Mencari menu sajian untuk sahur yang mudah dan praktis? Resep sahur dari olahan kerang kali ini akan tentu bisa anda buat dengan mudah dan sederhana. Penasaran seperti apa saja resepnya? Mari simak informasi menariknya di bawah ini hanya untuk anda.

Bahan-Bahan:

300 gram kerang hijau kupas
50 gram kacang tolo
1/4 sendok teh gula pasir
2 lembar daun salam
2 buah cabai merah besar, diiris halus
1 lembar daun salam
2 cm lengkuas, dimemarkan
200 ml santan dari 1/2 butir kelapa
2 buah tomat, dihaluskan
1 sendok teh garam
2 sendok makan minyak untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan:

4 siung bawang putih
5 butir bawang merah
1 sendok teh terasi

Persiapan Membuat Tumis Kerang Campur Tomat yang Nikmat:

1. Untuk mengawali langkah kali ini anda akan dapat melakukannya dengan mudah dan sederhana. Langkah persiapan akan memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Untuk itu, mari simak beberapa langkah persiapan di bawah ini hanya untuk anda.
2. Bahan pertama yang perlu anda persiapkan adalah kacang tolonya. Silahkan bersihkan kacang tolo dengan merata menggunakan air bersih. Masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata.
3. Bersihkan pula kerang ijo dengan menggosoknya menggunakan gosokan untuk menghilangkan kotoran yang ada pada sajian ini. Bila sudah selesai kemudian sisihkan dan siapkan sebuah panci.
4. Rebus kerang dalam sebuah panci sampai matang dan terbuka. Baru kemudian ambil kerang dan pisahkan dagingnya dalam sebuah mangkuk. Setelah itu, sisihkan sementara sajian ini sebelum dicampurkan dengan bahan lain.
5. Rebus pula kacang tolo sampai empuk dan merata, lalu masukkan dalam wadah dan sisihkan sementara. Setelah selesai dengan semua persiapan di atas maka anda akan dapat melanjutkan dengan cara berikutnya.

Cara Membuat Tumis Kerang Campur Tomat yang Nikmat:

1. Untuk membuat sajian ini anda akan dapat melakukannya dengan terlebih dahulu menghaluskan bumbu dengan merata. Gunakan ulekan atau mesin blender guna memudahkan anda menghaluskan sajian ini. Bila sudah selesai kemudian sisihkan sajian ini.
2. Siapkan sebuah wajan dan masukkan minyak goreng ke dalamnya dan nyalakan api yang sedang. Lalu tunggu sampai minyak dalam wajan menjadi lebih panas dengan merata.
3. Masukkan bumbu halus ke dalamnya bersama dengan daun salam dan juga lengkuas. Lalu aduk-aduk dengan merata sampai bumbu ini berubah menjadi lebih harum dan merata. Kemudian anda akan dapat menuangkan cabai merah bersama dengan tomat yang sudah dipotong-potong dengan merata. Aduk kembali sampai semua bumbu yang anda masukkan menjadi lebih layu dan merata.
4. Masukkan bumbu seperti gula dan garam lalu aduk dengan merata. Masukkan rebusan kacang tolo ke dalamnya bersama dengan keras hijau kupas yang sudah anda rebus dengan merata. Aduk kembali dengan merata sampai tercampur.
5. Setelah itu, anda akan dapat menuangkan santan ke dalamnya. Lalu aduk merata dan masak sajian ini sampai meresap.

Sajian menu sahur ini akan tentu mudah untuk anda buat dan siap dinikmati ketika sudah matang. Sajikan bersama dengan taburan bawang goreng untuk memberikan rasa pada sajian kali ini.