Manfaat pijat bayi memiliki pengaruh yang baik untuk kesehatan dan perkembangan buah hati. Sentuhan Cinta tangan Ibu meningkatkan psikologis mereka sebagai tanda sayang orang tuanya. Akan tetapi tidak semua orang tua memahami cara melakukan pijat bayi.

Melakukan pijat bayi sejatinya tak sesulit yang Ibu bayangkan. Belum juga dicoba, biasanya Ibu langsung menyerahkan bayinya pada orang tua yang dianggap ahli pijat.

Namanya juga dipijat oleh orang baru, kita pasti tidak tau alasan bayi menangis. Bisa jadi takut, sakit, atau malah perasaan tidak nyaman. Inilah PR yang harus Ibu ketahui Ibu.

Tentang pijat bayi saya pernah belajar dari kakak ipar. Saya tidak tau dia belajar dari mana, tapi yang pasti saya melihat si bayi nyaman sekali. Sambil melakukan sentuhan lembut, kakak saya kadang bermain-main dengan kecil sehingga sang bayi seperti sedang diajak bermain.

Beberapa waktu lalu di Surabaya sedang berlangsung edukasi pijat bayi yang dipersembahkan oleh Komunitas The Urban Mama bersama Johnson’s dengan tema Manfaat Pijat Bayi dengan Perkembangan si Kecil.

Acara berlangsung seru dan menarik karena semua peserta diajak praktek pijat bayi langsung dengan media boneka dengan pendampingan narasumber dr. Susanto M.Si.Med,Sp.A dan Professional Service Officer’s Johnson’s Ibu Gina Puspanti Anggraini.

Manfaat Pijat Bayi untuk kesehatan dan perkembangan bayi

Tumbuh kembang anak ternyata tidak saja dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi yang lengkap, tapi juga afeksi sentuhan Ibu melalui ritual pijat dan mandi bayi.

Penelitian menunjukkan bahwa masa 1000 Hari Pertama Kehidupan atau disebut periode emas, otak janin sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Momen ini mendukung seluruh proses pertumbuhannya berkembang secara sempurna.

Pada masa ini peran orang tua sangat dibutuhkan untuk kebaikan anak di masa mendatang. Perhatian, kasih sayang, bahkan sentuhan sekecil apapun dapat mempengaruhi sistem saraf – stimulasi sensorik bayi.

Peran sentuhan cinta untuk meningkatkan kualitas kesehatan bayi

Untuk mendukung tumbuh kembang bayi secara optimal, pemerintah berupaya meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia.
Berdasarkan data dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), angka kematian bayi di Indonesia terpantau mengalami penurunan.

Pada tahun 2012, angka kematian bayi di Indonesia sebanyak 32 per 1000 kelahiran hidup. Sementara pada tahun 2017 menurun menjadi 15 per 1000 kelahiran hidup.

Untuk mencapai Sustainable Development Goals (SDGs), Pemerintah menargetkan angka kematian bayi di Indonesia turun menjadi 12 per 1000 kelahiran. Semoga deh ya ini tercapai. Tapi saya malah berharap Indonesia nihil angka kematian bayi deh.

Dalam rangka mendukung target pemerintah dalam meningkatkan kualitas kesehatan bayi di Indonesia, Johnson’s kembali memperkuat komitmennya melalui program Sentuhan Cinta.

Program Sentuhan Cinta Johnson’s untuk tumbuh kembang optimal bayi

Johnson’s sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak terus mendukung pentingnya sentuhan cinta Ibu untuk kesehatan perkembangan bayi.

Johnson’s mengajak para ibu Indonesia meningkatkan kesadaran pentingnya sentuhan cinta Ibu melalui melalui ritual pijat dan mandi bagi kesehatan dan perkembangan bayi terutama selama periode emas.

Untuk mensukseskan kampanye Sentuhan Cinta, Johnson’s bekerja sama dengan Alfamart, Shopee, dan Habitat for Humanity membangun pusat kesehatan anak (Posyandu) di desa Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Johnson’s mengajak para ibu di Indonesia turut berpartisipasi dalam program sentuhan cinta dengan cara berdonasi melalui pembelian produk Johnson’s melalui 2 cara:

Melakukan pembelian produk Johnson’s apa saja di Alfamart dan Shopee senilai minimal Rp.25.000,-

Melakukan pembelian Johnson’s Oil 125ml atau Top-to-Toe Bath 400ml atau Baby Lotion 200ml di toko-toko yang berpartisipasi dalam program Sentuhan Cinta

Setiap transaksi di atas, Ibu telah menyumbangkan Rp. 500 (Lima ratus rupiah) secara otomatis yang dimanfaatkan untuk membantu pembangunan sarana kesehatan ibu dan anak (Posyandu) di Randusongo, Gresik, Jawa Timur.

