Hallooooooo!

Mungkin banyak dari kita yang masih bingung, kenapa sampai ada Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia? Apakah itu penting? Sedangkan kita selalu menggunakan Bahasa Indonesia dalam keseharian kita loh. Apakah ejaan bahasa Indonesia kita sudah benar? Nah, aku sendiri masih bingung mengenai Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia ini, makanya ketika aku tau kalau Beautiesquadmengadakan acara Ngopi Cantik #4 dengan pembahasan pentingnya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia dan yang menjadi pembicara adalah mba Langit Amaravatilangsung deh aku ikut acara tersebut.
 
 
 
Nah, disini aku mau cerita sedikit mengenai pentingnya Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia. Ya, aku mau sharing apa saja yang aku dapetin selama kegiatan ini berlangsung. So, keep on reading..
 

APA ITU EJAAN? 

Yang dimaksud ejaan di sini adalah kaidah penggunaan bahasa Indonesia, tanda baca, dan tata bahasa lainnya. Ejaan merujuk kepada dua “kitab suci”, yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) dan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia (PUEBI). Karena bahasa bersifat dinamis, kedua kitab suci ini sesekali mengalami revisi. Yang terbaru adalah KBBI dan PUEBI 2016.

 
GAYA BERTUTUR

Jadi apa sih gaya bertutur itu? Sederhananya, gaya bertutur adalah gaya kita menyampaikan sebuah topik baik itu cerita, opini, berita dan sebagainya. Seni menyampaikannya itulah yang disebut gaya bertutur. Santai, serius, humoris, adalah label yang biasa disematkan pada gaya bertutur tersebut. Pastinya gaya bertutur setiap orang berbeda. Namun, tetap saja harus sesuai dengan pedoman bahasa. Dalam menulis, baiknya sesuaikan dengan segmentasi pembaca untuk menyesuaikan penggunaan gaya bahasa. 

KENAPA TATA BAHASA PENTING UNTUK BLOGGER?
 
Karena blogger adalah penulis dan seorang penulis yang baik tentu harus peduli dengan teknis penulisan. Naif kalau ada yang bilang bahwa blogger tak harus paham ejaan. Bukan hanya blogger saja, tetapi setiap orang memang lebih baik memahami ejaan ketika menulis, agar maksud yang ingin kita sampaikan melalui tulisan dapat lebih mudah dimengerti oleh setiap pembaca.

PENTINGNYA MENGGUNAKAN TATA BAHASA YANG BENAR

Penggunaan Tata Bahasa yang Benar untuk blogger memang sangat penting untuk:
1.  Kredibilitas si blogger itu sendiri. Termasuk kaitannya dengan personal branding.
2.  Pagerank. Google dalam quality guidelines-nya mengatakan bahwa salah satu faktor yang menentukan peringkat sebuah situs web adalah kualitas tulisan. Di antarnya: ejaan/tata bahasa dan minim typo.
3.  SEO. Meski mesin pencari sudah sedemikian pintar sehingga bisa menafsirkan bahkan keyword dan meta description yang salah eja, namun jika ada dua artikel yang membahas topik yang sama, maka yang akan DIPRIORITASKAN untuk tampil di hasil pencarian adalah yang tata bahasanya lebih benar.
4.  Pembaca. Dilihat dari sisi pembaca, apalagi jika pembacanya paham ejaan, membaca artikel yang serampangan itu membuat malas.
5.  Monetisasi. Brand tidak suka meng-hire blogger yang tulisannya berantakan.
6.  Lomba blog. Tata bahasa yang benar adalah salah satu poin penilaian.

CARA BELAJAR TATA BAHASA

Belajar Tata Bahasa bisa dilakukan dengan membeli buku PUEBI edisi terbaru, atau bisa juga dengan mengunduhnya.
Jika menemukan kata yang ejaannya meragukan, coba cek di KBBI daring.
Belajar dan terus berlatih. Biasakan menulis dengan tata bahasa yang benar, baik itu ketika menulis artikel blog atau ketika membuat postingan di media sosial. Semakin sering dipakai kita akan semakin paham.
Satu hal lagi, ada blogger yang merasa bangga meski tulisannya berantakan dan tidak mau belajar hanya karena dia sering mendapatkan sponsored post. Attitudeseperti ini adalah bumerang. Blogging sama seperti karier lainnya, ada iklim persaingan. Setiap hari lahir bloger-bloger baru. Satu-satunya yang bisa membuat kita stand out from the crowed adalah kualitas.
 

TIPS BELAJAR TATA BAHASA

Jika dalam latihan menulis mengalami kesulitan, ada beberapa tips yang diberikan oleh mba Langit Amaravatiyang pertama coba bayangkan kita sedang berbicara dengan seseorang yang akrab. Jangan dulu memikirkan kata apa yang paling pas atau ejaan kalau memang merasa kesulitan. Setelah selesai, bacakan kembali keras-keras untuk mengetahui apakah tulisan kita itu enak dibaca atau tidak. Lalu edit bagian-bagian yang diperlukan.
 
Kedua, kita bisa mencoba teknik free writing. Buka Ms.Word atau notepad, tulis apa saja yang terlintas di kepala. Enggak usah dulu mikirin alurnya, bahasanya, teknisnya. Pokoknya tulis saja apapun. Latihan seperti ini sekaligus akan melatih gaya bertutur kita.
 
Ketiga, Rajin-rajin baca buku dengan berbagai genre. Ini mungkin tips klise, tapi membaca akan menambah perbendaharaan kosakata kita sehingga akan lebih memudahkan ketika menulis.
 
 
 

So ya, terimakasih sudah mampir ke blog aku. Jangan lupa kritik dan sarannya ya.
Bisa langsung komen atau kirim melalui e-mail gheasani@yahoo.com

Follow juga ya:
Twitter    @Gheaalstr
Instagram ghealesatari
Facebook  Gheasani Nindy Lestari

See you my next post! bye...

#Beautiesquad #NgopiCantikBeautiesquad