Makanan dan minuman probiotik memang sudah tidak lagi bagi kita sebab berada disekitar kita dan pastinya sudah pernah bahkan juga memiliki stok nya di rumah, seperti yogurt, acar, miso dan kefir. Pribiotik itu sendiri merupakan bakteri baik yang bagus untuk kesehatan kita terutama sistem pencernaan kita dan siste m kekebalan tubuh girls. Tapi mengonsumsi makanan dan minuman probiotik ini juga ada batasannya girls, malahan jika kamu berlebihan dalam mengonsumsinya akan menimbulkan efek negatif dan mendatangkan mudarat bagi tubuh girls. Berikut dampak sampingan jika kamu mengomsumsi makanan dan minuman probiotik :

1. Infeksi
Walaupun makanan dan minuman probiotik berasal dari bakteri baik tetapi tidak semua orang bisa menerima dengan baik makanan dan minuman tersebut. Disaat tubuh seseorang yang tidak bisa menerima probiotik akan mengakibatkan tubuh mengeluarkan reaksi seperti infeksi yang masuk melalui aliran darah, oleh karena itu tubuh mengalami infeksi. Infeksi juga bisa langsung kamu rasakan jika kamu mengalami penurunan sistem imun dan setelah melakukan operasi. Walaupun terjadinya infeksi ini merupakan kasus yang langka dan sulit di temukan dari sekian banyak orang yang mengonsumsi makanan dan minuman probiotik. Tapi tidak ada salahnya untuk waspada bukan girls. Oleh karena itu saat mengonsumsi makanan dan minuman probioktik sebaiknya tidak berlebihan dan sesuai standar saja, agar tidak membayakan kesehatan diri.  Selain itu probitik bisa memicu terjadinya komplikasi saat kamu mengonsumsi suatu jenis obat-oabatan, apalagi setelah kamu melakukan suntik vaksin atau mengonsumsi obat-obatan seperti obat antiradang. Lebih baik kamu berkonsultasi dulu dengan dokter mengenai apa yang boleh kamu atau tidak boleh supaya hal negatif tidak terjadi

2. Perut Tidak Nyaman
                              
Memiliki sistem kekebalan tubuh yang tinggi akan membuat kamu sehat dan jarang terserang penyakit. Tapi saat sistem imun kamu melemah, terkadang mengonsumsi makanan dan minuman probiotik akan menimbulkan efek terhadap kesehatan kamu, seperti perut kamu merasa tidak nyaman. Kamu merasa perut kamu penuh dengan gas sehingga kamu merasa kembung dan terkadang bersendawa sebab gas tersebut. Selain itu membuat kamu susah buang air besar alias sembelit atapun merasa kerongkongan gatal dan selalu kehausan. Sistem pencernaan juga mengalami masalah seperti mual, muntah dan bahkan mengalami diare sebab bakteri baik yang terdapat pada makanan dan minuman probiotik akan tumbuh dan berkembang serta merangsang proses metabolisme untuk bekerja terlalu cepat. Oleh karena itu sebaiknya kamu stop sementara mengonsumsi probiotik, jika memang kamu ingin mengonsumsi makanan atau minuman probiotik sebaiknya sesuai dosis yang dianjurkan saja. 

3. Terjadinya Peningkatan Alergi
Kamu yang awalnya tidak punya riwayat memiliki alergi, saat mengonsumsi makanan dan minuman probiotik tidak jarang mengalami kenaikan histamin. Histamin merupakan zat kimia yang dihasilkan oleh tubuh saat mengalami reaksi alergi. Saat histamin mengalami kenaikan tubuh justru akan memicu terjadinya reaksi alergi. Biasanya gejala yang dirasakan tubub akibat alergi tersebut seperti gatal-gatal, tubuh terdapat ruam, mengalami kesulitan bernapas, dada terasa sesak, mulut bengkak, kepala sering terasa sakit dan pusing.

4. Kepala Sakit
Selain itu, terkadang kamu merasa sakit kepala setelah mengkonsumsi makanan atau minuman probiotik sebab ada beberapa makanan dan minuman yang tinggi akan kandungan probiotiknya mengandung protein yang telah terfermentasi oleh bakteri. Oleh karena itu, akan berdampak terhadap sistem saraf tubuh termasuk saraf disekitar area kepala, selain itu membuat tekanan darah menjadi tidak stabil, kadang tekanan darah naik atau turun sehingga tidak jarang kamu mengalami sakit kepala girls.