Kehamilan tentunya ditunggu oleh semua pasutri di dunia ini. Anak adalah anugerah terindah sekaligus amanah luar biasa dari Allah. Kehamilan dibagi menjadi 3 tahap :
- Trimester 1
Dimulai dari hari pertama menstruasi terakhir sampai usia kehamilan 12 minggu.
-Trimester 2
Dimulai dari minggu ke-12 sampai minggu ke-28.
-Trimester 3
Dimulai dari minggu ke-28 sampai Ibu melahirkan. 

Bumil tentu mengalami namanya ngidam. 
Tetapi kondisi psikis dan psikologis bumil juga menentukan mual muntah dan pening atau tidak. Aku sendiri ketika awal kehamilan malah gak tahu bahwa hamil, yang aku rasakan hanya demam, batuk flu. Jadi aku periksakan ke dokter umum dan minta obat yang aman untuk program kehamilan. Nah baru tahu ketika hari ke-43 dihitung dari hari pertama haid terakhir tespack positif dan usg abdomen ada kelihatan janin. Ngalamin muntah waktu tiba di Melaka yang kukira masuk angin, dan mual ketika naik bus dari Melaka ke Kuala Lumpur. Hamil awal masih ke Karawang, Bandung dan Garut dan masih gendong balita keponakanku. 
Cuma rasanya gak nafsu makan dan gak enak badan. Eh tahunya udah ada janin yang selama ini dinanti Alhamdulillah.


Setelah tahu hamil memang ingin makan ini itu alias ngidam. Favoritku adalah alpuket ama pisang digoreng dan direbus, juga jeruk. Mau kue jahe yang belum nemu ampe sekarang, mau mangga nemu jusnya kemarin hehe. Mual muntah gak terlalu Alhamdulillah, cuma sedikit pening dan sensitif di area payudara. Tetapi minum vitamin dari dokter enakan. Cuma muntahku masih wajar kata dokter. Yaitu ketika nyium bawang, nyium masakan tetangga, bau karbol RS dan bau minyak di gorengan,  nyium bau yang menyengat pasti muntah. Jika gak ada bau-bauan tadi aku ya gak mual muntah. Ya suamiku mendukung mau apa aja dibeliin, pekerjaan rumah aku gak boleh, karena kata dokter mesti bedrest buat menjaga aja walau sehat aku dan janinnya. Suamiku yang jemur baju dari mesin cuci, nyetrika saat weekend, dan aku gak naik turun tangga rumah, jadi baju yang bawain suamiku dari atas ke bawah,  untuk ganti di rumah atau untuk kontrol ke dokter. Jadi makan dibeliin atau kadang dimasakin, aku cuma makan minum, tidur, solat, ngaji dan mandi hehe. Kata dokter kandungan gak boleh kemana-mana dulu trimester pertama ini, dan harus moyan atau berjemur abis mandi di bawah sinar matahari hihi. 

Yang Boleh untuk Bumil yaitu :
- Asam Folat
Bermanfaat untuk mencegah dan mengurangi resiko kelainan susunan syaraf pusat janin. Harus dikonsumsi sejak persiapan kehamilan dan trimester pertama kehamilan. Asam folat selain tablet dari dokter, bisa didapat dari brokoli, gandum, kacang-kacangan, jeruk, stawberry dan bayam. 
- Kalsium
Aku dapat ossoral itu dari dokter tablet salut, bermanfaat untuk pertumbuhan tulang dan gigi janin. Dikonsumsi trimester  2 dan 3. Kalsium ada di dalam telur, susu, ikan teri, salmon, sarden, sayuran berwarna hijau, kacang-kacangan dan wijen. 
- Zat Besi
Untuk mencegah anemia pada ibu hamil,  dikonsumsi trimester 2 dan 3. Zat besi terkandung dalam daging, hati, telur,  sereal, kacang-kacangan dan sayuran hijau. 
-Protein
Untuk pertumbuhan dan perkembangan janin. Dikonsumsi trimester 2 dan 3. Protein dibutuhkan bumil 70gr/kg berat badan/hari. Protein nabati dari kacang-kacangan, kedelai seperti tempe tahu. Protein hewani dari susu, telur, daging, dan ikan. 

Yang tidak boleh untuk bumil yaitu :
- Minum obat tanpa seizin dan sepengetahuan dokter kandungan. 
- Minum jamu-jamuan. 
- Pada usia kehamilan kurang dari 4 bulan, jangan mengkonsumsi sayuran dan daging yang mentah atau setengah matang. 
- Kontak dengan kucing, burung, anjing (termasuk kandang/tempat makanannya). 
- Minuman yang mengandung alkohol. 
- Merokok dan hindari asap rokok. 
-Kosmetika yang mengandung pemutih. 

InsyaAllah jika kita selama hamil mengikuti saran yang boleh dan tidak boleh, kehamilan akan sehat dan normal. Ketika hamil sebaiknya makin mendekatkan diri kepada Allah dengan solat wajib on time, solat dhuha, solat tahajud, dzikir, solawat,  ngaji dan tadabur Alquran. Karena membiasakan hal baik sejak dalam kandungan membentuk karakter anak kita nanti agar soleh atau soleha. Selain itu bisa bikin tenang dan happy bumil. Jalani kehamilan dengan ikhlas, riang gembira, agar sehat dan persalinan bisa normal dan lancar InsyaAllah.