Hai! Dulu saat baru mengenal skincare sekitar tahun 2013, aku selalu mengabaikan pemakaian sunscreen. Menurutku, sunscreen tidak terlalu penting untuk kulit. Apalagi sunscreen yang pernah aku pakai dulu teksturnya lengket, susah menyerap ke kulit, dan menimbulkan whitecast di wajahku. Makanya aku jadi males banget pakai sunscreen.

Setelah mendalami penggunaan skincare, aku baru tahu kalau penggunaan sunscreen sangat penting untuk merawat kesehatan kulit. Memang efeknya baru terlihat saat kita tua, karena penggunaan sunscreen difungsikan untuk melindungi kulit dari bahaya sinar UV.

Barulah saat itu, aku mencari sunscreen apa yang cocok di kulit kombinasi sepertiku. Nah, kali ini aku akan membahas Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+ PA++++. Sunscreen ini sangat terkenal di negeri asalnya merupakan Brand Sunscreen Nomor 1 di Jepang dan sekarang untungnya sudah dijual di Indonesia.




Deskripsi Produk:
-Tahan terhadap keringat dan air! Melapisi permukaan kulit dengan daya tahan tinggi
-Melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mencegah timbulnya bitnik atau noda hitam akibat sun burn
-Tidak mudah terhapus ketika berkeringat atau terkena air
-Nyaman di kulit dengan aplikasi secara merata

Kandungan:
Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini adalah chemical sunscreen, karena menggunakan senyawa kimia sebagai UV Filter. Mungkin untuk lebih jelasnya bisa perbesar gambar diatas untuk melihat komposisi produk ini. Yang jelas, sunscreen ini tidak menggunakan Titanium Dioxide dan Zinc Dioxide yaitu UV Filter yang digunakan pada physical suncreen. Makanya tidak heran sunscreen ini teksturnya sangat ringan.

Memang sunscreen ini mengandung alcohol pada urutan kedua, namun aku sendiri tidak begitu mempermasalahkan sih. Kandungan alcohol disini fungsinya sebagai pelarut agar tekstur atau konsistensi yang didapatkan seperti ini, cair dan mudah menyerap. Kalau di kulitku, tidak pernah ada masalah saat menggunakan sunscreen ini.

Kemasan:
Packaging produk ini sendiri berbentuk tube biru muda dengan tutup putar berwarna putih. Sebenernya aku lebih memilih tutup yang mudah untuk dibuka tutupnya dibandingkan tutup putar, karena seringkali aku tidak menutupnya dengan benar. Karena ini hanya sample size, jadi isinya hanya 15 gram. Kalau Reguler size, isinya 50 gram.


Tekstur:
Tekstur dari sunscreen ini cenderung seperti gel dan saat dibaurkan sangat ringan hampir seperti air. Formulanya juga mudah meresap di kulit dan tidak terasa berminyak ataupun lengket sama sekali namun tetap terasa lembab. Selain itu juga tidak ada whitecast dan kesan greyish saat diaplikasikan di wajah. Aku selalu memakainya di akhir step skin care sebelum memakai make up.

Salah satu klaim dari produk ini adalah dapat membuat aplikasi make up lebih halus dan aku setuju dengan klaim itu karena sama sekali tidak membuat foundation jadi lengket atau berminyak karena penggunaan sunscreen ini. Setelah mengaplikasikan sunscreen ini,  aku selalu menunggu sekitar 5-10 menit sebelum memakai make up agar kandungan sunscreen benar-benar terserap oleh kulit wajah.

Harga:
Rp 115.800 untuk ukuran 50 gram. Bisa didapatkan di drugstore seperti Watsons atau Guardian dan online ecommerce seperti Sociolla, KAO Official Store Tokopedia, Jd.id, Blibli, etc)

Pros:
- Teksturnya ringan namun tetap terasa lembab
- Tidak berminyak dan tidak lengket
- Tidak memberikan efek whitecast atau grayish di wajah
- Tidak membuat pengaplikasian make up jadi lebih berminyak ataupun lengket
- Harganya relatif terjangkau

Cons:
- Karena produk ini adalah chemical sunscreen dan mengandung alkohol, mungkin tidak cocok untuk kulit yang sensitif terhadap penggunaan bahan kimia

Kesimpulan:
Aku sangat berhati-hati dalam memilih produk sunscreen yang aku pakai. Karena kulitku berminyak, makanya aku harus mencari sunscreen yang tidak membuat kulitku makin berminyak apalagi menyebabkan efek whitecast. Biore UV Aqua Rich Watery Essence ini cocok untuk semua jenis kulit, terutama yang kombinasi/berminyak karena formula water base-nya ringan dan mudah dibaurkan secara merata. Selain itu juga produk ini tidak berminyak dan tidak lengket namun tetap melembabkan jadi bisa juga dipakai untuk kulit kering. Namun untuk kulit sensitif mungkin harus berhati-hati karena bisa terjadi reaksi alergi atau iritasi yang disebabkan oleh senyawa kimia produk ini. Dan pastinya aku akan repurchase terus sunscreen ini!

instagram: @ranioktaviia
twitter: @ranioktaviia