Halo, Assalamu'alaikum everyone

Welcome back to my another review skincare. 

Btw kamu rajin eksfoliasi kulit wajah nggak? Kalau eksfoliasi, pake physical exfoliant apa yang chemical exfoliant? 

Salah satu penyebab kulit kusam dan gampang jerawatan itu adalah karena menumpuknya sel kulit mati di wajah, lho. Dan cara untuk mengangkat sel kulit mati adalah dengan melakukan eksfoliasi kulit wajah.

Meski setiap malam melakukan double cleansing, tapi kalau nggak rajin eksfoliasi maka kemungkinan besar bakal tetep jerawatan, karena sel kulit mati yang terangkat nggak sempurna.

Apalagi di usia 25 tahun ke atas, di mana proses pengangkatan sel kulit mati nggak seoptimal sebelumnya. Maka butuh banget produk yang bisa meng-eksfoliasi kulit.

Nah, di kesempatan kali ini saya mau mengulas salah satu produk eksfoliasi yang lagi hits di kalangan skincare enthusiast, yaitu Avoskin Miraculous Refining Serum.

Pasti udah nggak asing ya dengan namanya. Produk eksfoliasi Avoskin ini ada dua macam. Ada Avoskin Miraculous Refining Toner, dan Avoskin Miraculous Refining Serum. Dan yang saya pake adalah Avoskin Miraculous Refining Serum. 

Fyi, Avoskin Miraculous Refining Serum ini mengandung 10% AHA (Glycolic Acid), 3% BHA (Salicylic Acid), 2% Niacinamide, Ceramide, Aloe Vera, dan Rospberry.

Karena kandungan bahan aktif Avoskin Miraculous Refining Serum ini lumayan tinggi, bagi yang newbie banget di produk chemical exfoliant, maka bisa pilih dulu produk yang kategori bahan aktifnya mild, atau pilih Avoskin Miraculous Refining Tonernya dulu karena presentase bahan aktifnya lebih kecil dibanding serum.

Packaging
Avoskin Miraculous Refining Serum dikemas dalam botol kaca isi 30ml model pipet berwarna coklat, dengan tutup berwarna  hitam. 



Untuk box nya sendiri terbuat dari kertas berwarna coklat. Di dalam boxnya terdapat ingredients, klaim, cara penggunaan, dan netto. Lengkap, beb!

Ingredients
Water, Propylene Glycol, Glycolic Acid, Niacinamide, Salicylic Acid, Butylene Glycol, Amylopectin, Xanthan gum, Dextrin, Chamomilla Recutita (Matricaria) Flower Extract, Aloe Barbadensis Leaf Juice, Fucus Vesiculosus Extract, Rubus Idaeus (Raspberry) Fruit Extract, Acer saccharum (Sugar Maple) Extract, Portulaca Oleracea Extract, Hydroxypropyl Bisstearamide MEA, Polyglutamic Acid, Tetrasodium EDTA, Sodium Hydroxymethylglycinate, Triethanolamine, Dipropylene Glycol, Behenyl Alcohol, Ceteareth-20, Cholesteryl Isostearate, Tricaprylin, Cetearyl Alcohol, Squalane, Cholesterol, Stearic Acid, Dimethicone, Phenoxyethanol.

Klaim
Kombinasi AHA-BHA-NIACINAMIDE dark ekstra natural bekerja secara efektif sebagai eksfoliator untuk membuat kulit lebih bersih dan cerah. 

Avoskin Miraculous Refining Serum juga berguna untuk:
  • Mengeksfoliasi kulit 
  • Mencerahkan warna kulit 
  • Memudarkan noda hitam di wajah 
  • Meratakan warna kulit 
  • Mengecilkan pori-pori 
  • Melembapkan kulit 
Ngiler nggak sama klaimnya? Kalau saya sih ngiler, wkwkwk. 

Tapi apakah hasilnya sesuai dengan klaimnya?

Saya udah pake Avoskin Miraculous Refining Serum ini selama empat minggu, dan ada beberapa klaim yang works di kulit saya.

Pertama kali pakai Avoskin Miraculous Refining Serum ini, efek tinglingnya (rasa perih dan gatel) mantep banget. Tapi nggak perlu worry ya, karena artinya produk lagi bekerja.

Efek tinglingnya beberapa detik aja. Kalau di kulit saya, efek tinglingnya baru hilang saat enam kali pemakaian. Pemakaian selanjutnya sama sekali nggak ada efek tingling.

Setelah di-apply di wajah, formulanya gampang menyerap dan nggak ada sama sekali kesan greasy atau lengket gitu. 

Aromanya gimana? Karena non fragrance, jadi sama sekali nggak ada wanginya. Aromanya natural banget, kaya asem khas bahan aktif kimia gitu.

