Hai!
Dari dulu aku ingin sekali mencoba produk skincare dari brand lokal yaitu Avoskin. Tapi maju mundur karena saat itu aku masih ragu apakah kulitku membutuhkannya atau tidak. Kebetulan, beberapa minggu yang lalu aku dapat kesempatan mengikuti project KBBV x Avoskin. Di post kali ini aku akan review serum Avoskin Miraculous Refining Serum yang sudah aku pakai selama satu bulan.

Deskripsi Produk:
"Kombinasi AHA-BHA-Niacinamide dari ekstrak natural bekerja secara efektif sebagai eksfoliator untuk membuat kulit lebih bersih dan cerah"

Harga:
Rp 219.000 untuk 30 mL


Klaim Produk:
- Mengeksfoliasi kulit
- Mencerahkan warna kulit
- Memudarkan noda hitam di wajah
- Meratakan warna kulit
- Mengecilkan pori-pori
- Melembabkan kulit

Kandungan:
Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Niacinamide, Salicylic Acid, Butylene Glycol, Amylopectin, Xanthan gum, Dextrin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Fucus Vesiculosus Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Acer saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Hydroxypropyl Bisstearamide MEA, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Triethanolamine, Dipropylene Glycol, Behenyl Alcohol, Ceteareth-20, Cholesteryl Isostearate, Tricaprylin, Cetearyl Alcohol, Squalane, Cholesterol, Stearic Acid, Dimethicone, Phenoxyethanol.

Serum ini mengandung 10% Alpha Hydroxy Acid (Glycolic), 3% Beta Hydroxy Acid (Salicylic Acid), 2% Niacinamide, Ceramide, Aloe Vera, Raspberry. Bisa dibilang serum ini mengandung bahan aktif chemical exfoliator yang cukup tinggi. Dan ini pertama kalinya aku menggunakan konsentrasi AHA setinggi 10% dan BHA setinggi 3%. Meskipun aku rutin memakai chemical exfoliator, tetapi ada sedikit kekhawatiran juga saat pertama kali menggunakan serum ini.

Aku jelaskan secara singkat ya, kandungan AHA dan BHA itu merupakan senyawa kimia yang berfungsi untuk mengeksfoliasi (mengangkat sel kulit mati). Molekul AHA yang bersifat larut dalam air dapat menembus kedalam lapisan kulit dengan baik dan saat bersamaan bisa memberikan kelembaban ke kulit. Molekul BHA yang bersifat larut dalam minyak dapat menembus kedalam pori-pori dan membersihkan pori-pori yang tersumbat oleh minyak dan kotoran.

AHA lebih umum digunakan untuk mengatasi hyperpigmentation/menghilangkan noda bekas jerawat dan memperbaiki tekstur kulit. Sedangkan BHA lebih umum digunakan untuk mengatasi masalah jerawat. Nah, jika kedua senyawa dikombinasikan akan lebih bagus lagi hasilnya untuk mengatasi masalah jerawat.




Review Kemasan:
Serum ini dikemas dalam botol kaca berwarna kecoklatan dengan tutup pipet. Menurutku kemasannya sudah sangat berkualitas dan dapat dengan baik menjaga kualitas dari serum ini.

Review Konsistensi:
Cairan serum ini berwarna putih keruh dengan konsistensi yang cukup kental. Saat diaplikasikan, cairannya mudah menyerap ke dalam kulit dan cepat keringnya di kulit. Ada rasa nyelekit sih di area yang sedang ada jerawat aktif, tapi masih bisa ditahan dan cepat hilang. Saat diaplikasikan terasa melembabkan di kulitku.

Review Pengalaman:
Sebelum memakai serum ini, kondisi kulitku yang bertipe kombinasi dan gampang jerawatan ini sedang baik-baiknya. Meskipun ada bekas jerawat, tetapi secara keseluruhan ini lagi good skin day buatku. Saat memakai serum ini, aku hanya memakai skincare basic saja ya seperti pembersih, toner, dan pelembab tanpa serum atau bahan aktif lainnya. Tujuannya untuk melihat efek dari penggunaan serum Avoskin ini.

