Sepele tapi penting ! Rugi kalau kamu melewatkan hal-hal ini guys. Kita akan membahas kebiasaan yang kita lakukan setiap hari. Apa aja yaaa? 
          Puasa selama satu bulan memang tidak sebentar ya guys. Menahan lapar dan dahaga tidak berarti kamu kekurangan nutrisi dong kalau kamu lakukan hal ini setiap hari. 
1. Positive thinking
          loh apa hubunganya sama puasa? Semangat berawal dari pikiran positif. Jangan kacaukan semngatmu hanya untuk marah-marah atau bete seharian. Itu hanya akan menguras energi. Lakukan hal-hal lain yang membuatmu bahagia seperti membaca komik, artikel, nonton fim atau sharing bareng temen.
2. Jangan skip olahraga
          Puasa kan lemes?Kamu bisa melakukan peregangan ringan selama 10-15 menit saja setelah bangun tidur menjelang sahur. Jika aliran darah kamu lancar maka nutrisi yang dibutuhkan tubuh akan didistribusikan dengan baik dan tidak merasakan lelah yang teramat saat puasa. 
3. Perbanyak air putih
          Air putih akan membantu pencernaan bekerja dengan baik, membersihkan ginjal, menghidrasi kulit dan tentu saja agar tidak kehausan. Minumlah air putih sesuai kebutuhan karena setiap orang memiliki kebutuhan yang berbeda. Jangan lupa minumnya sambil duduk yaa agar tidak memunculkan penyakit. 
4. Pastikan makanan bernutrisi
          Berbuka puasa adalah moment yang paling ditunggu tapi jangan kalap nih. Tetap jaga asupan makan dengan mengimbangi karbohidrat, protein, vitamin dan susu. Karbohidrat diperoleh dari gula, nasi, gandum, jagung, ubi dan lainya. Protein diperoleh dari telor, daging dan kacang-kacangan. Vitamin berasal dari buah seperti semangka, kurma atau pir. Serat juga penting untuk metabolisme seperti sayur dan rumput laut.
5. Tidur yang cukup
          Tidur yang baik dimulai dari sebelum jam 10 malam. Ini sangat dianjurkan loh guys karena organ dalam butuh istrahat dan memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu tekanan darah menjadi stabil, menghindari terbentuknya kantung mata dan masih banyak lagi. 
6. Jangan mandi malam
          Mandi malam dapat mengakibatkan anemia, rematik, penyakit jantung dan stroke. Bahaya dari kebiasaan ini bisa dirasakan dalam waktu dekat, tergantung dengan kondisi tubuh seseorang. Saya sempat mengabaikan ini dan kena batunya guys haha. 
          Terimakasih sudah membaca. Semoga bermanfaat.