Gula merupakan bagian dalam hidup kita. Seolah olah kita tak bisa hidup tanpa gula karena gula ada dimana mana, baik dalam makanan atau minuman kita. Bahkan tersembunyi dalam makanan sehat atau makanan kemasan yang di klaim sehat.

Kebanyakan dari kita tak mampu menolak si ‘manis’ yang satu ini. Dia seringkali mengapa kita hampir dalam semua suasana, di rumah, di kantor, di supermarket, di kafe, bahkan dalam menu diet sehat kita.
Namun gula tidak sepenuhnya manis. Dibalik nikmatnya, ternyata gula memiliki beberapa efek samping yang sebaiknya masuk dalam daftar kewaspadaan kita dalam memilih dan memilah makanan sehat dan bernutrisi.


                                                        


Sebuah study di Columbia University menemukan bahwa mengkonsumsi terlalu banyak gula akan meningkatkan resiko depresi hingga 20%.

Gula dapat menjadi pemicu kecemasan dan mood yang fluktuatif atau membuat kita menjadi lebih cepat tersinggung atau marah.  Saat kadar gula darah terlalu tinggi, maka tubuh akan melepaskan insulin dalam jumlah yang cukup banyak untuk menurunkannya.

 
                                                       


Jika kadar gula darah yang di turunkan terlalu banyak maka akan terjadi tabrakan gula atau ‘hipoglikemia reaktif’ dimana tingginya asupan gula dari makanan makanan yang kita konsumsi memicu tubuh kita untuk melepaskan insulin dalam jumlah yang cukup besar untuk memproses semua gula tersebut, sehingga kadar gula darah menurun dengan sangat cepat. Kondisi tersebut membuat tubuh kita melepas hormon stres untuk mengimbanginya sehingga membuat mood kita menjadi fluktuatif atau perubahan suasana hati, kesabaran yang pendek  dan perilaku yang tidak stabil bahkan depresi.


Untuk memiliki kadar gula darah yang stabil ada baiknya kita memperhatikan batas asupan gula sehari hari dan mengkonsumsi makanan dengan protein dan serat seimbang untuk menjaga kadar insulin kita tetap stabil seperti mengkonsumsi gandum utuh, polong polongan, buah, sayuran dan ikan berminyak seperti sarden, makarel atau salmon.

Menurut American Heart Association, jumlah maksimum gula tambahan yang dapat kita konsumsi dalam sehari untuk pria adalah 37,5 gram atau 9 sendok teh150 (kalori per hari). Sedangkan untuk wanita adalah 25 gram atau 6 sendok teh (100 kalori per hari).

                                                         


Jadi sudah sesuaikah asupan gula kita sehari hari? Ada baiknya kita menghindari makanan atau minuman yang tidak mengandung banyak gula seperti soda, permen, buah kalengan dengan syrup, makanan rendah lemak dan jus buah.