Pernah enggak sih kalian secara enggak sengaja menjatuhkan makeup kalian? Well sedikit cerita yaa, kasus ini terjadi padaku beberapa minggu lalu. Karena waktu itu aku terlalu excited dengan makeup baruku ini akibatnya aku enggak sengaja tersandung dan memecahkannya. Padahal aku belum sempat mencoba makeup baruku ini sekali pun loh angels. Pasti kalian ngerti deh feels-nya gimana, so sad banget kan! But jangan keburu galau dulu angels. Bagi kalian yang ngalamin hal sama, aku memiliki sedikit tips dan beauty hacks buat kalian untuk memperbaiki pressed makeup kalian yang pecah. Tips ini mudah banget dan enggak perlu biaya yang banyak kok! Yang kalian butuhkan hanya rubbing alcohol (alkohol) dan peralatan yang ada di sekitar kalian saja loh. Untuk peralatan dan step by step lengkapnya sudah aku cantumin di artikel ini berserta dengan pictorial yang dapat membantu kalian. So langsung saja kita mulai ya!







Pertama kita siapkan terlebih dahulu bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memperbaiki pressed makeup kita yang rusak. Yang kita butuhkan : Alkohol 70%, tusuk gigi, sendok, tissue, makeup remover, kertas karton, kardus , plastik, penggaris, gunting, pensil, dan selotip. Semua bahan dan peralatan ini dapat kalian beli di apotek dan toko-toko terdekat ya angels!








Setelah mempersiapkan bahan dan peralatan yang dibutuhkan selanjutnya kalian bisa  mengikuti step by step di bawah ini ya!


[STEP 1] Hancurkan Pressed Makeup yang Rusak





I know step ini adalah step yang paling menyakitkan tetapi step ini enggak boleh dilewatkan loh. Tujuan dari step ini adalah membuat makeup yang pecah menjadi lebih mudah untuk menyerap alkohol secara merata sehingga saat proses pressing dan drying makeup kita dapat menyatu dengan rata dan rapi. So mau enggak mau kalian harus menyiapkan hati kalian ya angels!

Pada tahap ini aku lebih merekomendasikan kalian untuk menggunakan tusuk gigi dibandingkan dengan media lainnya. Dengan tusuk gigi kalian dapat dengan mudah menghancurkan makeup kalian hingga menjadi halus atau dusty. 


[STEP 2] Beri Alkohol Secukupnya pada Hancuran Pressed Makeup lalu Ratakan




Beri alkohol secukupnya pada hancuran makeup tadi lalu ratakan dengan tusuk gigi. Kalian bisa menambahkan alkohol kembali bila campuran hancuran makeup kalian tidak menyerupai bubur oatmeal seperti pada gambar diatas. Selanjutnya tunggu hingga beberapa saat dan rapikan campuran tadi dengan menggunakan sendok.

[STEP 3] Membuat Cetakan untuk Proses Pressing




Sebenarnya tahap ini bisa kalian lewati kalau kalian punya cetakan pressing yang ukurannya kurang lebih dengan ukuran wadah makeup kalian. Tetapi karena aku enggak punya cetakan yang ukurannya hampir sama dengan wadah makeup ku yang rusak ini jadi aku memutuskan untuk membuat cetakan sendiri.

Cara untuk membuat cetakan pressing ini gampang banget kok angels. Pertama ukur wadah makeup kalian lalu buat lah pattern berdasarkan ukuran tadi di kertas karton. Next tempel kardus di salah satu sisi kertas karton agar cetakan kalian lebih tebal. Dan terakhir, lapisi seluruh bagian dari cetakan dengan plastik agar saat proses pressing cetakan tidak basah karena menyerap alkohol.

[STEP 4] Press Makeup dengan Menggunakan Cetakan Pressing




Tujuan dari tahap pressing ini adalah untuk merapikan makeup kalian agar terlihat lebih rapi dan flat seperti makeup baru. Selain itu tahap ini bertujuan untuk mengurangi kandungan alkohol pada makeup sehingga makeup lebih cepat kering saat tahap drying.

Pada tahap ini gunakan tissue dan cetakan pressing yang telah kalian buat. Sebelum memulai pressing makeup lapisi cetakan pressing dengan tissue lalu press makeup kalian. Lakukan hal ini hingga kandungan alkohol pada makeup kalian berkurang.

[STEP 5] Keringkan Makeup dan Bersihkan Bagian Wadah yang Kotor




Tahap terakhir, biarkan makeup selama 1 hari hingga kering lalu bersihkan wadah yang kotor akibat serbuk hancuran makeup dengan tissue dan makeup remover.







That's all! Sudah kelihatan seperti baru kan? By the way kalau ngomongin pigmentasi sebelum dan sesudah diberi alkohol aku enggak bisa menjamin 100% kalau pigmentasinya bakalan sama seperti sebelumnya. Terkadang ada brand-brand makeup tertentu yang kalau diberi alkohol malah mengeras dan enggak pigmented seperti sebelum diberi alkohol. But I'm so lucky this time, Highlighter dan Contour Pallete dari Beauty Creations ku yang pecah ini masih tetap pigmented seperti sebelumnya loh!







Oke, cukup sekian dulu deh tips dan beauty hacks untuk memperbaiki pressed makeup yang pecah. Perlu kalian ingat kembali tips ini hanya berlaku pada makeup jenis pressed saja, kalian enggak bisa menggunakan tips ini pada makeup jenis lainnya.

So semoga tips dan beauty hacks ini bisa membantu kalian and I hope kalian juga enggak ngalamin hal serupa ya!