumah dengan konsep “The Colonial”. Rumah bernuansakan Eropa yang begitu kental ini sangat populer di Amerika Serikat. Selain karena bentuk rumahnya yang menarik. Kesan bangunan yang klasik pun menambah nilai estetika dari sebuah bangunan rumah idaman masa depan.