Teksturnya kental seperti gel berwarna sedikit  putih keruh tapi pas di-apply di muka jadinya seperti putih bening. 




Warna saat apply di tangan

Btw sebelumnya saya udah pernah pake chemical exfoliant berupa exfoliating toner yang kategorinya mild banget. Karena baru pertama kalinya pake produk eksfoliasi yang kandungan bahan aktifnya tinggi, maka saya pake Avoskin Miraculous Refining Serum ini sebanyak dua kali selama seminggu dan hanya dipake di malam hari.

Saat seminggu pemakaian, saya mengalami purging di beberapa area wajah, terutama pipi dan jidat. 

Tapi di minggu kedua pemakaian, jerawat di jidat berangsur hilang begitu pun bekasnya.

Saya pake Avoskin Miraculous Refining Serum ini wajah saya kaya lagi dibersihin banget dari jerawat-jerawat. Mungkin produk eksfoliasi yang saya pake sebelumnya terlalu mild, jadi proses pengangkatan sel kulit matinya nggak optimal sehingga sel kulit mati masih menumpuk di wajah.

Jadinya jerawat purging yang keluar lumayan banyak di pipi. 

Oh, iya. Meski Avoskin Miraculous Refining Serum ini bikin jerawatan karena purging, tapi jerawatnya bakal cepet kering dan sembuh juga. Jerawat kecil yang kalau malemnya dipake, paginya langsung kering. Kemerahan akibat jerawatnya juga lebih kalem setelah dipakein Avoskin Miraculous Refining Serum. 

Selain itu, meski kandungan bahan aktifnya tinggi, tapi nggak bikin wajah kering karena ada kandungan Ceramide dan Hyaluronic Acid  yang mampu melembapkan kulit wajah. 

Efek melembapkannya ini works banget di kulit wajah saya yang tipenya kering ini. Selama pake Avoskin Miraculous Refining Serum, kulit wajah berasa lebih lembap. Beruntusan di jidat juga berkurang, bikin tekstur kulit lebih merata. 

Karena di bagian pipi masih purging, dan sempet stop pemakaian juga selama seminggu akibat over exfoliate yang bikin jerawatnya iritasi kemerahan. Maka foto before afternya pake bagian jidat, ya. 


Lumayan terlihat ya bedanya di week 2 dan week 4. Beruntusan di week 2 sudah memulai hilang di week 4

Untuk klaim mengecilkan pori-pori dan memudarkan noda hitam di wajah belum saya rasakan efeknya di kulit. Need more time sepertinya untuk tau hasilnya. 

Nanti saya update tulisan ini ya sekitar empat minggu lagi untuk perkembangan lebih lanjut. Lagian saat ini saya juga masih purging sedikit di bagian pipi, huhu.

Btw ini sebotol harganya Rp. 219.000. Untuk ukuran serum lokal sih menurut saya worth it lah. 

Conclusion 

Plus 
Melembapkan oke 
Jerawat cepet kering
Harga lumayan affordable 
PAO (period after opening) 12 bulan, jadi aman nggak perlu cepet-cepet diabisin
Nomor BPOM ada
Logo PETA ada (no animal testing

Minus
Sampai saat ini belum nemu minusnya. 

Perlu diperhatikan!. 

Jangan lupa untuk tiap hari apply sunscreen, ya. Karena saat pake produk yang mengandung bahan aktif, kulit wajah bakal jadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. 

Sebenarnya pake produk  chemical exfoliant itu bagai lagi pegang pisau. Kalau dipake dengan benar, bakal bermanfaat banget. 

Intinya sih, listen to your skin, beb. Kapan harus lanjut pake, dan kapan harus berhenti dulu. Kalau dirasa kulit jadi lebih kering apalagi sampe mengelupas, iritasi parah sampe perih dan sakit, coba berhenti pake dulu, karena bisa jadi itu over exfoliate. 

Selalu apply hydrating toner/essence juga ya setelah pake Avoskin Miraculous Refining Serum, biar hidrasi kulit tercukupi. 

Produknya bisa beli di sini ya, beb. Kalau mau tau lebih lanjut, bisa juga mampir ke akun sosial medianya di:

Facebook: Avoskin
Instagram: avoskinbeauty

Btw tulisan ini hasil kerja sama antara Avoskin dan member Komunitas Beauty Blogger and Vlogger.



Oke, sekian ulasan saya.

Selamat mencoba.  


***
Disclaimer: semua produk yang saya review telah saya coba sebelumnya dengan proses dan hasil yang telah saya tulis di sini. Semua proses dan hasil, tidak selalu sama untuk tiap pengguna.

Salam,