Menjadi orangtua baru memang bukanlah hal yang gampang, kesalahan sewaktu mengurus si kecil mungkin saja bisa terjadi. Hal ini adalah hal yang wajar karena sebagai manusia kita tentu tidak bisa bertindak dengan sempurna. Yang terpenting adalah mau belajar dan menggali banyak hal baru agar setiap kesalahan yang pernah dilakukan tidak lagi terulang.

Sebab tubuh bayi baru lahir tentunya masih sangat rentan dengan yang namanya ancaman. Kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal bagi tubuhnya. Nah, di bawah ini mari cermati hal apa saja yang tidak boleh dilakukan pada bayi baru lahir.

Pantang Mencuci Tangan Sebelum Menyentuh Bayi

Hampir sebagian besar kehidupan pertama bayi diurusi oleh orangtuanya. Maka dari itu, memperhatikan kesehatan dan kebersihan bagian tubuh ibu sebelum bersentuhan dengan bayi adalah hal yang penting untuk dilakukan dengan baik. Pastikan ibu selalu mencuci tangan setiap kali hendak memegang bayi anda.

Bahkan meski anda merasa tangan dan tubuh anda dalam keadaan bersih. Hal ini dikarenakan tubuh bayi baru lahir amatlah sensitif terhadap setiap rangsangan. Kuman dan bakteri yang menempel pada tangan dan tubuh ibu bisa mungkin masuk ke dalam tubuhnya dan menginfeksi kesehatannya.

Membiarkan Orang Lain Menciumi Bayi

Pantangan selanjutnya yang perlu diperhatikan agar tidak dibiarkan adalah menciumi bayi. Kami sadar bahwa sosok mungil yang baru saja lahir amat sangat menggemaskan sehingga sulit untuk tidak menyentuh dan mencium mereka. Akan tetapi, membiarkan orang lain menciumi si kecil tentu bukanlah hal yang baik untuk kesehatannya.

Kita tidak bisa selalu memastikan jika orang lain dapat menjaga kebersihan mereka dengan baik sebelum bersentuhan dengan si bayi. Sementara penularan bakteri dan kuman ke dalam tubuh bayi bisa terjadi dengan sangat cepat. Hal inilah yang akan sangat membahayakan kesehatan si buah hati.

Membiarkan Bayi Seorang Diri dalam Waktu yang Lama

Terkadang tidak sedikit orangtua yang menganggap aman menyimpan bayi mereka dalam keranjang bayi untuk sementara waktu sehingga mereka bisa melakukan kegiatan lainnya. Meninggalkan bayi tanpa pengawasan yang baik apalagi seorang diri akan tentu sangat berbahaya. Meski anak bayi baru lahir belum bisa bergerak kesana kemari akan tetapi yang namanya musibah tidak selalu datang karena tingkah laku si bayi.

Anda yang sering meninggalkan si kecil sendiri bukan tidak mungkin potensi bahaya pada si kecil akan semakin besar. Apalagi bila anda meninggalkan mereka bersama dengan anak balita atau anak kecil lainnya. Hal ini akan tentu menjadi ancaman keselamatan yang besar bagi bayi baru lahir anda. Maka dari itu, perhatikan dengan baik hal yang satu ini.

Membiarkan Bayi Menangis Terlalu Lama

Bayi baru lahir belum mampu mengekspresikan keinginan dan kebutuhannya dengan baik. Menangis dan tertawa mungkin menjadi kemampuan terbatas pada bayi saat mereka menginginkan sesuatu. Menangis pada bayi bisa mungkin adalah indikasi ketidak nyamanan pada bayi. Seperti lapar. sakit atau mungkin merasa butuh bantuan.

Membiarkan bayi menangis dalam waktu yang lama tentu bukanlah hal yang bijak untuk dilakukan. Sebab hal ini akan dapat membuat si kecil kelelahan akibat tangisan yang terjadi secara terus menerus. Tidak jarang pula sebagian bayi yang menangis hebat akan mudah merasakan kejang. Jadi demikian, perhatikan dengan baik masalah yang satu ini.