Ketupat adalah salah satu hidangan khas lebaran yang tak pernah terlewatkan. Nah, daripada anda kelayaban mencari penjual ketupat yang sudah jadi. Akan lebih baik bila anda membuatnya di rumah dengan mudah. Dengan cara membuat ketupat yang kenyal kali ini sajian ini akan tentu bisa dengan mudah anda sajikan di rumah.

Bahan-Bahan:

1kg beras (atau sesuai jumlah ketupat yang diinginkan
Air putih secukupnya
Garam dapur secukupnya
15 buah cangkang ketupat
2 helai Daun pandan

Persiapan Membuat Ketupat yang Kenyal dan Anti Gagal:

1. Untuk mengawali pembuatan ketupat kali ini anda akan perlu mempersiapkan beberapa bahan yang ada pada resep sebelum dicampurkan dengan bahan-bahan lainnya secara merata. Cara ini penting dilakukan guna memudahkan anda membuat hidangan kali ini. Maka dari itu, mari simak informasi persiapan ketupat di bawah ini.
2. Masukkan beras yang sudah anda siapkan dalam sebuah wadah atau baskom yang carang. Sebaiknya agar lebih mudah membersihkan beras gunakan wadah anyaman dari bambu. Masukkan beras ke dalamnya dan bawa ke tempat cucian.
3. Di tempat cucian silahkan bersihkan beras dengan merata dengan cara mengaduk-aduknya sampai bersih. Lakukan cara ini dengan berulang guna memastikan air cucian beras bersih sampai jernih dan bening.
4. Angkat beras dan masukan dalam sebuah baskom lalu rendam dengan air secukupnya asal terendam saja. Diamkan selama beberapa saat lalu anda akan dapat menuangkan garam ke dalamnya dan aduk-aduk sajian ini dengan merata.
5. Nah, setelah selesai dengan persiapan di atas maka anda akan siap untuk membuat ketupat kali ini. Penasaran seperti apa cara membuat ketupat? Mari simak di bawah ini informasinya.

Cara Membuat Ketupat yang Kenyal dan Anti Gagal:

1. Setelah beberapa saat berlalu dan anda sudah melihat beras berubah menjadi putih dan mengembang maka anda akan dapat mengambil sajian beras ini. Lalu tiriskan dan buang air rendamannya dengan merata.
2. Baru kemudian diamkan sementara agar bekas rendaman beras menjadi lebih kering dengan merata. Ambil cangkang ketupat yang sudah anda siapkan lalu tarik salah satu bagian pada pangkalnya dan berikan sedikit ruang.
3. Masukkan beras ke dalamnya bersama dengan daun pandan yang sudah ditiriskan. Tarik dan tutup kembali dengan merata. Lakukan cara yang sama pada sisa cangkang ketupat yang masih ada.
4. Siapkan sebuah panci berukuran cukup besar. Lalu setelah itu, masukkan air ke dalamnya dan pastikan semua bagian ketupat yang sudah diisi terendam dengan air secara merata.
5. Nyalakan api dan rebus sajian ini sampai matang selama kurang lebih 4 sampai dengan 5 jam dengan api yang sedang. Bila air rebusan surut sebelum waktunya tiba maka anda akan dapat menambahkan lebih banyak air ke dalamnya dengan merata.
6. Bila sudah selesai kemudian angkat ketupat dengan hati-hati secara perlahan. Baru kemudian masukkan dalam wadah lain dan diamkan selama beberapa saat.

Untuk ketupat yang lebih tahan lama anda bisa menyimpannya dengan cara digantung dan hindarkan dari sinar matahari dan tempat yang lembab. Dengan begini ketupat bisa tahan hingga sampai 1 minggu lamanya.