Selain itu Johnson’s turut aktif memberikan edukasi pelatihan pijat bayi di 15 kota di Indonesia untuk memastikan bayi Indonesia mendapatkan perawatan terbaik bersama 22 orang Tim Edukasi Profesional dari Johnson’s.

Langkah-langkah melakukan Pijat Bayi

Sudah tau kan sekarang manfaat pijat bayi bagi kesehatan dan tumbuh kembang optimal buah hati.

Yang jadi masalah sekarang mencari pijat bayi itu nggak gampang. Kalaupun ada kita harus menjangkau lokasinya sehingga menyiakan waktu, tenaga, dan biaya.

Nah Ibu, sekarang kita bisa lho melakukan pijat bayi sendiri di rumah. Berikut langkah-langkah melakukan pijat bayi:

Caress Love: Memijat bagian atas dahi bayi mengarah ke dagu
Relax: Memijat area alis ke arah samping
Smile: Memijat pola senyuman di atas dan bawah bibir
Butterfly: memijat bagian tengah dada, samping, bawah lalu kembali ke tengah tanpa mengangkat tangan
Cross/Menyilang: Pijat bagian sudut tulang rusuk terbawah secara menyilang
I: Memijat perut kiri atas bayi lurus ke bawah menggunakan 3 ujung jari tangan
LOVE: Memijat bagian atas perut dari kanan atas ke kiri atas kemudian dipijat ke bawah membentuk huruf L
U: Memijat dengan huruf U terbalik dari perut sebelah kanan diarahkan perlahan ke atas perut lalu turun
Walking Fingers: Tekan bagian dinding perut dengan jari-jari
Finger Shake: Goyang da tarik setiap jarinya denga lembut
Rolling: Gerakkan menggulung dari pangkal lengan menuju pergelangan tangan menggunakan telapak tangan
Milking: Pijat tungkal bayi dengan gerakan seperti memerah
Relax (Kaki): Silangkan kaki bayi ke atas hingga mata kaki kanan luar bertemu mata kaki kiri dalam secara bergantian dan berulang
Slip ( Pijatan Meluncur): Posisikan bayi tengkurap lalu gerakkan telapak tangan lurus dari leher hingga bokong

Manfaat pijat bayi untuk Tumbuh Kembang Optimal

Pijat bayi merupakan sentuhan cinta yang dipersembahkan Ibu sebagai perwujudan rasa kasih dan sayang terhadap orang tua kepada buah hatinya.

Pijat bayi yang dilakukan Ibu dapat mendekatkan emosi sehingga menjadi kegiatan yang mengasyikkan di rumah

Ada beberapa manfaat aktifitas pijat bayi, antara lain:

  1. Membantu meningkatkan kesehatan psikologis bayi
  2. Melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan dapat diserap dengan baik
  3. Dapat meningkatkan imunitas bayi dan juga kepadatan mineral tulang
  4. Sikap orangtua berpengaruh terhadap kesehatan anak secara jangka panjang
  5. Anak mampu menghadapi tekanan
  6. Berpengaruh terhadap sistem saraf –stimulasi sensorik selama bayi dipijat
  7. Membantu perkembangan otak bayi dan bekerja lebih cepat
  8. Pijat bayi dapat mengurangi kerewelan dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan bayi
  9. Bayi yang terbiasa dipijat, cenderung lebih mudah bersosialisasi karena pengaruh kontak mata saat bertemu orang lain. Mudah senyum, dapat bicara dengan ramah.
  10. Ritual mandi dan pijat adalah waktu yang tepat untuk mengikat hubungan orang tua dan bayi
  11. Meningkatkan kualitas dan durasi tidur bayi

Karena memijat adalah hal menyenangkan, yuk Ibu-ibu manfaatkan pijat bayi untuk kesehatan dan perkembangan bayi berikut langkah-langkahnya. Semoga anak-anak kita jadi generasi cerdas, Aminn!