Kista, terutama kista ovarium atau indung telur sudah sangat familiar di kalangan para wanita. Kista ovarium merupakan kantung yang berisi cairan yang biasanya berkembang di salah satu ovarium.
Pada wanita, sel telur tumbuh di dalam sebuah kantung yang disebut folikel yang terletak di ovarium. Kantung ini akan membuka dan melepaskan sel telur. Tapi jika folikel atau kantung tidak pecah, maka cairan dalam folikel dapat membentuk kista ovarium.

Pada pengalaman saya yang pernah mengalami kista ovarium sebelah kiri beberapa tahun yang lalu, membuat saya sering mengalami nyeri pada perut bagian bawah kiri, terlebih saat menstruasi, stres atau kelelahan. Nyeri yang sering saya alami membawa saya ke dokter kandungan.
Setelah di cek menggunakan USG, ditemukan kista kurang lebih sebesar telur ayam kampung.


                                                     


Dokter menyarankan untuk laparoskopi dan menjelaskan dengan detil bagaimana prosesnya. Namun tidak cukup sampai di situ. Karena saya masih mempertimbangkan langkah apa yang ingin di ambil untuk mengatasi kista ovarium ini, saya berusaha menggali informasi dari mana saja.
Sampailah saya pada sebuah alternatif untuk terapi kista ovarium saya. Seorang teman memberikan sebuah saran yang kemudian membawa perubahan cukup signifikan.

Dengan menghindari beberapa jenis makanan, akhirnya usaha saya berbuah manis. Setelah di cek kembali oleh dokter dengan USG dalam, ternyata kista di ovarium saya Alhamdulillah sudah tak tampak lagi di layar USG. Butuh waktu dan kesabaran untuk menjalani terapi diet makanan ini. Sekitar dua tahun diet makanan tersebut saya jalani.

Berikut makanan makanan yang saya hindari selama diet:

MSG

Segala makanan yang mengandung msg selalu berusaha saya hindari. Memang tidak mudah karena hampir semua makanan yang di jual di luaran mengandung msg. Tapi saya menekan seminimal mungkin untuk menghindari mengkonsumsi nya.


Makanan Budidaya

Yang dimaksud makanan budidaya adalah makanan yang mengandung segala unsur yang di budidayakan atau tidak alami. Seperti telur ayam negeri, daging ayam negeri, roti, mie.
Dibantu dengan memperbanyak minum air putih, sangat membantu selama proses terapi. Menekan keinginan untuk makan makanan tersebut di atas yang sangatlah tidak mudah karena membutuhkan kesabaran ekstra.


                                                       


Bagaimana ladies, mungkin tips diatas bisa di coba. Cenderung lebih nyaman daripada harus menjalani operasi ataupun laparoskopi. Intinya, cobalah untuk mengubah gaya hidup dengan pola makan sehat dan pastikan asupan air putih sehat cukup.