Tau ga sih kamu apa itu jamur kuku? Memang masih banyak yang belum mengetahui apa itu jamur kuku. Secara medis jamur kuku disebut sebagai onikomikosis. Onikomikosis ini ditandai dengan munculnya bintik putih atau kuning diujung kuku dan lama kelamaan bisa menyebar ke permukaan kuku lainnya. Kalau sudah menyebar maka kuku akan berubah warna, terlihat lebih kusam, menebal, dan akan tumbuh serpihan-serpihan disisinya.

Penyebab jamur kuku
Pada umumnya jamur hidup dan berkembang di tempat yang hangat dan lembab. Biasanya jamur kuku lebih sering menyerang area kaki karena area ini merupakan tempat yang hangat dan juga lembab. Berikut ini ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan munculnya jamur pada kuku
1. Mengidap dibetes
2. Memiliki gangguan aliran darah
3. Memakai sepatu yang tertutup dan kakos kaki yang tidak menyerap keringat
4. Banyak berkeringat
5. Pernah mengalami cedera kuku (kuku patah atau cantengan)

Gejala Jamur kuku
1. Perubahan warna pada kuku
2. Kuku terlihat lebih kusam
3. Tumbuh serpihan-serpihan di sisi kuku

Cara mengobati jamur kuku secara alami
Nah, berikut beberapa bahan alami yang bisa kamu coba untuk mengobati infeksi jamur kuku. Selain itu bahan yang digunakan juga murah dan cukup mudah ditemukan .
1. Obat kumur. Bahan pertama yang bisa kamu gunakan adalah obat kumur. Caranya rendam kaki selama 30 menit. Kemudian bilas dengan air bersih lalu keringkan.
2. Baking soda. Campurkan baking soda dengan air. Kemudian rendam kaki selama 15 menit lalu bilas. Ulangi pemakaian selama beberapa kali agar mendapatkan hasil maksimal dan jamur kuku dapat terobati.
3. Minyak kelapa. Bersihkan area yang terkena infeksi jamur kuku. Oleskan minyak kelapa di area yang terkena infeksi jamur. Ulangi pemakaian selama beberapa kali agar jamur kuku dapat diatasi secara maksimal.
3. Vick VapoRub. Bahan ini juga dipercaya dapat mengobati infeksi jamur kuku. Caranya dengan mengoleskan Vick VapoRub pada area kuku yang terinfeksi jamur sebelum menggunakan kaos kaki.
 
Nah, itulah beberapa cara yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi jamur kuku. Semoga berhasi dan bermanfaat.