Minuman Green Tea sempat booming dan menjadi trend dan hingga kini masih menjadi salah satu pilihan minuman yang  digemari. Berawal dari Jepang, trend green tea mulai masuk ke restoran kelas menengah keatas dengan harga yang tidak murah.

Di Indonesia, Green Tea mulai booming sejak tahun 2012 dan mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Tak hanya minuman, berbagai resto, cafe dan tempat makan pun menyajikan olahan makanan dengan rasa green tea.

Green Tea yang digemari saat ini terbuat dari Matcha, yaitu teh hijau yang diolah menjadi bentuk bubuk, kemudian ditempatkan jauh dari cahaya dan oksigen agar mendapatkan warna hijau terang dan menjaga kandungan antioksidannya.

Nah banyak sekali manfaat teh hijau untuk kesehatan. Yuk simak manfaatnya di bawah ini.
1. Tinggi antioksidan
Bubuk matcha mengandung banyak catechin yang merupakan antioksidan alami yang terkandung pada tanaman teh. Manfaat antioksidan sangat besar untuk kesehatan, yaitu menjaga tubuh dari kerusakan sel yang disebabkan radikal bebas.
Satu cangkir matcha green tea terbukti mengandung lima kali kandungan antioksidan lebih tinggi dari pada yang lain. Nah, bagus banget kan manfaatnya?

2. Membantu menurunkan berat badan 
Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Jepang, konsumsi matcha green tea yang dibarengi dengan pola makan sehat akan membuat peminumnya mendapatkan bentuk tubuh ideal dan mencegah terjadinya kelebihan berat badan. Dan juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh selama melakukan olahraga.

3. Selain sehat, juga bikin good mood
Teh hijau mengandung asam amino L-Theanine yang meningkatkan suasana dan perasaan rileks.

4. Meningkatkan energi dan daya tahan tubuh
Semua teh hijau secara alami mengandung kafein sebagai zat pendorong energi. Namun, kandungan L-Theanine dalam matcha green tea membuat peminumnya menerima asupan energi tanpa efek samping seperti kecemasan atau hipertensi.

5. Detoksifikasi tubuh
Selama tiga minggu sebelum daun teh dipanen, daun teh ditutupi untuk menghindari paparan sinar matahari. Hal ini menyebabkan peningkatan produksi klorofil secara drastis. Hasilnya, daun teh bukan hanya memiliki daun hijau yang terang, tetapi juga kemampuan mendetoksifikasi tubuh secara alami dari racun kimia berbahaya.
 
6. Menjaga sistem kekebalan tubuh
Dalam satu cangkir matcha green tea mengandung potassium, vitamin A dan C, zat besi, protein, dan kalsium tinggi. Penelitian lebih lanjut bahkan menunjukkan bahwa nutrisi yang terkandung di dalam matcha green tea memiliki kemampuan untuk menghambat serangan HIV pada sel T manusia.

Nah, itu dia manfaat konsumsi matcha green tea yang tentu sangat dibutuhkan tubuh.
Tidak seperti jus yang perlu dicuci dulu bahannya dan diblender, Matcha lebih mudah disiapkan dan banyak dijual di pasaran.

Kamu bisa banget membuat sendiri green tea latte ala cafe di rumah, yuk dicoba sekarang Mamio Green Tea Latte, tinggal seduh dan kamu bisa nikmatin green tea latte yang enak banget, creamy dan manisnya pas. Tinggal diseduh dan bisa disajikan panas atau dingin. Sangat mudah disiapkan dan tidak merepotkan.