Minggu 0-1
Aku pakai setiap malam setelah tahapan toner. Setiap kali aku bangun, aku suka melihat kulitku yang terasa sangat lembab dan kenyal. Bahkan terlihat lebih mulus dan cerah. Karena efek yang seperti ini aku jadi berharap kalau serum Avoskin ini akan cocok untukku.

Minggu 1-2
Nah mulailah terlihat masalah disini. Aku baru menyadari kalau aku mengalami purging saat memakai serum ini. Dari mana taunya? Bisa dilihat di foto tiba-tiba ada jerawat besar muncul di pipi kanan dan kiri. Bahkan ada jerawat di bagian rahang juga dan rasanya sakit nyut-nyut. Karena aku pernah mengalami purging, aku yakin banget ini lagi purging bukan sekedar breakout biasa. 

Apalagi kandungan bahan aktifnya sangat tinggi. Salahku juga sih di minggu pertama pakai setiap hari haha. Seharusnya pakai pelan-pelan dulu 2-3 kali dalam seminggu. Meskipun aku sering memakai chemical exfoliators, tetapi aku tetap mengalami masa purging juga saat menggunakan Avoskin serum ini. Barulah di minggu ini aku memakai 3 kali dalam seminggu.

Minggu 2-3
Masih belum ada perkembangan signifikan dengan jerawatku. Masih memerah, belum matang, dan masih terasa sakit. Ya memang serum ini klaimnya bukan untuk menyembuhkan jerawat sih. Untungnya jerawatnya tidak muncul lagi di tempat lain. Di minggu ini aku masih memakai 3 kali dalam seminggu dan dengan tambahan penggunaan grapeseed oil untuk bagian yang ada jerawatnya.

Minggu 3-4
Di minggu ini barulah jerawatku sudah matang, tidak terlalu merah, dan tidak terasa sakit. Sialnya di minggu ini aku lagi dalam masa haid. Jadi muncul deh ini jerawat hormonal di bagian pipi. Yang aku bisa lihat dari kulitku disini, serum Avoskin ini membuat tekstur kulitku jadi lebih halus dan membuat pori-pori terlihat lebih bersih. Terlihat banget kan perkembangannya di foto minggu kedua, aku punya banyak whitehead, di minggu keempat gak ada lagi.

Efek menghilangkan bekas jerawatnya masih belum terlihat banget sih meskipun membuatnya terlihat memudar. Wajar aja menurutku karena bekas jerawat ini biasanya butuh berminggu-minggu untuk hilang. Setidaknya jerawatnya tidak memerah lagi deh. Aku akan terus menggunakan serum Avoskin ini karena penasaran apakah bisa membantu menghilangkan bekas-bekas jerawat ini.

Kesimpulan:
Sesuai dengan klaimnya, Avoskin Miraculous Refining Serum yang mengandung AHA, BHA, dan Niacinamide dapat mengeksfoliasi kulit, membuat kulit menjadi lebih halus, dan membuat kulit terlihat lebih cerah. Sayangnya aku mengalami fase purging saat memakai serum ini. Untuk klaim dapat menghilangkan bekas jerawat, aku masih ragu untuk menyetujuinya karena bekas jerawat purging ini masih belum memudar juga. Jadi aku akan memakai serum ini terus untuk melihat efeknya.

Kesimpulannya, jika kamu adalah pemula dalam menggunakan exfoliating serum, ingat untuk memakainya pelan-pelan! Bahkan coba saja pakai satu minggu sekali dulu haha. Lalu bisa pakai 2-3 kali seminggu. Aku lebih merekomendasikan serum Avoskin ini untuk kamu yang mengalami masalah tekstur kulit dan memiliki kulit kusam karena serum ini terbukti dapat mengatasi dua hal itu.

instagram: @ranioktaviia
twitter: @ranioktaviia