Tidak sedikit dari kita yang memiliki kebiasaan menggigit kuku tangan baik disadari maupun tidak disadari. Tidak hanya itu saja ada juga orang yang menggigit kuku tangan disaat mereka merasa cemas, gelisah, gugup bahkan ketakutan. Jika terlalu sering menggigit kuku tangan tentu saja akan membuat bentuk kuku menjadi tidak cantik dan jelek. Tidak hanya itu saja ternyata kebiasaan menggigit kuku tangan akan menimbulkan dampak negatif bagi kesehatan. Berikut penjelasannya :
1. Infeksi
Menggigit kuku juga akan membuat kamu terkena infeksi terutama pada area kuku sebab saat kamu menggigit kuku otomatis akan memberikan peluang bakteri dan kuman masuk kedalam jari kamu. Jika hal demikian sudah terjdai tentu saja kamu akan mengalami infeksi disekitar area kuku. Tidak hanya itu saja, jari kamu akan mengalami bengkak, rasa nyeri, berwarna kemerahan dan timbul benjolan yang berisi nanah. Tentu saja akan menyakitkan jika benjolan tersebut sampai tersandung sesuatu dan pecah
2. Pencernaan bermasalah
Saat kamu menggigit kuku tangan kamu apakah sudah kamu pastikan atau perhatikan kuku kamu tersebut bersih dan bebas dari kotoran, kuman dan bakteri yang tersembunyi di bawah kuku maupun dikuku kamu itu sendiri. Jika tidak tentu saja kamu akan mengalami masalah pencernaan seperti sakit perut saat menggigit kuku sebab kotoran, kuman, bakteri yang masih tertinggal di kuku kamu akan masuk kedalam saluran pencernaan.
3. Peradangan
Salah satu efek samping jika terlalu sering menggigit kuku, jari-jari tangan kamu sering merasakan peradangan karena saat kamu menggigit kuku kamu otomatis air liur akan masuk kedalam kuku dan menyentuh kulit bagian bawah kuku sebab kandungan kimia yang terkandung didalam air liur kamu tersebut. Tidak hanya itu saja ujung jari kamu mengalami kerusakan dan lecet serta kulit kuku pun juga ikut mengalami lecet.
4. Gingivitis
Memang banyak dampak negatif yang terjadi jika kamu sering menggigit kuku tangan kamu. Apalagi jika berkepanjangan kamu lakukan hal demikian, kamu akan mengalami penyakit radang gusi dan struktur gigi pun juga akan berubah seperti gigi kamu menjadi bengkok. Tidak hanya itu saja sering menggigit kuku juga akan mengakibatkan hancurnya tempat akar gigi tumbuh.
5. Bentuk kuku berubah
Tentu saja keseringan menggigit kuku tangan akan membuat bentuk kuku mengalami perubahan dan kuku akan tumbuh kedalam sebab terjadinya perubahan pada lapisan degeneratif kuku yang mengalami kerusakan dan cedera saat kamu menggigit kuku.
.