Sedap dan enaknya hidangan cumi saus tiram akan dapat anda buat di rumah dengan resep yang akan kami berikan kali ini. Resep mudah ini tentu sudah teruji sehingga lebih mudah untuk anda sajikan di rumah dengan mudah.

Bahan-Bahan:

500 gram cumi
200 ml air
3 buah cabai merah potong 1 cm
1/2 buah bawang bombay, iris memanjang
3 buah cabai hijau, potong 1 cm
1/4 sendok teh merica bubuk
1 sendok teh kecap manis
1 sendok makan saus tiram
3 siung bawang putih, cincang halus
1 sendok makan saus tomat
1/4 sendok teh gula pasir
2 sendok makan minyak untuk menumis

Persiapan Membuat Cumi Saus Tiram yang Dijamin Bikin Ketagihan:

1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara membersihkan cumi terlebih dahulu sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Cara ini akan membantu anda untuk memudahkan pembuatan dari sajian kali ini. Maka dari itu, mari simak informasinya di bawah ini.
2. Ambil cumi yang sudah anda siapkan lalu bawa ke tempat cucian dan bersihkan dengan merata. Pastikan lendir pada cumi dan bagian seperti plastik dibuang dengan merata. Bila semua cumi sudah bersih dengan merata silahkan potong dengan bentuk bulat namun tidak terlalu tipis.
3. Masukkan sajian ini ke dalam wadah dan tiriskan air cuciannya dengan merata. Lalu masukkan garam ke dalamnya aduk dengan merata dan kucuri dengan jeruk nipis dengan merata sampai semua bahan ini tercampur.
4. Setelah itu, baru sisihkan sajian ini sebelum dimasak dan dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya dengan merata. Sementara itu, anda akan dapat melanjutkan dengan menyiapkan bumbu-bumbu lainnya dengan merata.

Cara Cumi Saus Tiram yang Dijamin Bikin Ketagihan:

1. Untuk membuat sajian kali ini anda akan dapat melakukannya dengan cara menyiapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya sedikit saja. Lalu tunggu sampai minyak menjadi lebih panas dan merata dan masukkan bawang bombay bersama dengan bawang putih ke dalamnya dan masak sajian ini sampai tercium bau harum yang enak.
2. Masukakn cabai hijau ke dalamnya dan cabai merah lalu aduk-aduk dengan merata sampai layu dan tercampur. Baru anda akan dapat menuangkan cumi ke dalamnya yang sudah anda bersihkan dan direndam dengan air jeruk nipis. Aduk merata sampai sajian ini berubah warnanya.
3. Lalu setelah itu, masukkan saus tiram ke dalamnya bersama dengan kecap manis dan masukkan pula saus tomat. Lalu aduk merata semua sajian ini sampai tercampur merata. Kemudian bumbui dengan garam, merica bubuk dan tambahkan gula pasir lalu aduk merata sajian ini.
4. Masukkan air ke dalamnya dan aduk-aduk sajian ini sampai tercampur merata dan bumbu meresap ke dalamnya. Setelah bumbu dimasukkan ke dalamnya dan dirasa sudah cukup pas maka jangan terlalu lama memasak cumi sebab teksturnya akan berubah menjadi keras seperti karet.

Nah, setelah selesai anda akan dapat menyajikan hidangan ini dalam sebuah wadah untuk kemudian nikmati bersama dengan sepiring nasi hangat ketika sajian cumi saus tiram ini masih hangat.